kumparan
Bola & Sports7 April 2020 17:11

#Onthisday: 10 Tahun Lalu, Gol Robben Menghentikan Langkah Manchester United

Konten kiriman user
robben.JPG
Selebrasi Robben usai cetak gol ke gawang Manchester United. Foto: Sosial media UEFA Champions League
Perempat final Champions League 2009/2010.
Kala itu, Bayern Muenchen yang memetik kemenanngan 2-1 atas tamunya, Manchester United, pada leg pertama, gantian melakoni partai tandang ke Old Trafford.
ADVERTISEMENT
Bagi Bayern, keunggulan satu gol itu belum cukup untuk mengamankan satu tiket ke semifinal yang dijadwalkan akan berlangsung 20 hari setelahnya.
Bayern saat itu diperkuat dua gelandang gesit, Franck Ribéry dan Arjen Robben, untuk mendukung sepasang ujung tombak mereka, Thomas Müller dan Ivica Olić. Sementara, Philipp Lahm diplot untuk memimpin lini belakang.
Manchester United juga tidak kekurangan bintang. Meski sudah ditinggal sang megabintang, Cristiano Ronaldo, tim besutan Sir Alex Ferguson itu masih bermaterikan beberapa nama-nama tenar.
Wayne Rooney senantiasa diplot sebagai unjung tombak. Sementara Luis Nani dan Anthony Valencia mendukung dari lini kedua. Di lini bertahan, duo tembok solid Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic ditugaskan untuk meringankan beban penjaga gawang veteran mereka, Edwin Van der Sar.
ADVERTISEMENT
Bermain dihadapan puluhan ribu mendukungnya sendiri jelas merupakan keuntungan bagi 'Iblis Merah'. Benar saja, belum genap 10 menit pertandingan berjalan, United mampu mencetak sepasang gol sekaligus. Gol pertama dicetak Gibson pada menit ketiga, sebelum akhirnya Luis Nani menggenapkan keunggulan empat menit berselang.
robb.JPG
Arjen Robben kala membela Muenchen. Foto: Sosial media Robben.
Bayern makin kerepotan setelah Nani membobol gawang mereka pada menit ke-41. Beruntung bagi Bayern, Ivica Olic berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-3 pada menit ke-43. Hasil ini kemudian bertahan hingga turun minum.
Pada babak kedua, Bayern mendapat angin segar ketika bek kanan United, Rafael, harus kembali ke ruang ganti lebih dahulu. Akibat pelanggarannya terhadap Ribéry, Rafael mendapatkan kartu merah.
Bayern unggul jumlah pemain; United keteteran.
Puncaknya, sekitar 15 menit sebelum peluit akhir dibunyikan, Arjen Robben berhasil menambah satu gol lagi untuk Bayern melalui sepakan first time-nya usai menyambut umpan sepak pojok yang dikirimkan Ribéry.
ADVERTISEMENT
Hasil ini kemudian tidak berubah sampai peluit akhir dibunyikan. Bayern takluk 2-3 dari United malam itu, tetapi lolos berkat agresivitas gol tandang.
Musim itu, Die Roten melaju sampai babak final. Namun, mereka takluk di tangan Inter Milan pada partai puncak tersebut.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan