4 Pemandian Air Panas di Bali yang Tidak Kalah Menarik dari Pantai

Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
30 Agustus 2022 14:57
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pemandian Air Panas di Bali. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pemandian Air Panas di Bali. Foto: Pixabay
Selama ini Bali paling dikenal dengan wisata pantainya. Padahal di Pulau Dewata juga terdapat tiga gunung berapi yang masih aktif, yakni Gunung Batur, Gunung Agung, dan Gunung Batukaru.
Gunung tersebut membuat sumber air tanah alami menjadi panas. Sehingga, wisata pemandian air panas di Bali juga tak kalah menariknya dari wisata pantai.
Kamu bisa mengunjungi wisata kolam air panas untuk merilekskan otot yang pegal dan menyegarkan tubuh setelah berjalan-jalan. Cek informasi lengkapnya di bawah ini, ya.

4 Tempat Pemandian Air Panas di Bali

Ilustrasi Pemandian Air Panas di Bali. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pemandian Air Panas di Bali. Foto: Unsplash
Di antara sejumlah pemandian air panas di Bali, berikut 4 rekomendasi terbaik yang bisa kamu kunjungi selama liburan.

1. Batur Natural Hot Spring

Batur Natural Hot Spring berada di Toya Bungkah, Desa Pakraman Batur, Songan, Kintamani, Bali. Dari namanya sudah bisa diketahui kalau sumber mata air di tempat pemandian ini berasal dari Gunung Batur.
Suhu air panas di sumber mata air mencapai 50 derajat celcius. Tapi enggak perlu takut kepanasan, karena saat air panas di alirkan ke kolam pemandian, suhunya akan turun menjadi sekitar 37-40 derajat celcius. Hal tersebut terjadi karena pemandian ini berada di kawasan pegunungan yang bersuhu sejuk.
Pemandian ini menyediakan tiga kolam air panas, salah satu di antaranya juga merupakan floating sunburn yang cocok buat jadi tempat pengunjung bersantai.
Berikut harga tiket masuk Batur Natural Hot Spring:
  • Rp70.000/orang - dewasa
  • Rp35.000/orang - anak
  • Rp190.000/orang - wisatawan asing yang dewasa

2. Banyuwedang Hot Spring Water

Banyuwedang Hot Spring Water terletak di Desa Pejarakan, Kecamatan Gerogak, Buleleng, Bali. Sumber mata air dari pemandian ini adalah air panas yang muncul dari bawah batu karang dekat pantai dari Teluk Banyuwedang. Suhunya bisa mencapai 45 derajat celcius.
Masyarakat lokal percaya bahwa air panas di sini bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan rematik. Banyuwedang Hot Spring Water menyedian berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung, seperti toilet, ruang ganti, sewa loker, restoran dan warung sederhana.
Untuk menikmati wisata ini, kamu cukup merogoh kocek Rp10.000 per orangnya. Tersedia kolam renang privat yang juga bisa kamu sewa dengan harga Rp25.000 per orang.

3. Pemandian Air Panas Angseri

Pemandian Air Panas Angesari ini menggunakan sumber mata air yang ada di kaki Gunung Batukaru, Tabanan, Bali. Suhu airnya mencapai 46 derajat celcius.
Meskipun suhunya tinggi, kesejukan dari lingkungan sekitarnya dijamin bikin betah. Pemandian ini berada di kawasan hutan bambu sehingga udaranya segar.
Pemandian Angesari menyediakan dua jenis kolam, yakni kolam dewasa dan anak. Kalau kamu senang dengan kolam private, pemandian ini menawarkan 6 bilik yang bisa kamu pilih. Di tempat ini juga tersedia ruang ganti, toilet, dan tempat makan.
Untuk menikmati fasilitas kolam air panas Angseri, kamu harus mengeluarkan biaya tiket masuk sekitar Rp4.000 per orang. Harga ini hanya untuk penggunaan kolam dewasa dan kolam anak. Sementara untuk kolam privat, dikenakan biaya tambahan sekitar Rp10.000/orang dengan durasi 30 menit.

4. Pemandian Air Panas Penatahan-Yeh Panes

Terakhir adalah pemandian air panas Penatahan-Yeh Panes yang letaknya cukup jauh dari ibu kota, yakni di Penatahan, Penebel, Tabanan, Bali.
Pemandian ini terdiri dari 4 kolam di bagian atas dan 4 kolam di bagian bawah, terdapat pula kolam air panas privat. Suhu di kolam air panas ini berkisar di antara angka 30-40 derajat celcius.
Saat berendam, kamu bisa menikmati pemandangan asri pesawahan yang mengelilingi lokasi ini. Yuk, kunjungi wisata ini sebab harganya terjangkau.
Pengunjung kolam renang umum hanya perlu membayar sekitar Rp15.000 per orang. Adapun untuk kolam renang privat dibanderol dengan harga sekitar Rp25.000 per jam.
Itulah pemandian air panas di Bali yang bisa kamu jadikan destinasi selain pantai. Yuk, kunjungi salah satunya! (ADS)
Berapa harga tiket pemandian air panas Penatahan?
chevron-down
Berapa suhu air pemandian Batur Natural Hot Spring?
chevron-down
Berapa harga tiket Batur Natural Hot Spring?
chevron-down