7 Cara Mengonsumsi Chia Seed, Lezat dan Nutrisinya Tidak Hilang

Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
9 Maret 2023 12:23
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Mengonsumsi Chia Seed. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengonsumsi Chia Seed. Foto: Unsplash
Cara mengonsumsi chia seed enggak bisa sembarangan. Pasalnya, chia seed punya banyak nutrisi yang bisa hilang kalau salah olah.
Chia seed mengandung serat, protein, dan asam lemak omega-3 yang mendorong pencernaan. Chia seed juga mengandung mineral penting seperti kalsium dan magnesium.
Chia seed memiliki sekitar 140 kalori per sajian, yaitu dua sendok makan atau 28 gram. Chia seed tidak perlu digiling sebelum dimakan untuk mendapatkan manfaat nutrisinya.
Memakan chia seed utuh memiliki manfaat yang sama dengan diolah. Tapi kalau mau enak, kamu bisa olah chia seed dengan cara berikut.

Cara Mengonsumsi Chia Seed

Berikut beberapa cara mengonsumsi chia seed agar makin lezat!

1. Smoothies

Cara Mengonsumsi Chia Seed. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengonsumsi Chia Seed. Foto: Unsplash
Chia seed paling sering diolah menjadi smoothie. Kamu bisa ambil satu sendok makan chia seed atau chia gel lalu campur dengan smoothie buah atau sayuran. Chia seed akan menambah tekstur dan nutrisi pada smoothie-mu.

2. Dressing Salad

Biji chia menyatu dengan baik dengan bahan dressing salad seperti minyak zaitun, cuka, madu, dan jus lemon.
Tambahkan sekitar satu sendok makan biji chia ke saladmu. Semakin banyak biji chia yang kamu tambahkan, semakin lezat rasa dressing-nya.

3. Puding

Puding dari chia seed memang jarang ditemukan, tapi ada lho. Puding chia sering ditemukan di kafe makanan kesehatan. Tapi kamu enggak perlu repot-repot ke kafe. Kamu bisa kok buat sendiri di rumah.
Chia memiliki konsistensi yang mirip dengan tapioka. Bahan utama yang kamu butuhkan untuk membuat puding chia adalah susu almond, biji chia, dan kacang vanilla. Kamu juga bisa tambahkan buah agar rasanya lebih segar dan enak.

4. Makanan yang Dipanggang

Jika kamu tidak begitu tekstur chia seed, coba tambahkan chia seed ke makanan yang dipanggang. Gel chia membantu menjaga makanan yang dipanggang tetap lembap dan dapat digunakan sebagai pengganti telur atau sebagai pengental.
Kamu juga bisa menambahkan muffin atau roti dengan biji chia sebelum dipanggang.

5. Granola, Protein Bar, atau Energy Bar

Cara Mengonsumsi Chia Seed. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Cara Mengonsumsi Chia Seed. Foto: Unsplash
Biji chia memberi dorongan serat pada granola, protein bar dan energy bar. Cobalah membuat chia seed energy bar dari kurma, minyak kelapa, chia seed, vanila, dan tambahan apa pun sesuai seleramu, seperti cokelat hitam, kelapa, dan buah kering.

6. Minuman Chia

Kamu bisa buat minuman dari biji chia sendiri di rumah. Cukup tambahkan 2 hingga 3 sendok makan biji chia ke dalam 2 gelas air atau air kelapa.
Tambahkan 1 cangkir jus buah atau bubur buah segar. Biarkan campuran tersebut hingga mengental, dan aduk sebelum diminum. Untuk rasa ekstra, tambahkan beberapa tangkai daun mint.

7. Selai

Biji chia dan selai mungkin tampak seperti kombinasi yang aneh, tetapi biji chia berfungsi sebagai gel pengental alami. Selai biji chia pun lebih tipis dari selai tradisional, sehingga mudah dioleskan pada roti panggang dan muffin.
Untuk membuat selai biji chia mudah kok. Haluskan 2 sendok makan biji chia. Tambahkan pemanis, seperti madu atau agave sesuai selera.
Diamkan campuran tersebut setidaknya selama 10 menit. Saat adonan didiamkan, adonan akan menjadi seperti selai.
Itulah beberapa cara mengonsumsi chia seed. Kamu sudah pernah cobain yang mana?
(DEL)
Apa manfaat chia seed?
chevron-down
Berapa kalori chia seed?
chevron-down
Apakah chia seed bisa dijadikan minuman?
chevron-down