Food & Travel
·
12 Juni 2021 5:44
·
waktu baca 3 menit

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22536)
Ilustrasi titik lokasi dari 7 keajaiban dunia. Foto: Porapak Apichodilok/pexels
7 Keajaiban dunia adalah kampanye milik sebuah yayasan bernama New 7 Wonders berupa bangunan maupun monumen menakjubkan yang tersebar di seluruh dunia .
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu mengenal versi 7 keajaiban dunia yang memasukan Candi Borobudur sebagai salah satu bangunannya. Namun sejak tahun 2007 lalu, New 7 Wonders telah menetapkan tujuh keajaiban dunia baru yang merupakan hasil dari pemilihan masyarakat dari seluruh dunia.
Tak kalah mempesona dan menakjubkan, tujuh bangunan baru hasil pilihan netizen dunia ini memang begitu luar biasa. Penasaran? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Tujuh Keajaiban dunia baru

1. Chichen Itza, Mexico

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22537)
Bangunan Chichen Itza di Meksiko sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Sumber: New 7 Wonders
7 keajaiban dunia baru yang pertama terletak di benua Amerika, tepatnya di Meksiko, bernama Chichen Itza.
Chichen Itza merupakan sebuah candi Kukulkan yang mempunyai gaya layaknya bangunan piramida yang dibangun sekitar abad ke 9 dan abad ke 12 oleh peradaban Suku Maya.
ADVERTISEMENT
Melalui laman resminya disebutkan bahwa Chichen Itza terbagi atas dua bagian, yakni Chichen tua dan Chichen baru yang disebut dengan Chichen Itza. Pada bangunan Chichen tua, terdapat 6 reruntuhan Maya, sementara Chichen Itza sendiri memiliki 20 reruntuhan sehingga seluruh total reruntuhannya berjumlah sebanyak 26 buah.
Situs arkeologi Chichen Itza menjadi destinasi wisata di Meksiko yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat sekitar 2.500.000 orang yang telah datang berkunjung di setiap tahunnya.

2. Petra, Yordania

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22538)
Bangunan Petra di Yordania sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Sumber: Abdullah Ghatasheh/pexels
Petra adalah sebuah kota bersejarah yang berada di Yordania. Pesona magis dari Petra adalah alamnya yang terdiri atas bebatuan berukir yang berwarna laksana bunga mawar. Oleh sebab itu, kota yang menjadi simbol dari Yordania ini dijuluki dengan The Rose City.
ADVERTISEMENT
Petra dahulu adalah sebuah ibu kota bagi masyarakat Arab kuno, Nabateans. Mereka menjuluki Petra sebagai Raqmu.
Saat ini, Petra telah menjadi sebuah kekayaan berharga sekaligus warisan budaya umat manusia, serta merupakan tempat wisata menakjubkan yang paling banyak dikunjungi oleh para turis.

3. Machu Picchu, Peru

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22539)
Machu Picchu di Peru sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Sumber: New 7 Wonders
Machu Picchu adalah bangunan bersejarah berupa benteng yang berada di pegunungan dengan tinggi 2.430 meter di atas permukaan laut.
Salah satu dari 7 keajaiban dunia baru ini terletak di Peru, lebih tepatnya berada di sebuah wilayah yang bernama Cusco.
Pada tahun 1911, seorang sejarawan Amerika bernama Hiram Bingham memperkenalkan bangunan benteng ini kepada dunia, setelah sebelumnya tak pernah diketahui keberadaanya. Lalu pada tahun 1983, Machu Picchu dinobatkan sebagai salah satu situs warisan oleh UNESCO.
ADVERTISEMENT

4. Colosseum, Italia

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22540)
Colosseum di Italia sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Sumber: Davi Pimentel/pexels
Colosseum adalah bangunan ampiteater dengan bentuk elips yang juga disebut dengan Flavian Amphitheater. Bangunan yang menjadi salah satu landmark populer ini terletak di tengah Kota Roma, Italia.
Colosseum memiliki daya tampung mencapai 50.000-80.000 orang penonton sehingga dinobatkan menjadi sebuah ampiteater terluas yang pernah dibangun.
Bangunan yang merupakan sebuah ikon dari Imperial Roma ini dibangun dengan beton dan tanah. Dahulu, Colosseum digunakan sebagai arena kontes gladiator, eksekusi, pementasan banyak pertarungah tersohor, perburuan binatang, dan juga penampilan dari drama-drama mitologi klasik.

5. Patung Kristus the Redeemer, Brazil

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22541)
Patung Kristus the Redeemer di Brazil sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Sumber: New 7 Wonders
Patung Kristus the Redeemer adalah patung Art Deco Yesus Kristus yang ada di Rio De Janeiro, Brazil.
Patung ikon Negara Brazil ini dibuat oleh Paul Landowski yang merupakan seorang ahli patung berdarah Polandia-Perancis. Dalam pembuatannya, Paul Landowski dibantu oleh insinyur asal Brazil bernama Heitor Da Silva Costa dan insinyur asal Perancis bernama Albert Caquot.
ADVERTISEMENT
Kristus the Redeemer berdiri kokoh dengan tinggi bangunannya yang mencapai 30 meter. Oleh masyarakat dunia, patung ini dikenal sebagai simbol bagi umat Kristiani dan dijadikan ikon budaya bagi Kota Rio De Janeiro.

6. Tembok Besar China, China

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22542)
Tembok Besar China di China sebagai 7 keajaiban dunia. Sumber: Johannes Plenio/pexels
Tembok Besar China kembali menjadi pilihan warga dunia dan berhasil masuk menjadi salah satu bangunan 7 keajaiban dunia baru.
Bangunan raksasa berbentuk tembok kokoh ini dahulu dibangun untuk melindungi wilayah dan kekuasaan China.
Pembangunan dari tembok yang begitu panjang ini beberapa bagiannya dibuat di awal abad ke-7 sebelum masehi. Lalu seiring berjalannya waktu, pembangunan tembok digabungkan agar menjadi lebih besar dan kokoh, sehingga menjadi sebuah bangunan tembok raksasa yang kita kenal saat ini.
ADVERTISEMENT

7. Taj Mahal, India

7 Keajaiban Dunia, Ini Bangunan Fenomenal Terbaru  (22543)
Taj Mahal di India sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Sumber: New 7 Wonders
Taj Mahal yang berada di utara sebuah tepi sungai bernama Sungai Yamuna, Agra, India ini adalah sebuah musoleum dengan marmer putih gadingnya yang begitu khas.
Bangunan yang kembali masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini khusus dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istri tercintanya, bernama Arjumand Banu Begum yang meninggal dunia setelah melahirkan.
Taj Mahal sendiri telah menjadi salah satu Situs Warisan Budaya UNESCO sejak tahun 1983.
Nah, itulah 7 keajaiban dunia baru yang telah memenangkan hati para warga dunia atas keindahan, kemegahan, dan sejarahnya yang begitu mengagumkan. Tertarik memasukan bangunan di atas ke dalam bucket list tujuan wisata impianmu?
(SYA)