Food & Travel
·
28 Agustus 2020 9:48

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32289)
com-Ilustrasi anak sedang diare Foto: Shutterstock
Tidak teraturnya pola makan dan asupan makanan saat berpuasa biasanya menyebabkan diare. Kendati dianggap sepele, gejala diare seringkali terasa sangat menyakitkan. Dan, apabila tidak segera diatasi, maka akan membuat tubuh menjadi lemas dan lesu,.
ADVERTISEMENT
Selain mengkonsumsi obatan-obatan, menghindari sederet makanan tertentu juga rupanya bisa meringankan diare. Makanan apa saja? Yuk, intip ulasannya seperti dilansir Boldsky:

1. Produk susu

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32290)
Ilustrasi minum susu bikin sakit perut. Foto: Shutterstock
Saat sedang diare, sebaiknya hindari mengkonsumsi produk susu. Kandungan laktosa di dalamnya dapat memengaruhi kondisi diare dengan memberi tekanan ekstra pada usus, sehingga akan membuat kondisinya lebih buruk dari sebelumnya.

2. Cabai

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32291)
Ilustrasi saus cabai Foto: dok.shutterstock
Cabai mengandung senyawa capsaicin yang melimpah. Mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa tersebut diklaim dapat memperburuk kondisi serta menyebabkan iritasi pada lapisan usus. Tak hanya itu, senyawa capsaicin juga dapat melemahkan fungsi pencernaan, serta memicu pembentukan gas, sehingga akan membuat perut menjadi kembung.

3. Kopi

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32292)
Ilustrasi kopi hitam. Foto: Toshiko/kumparan
Kandungan kafein dalam kopi merupakan zat utama yang dapat memperburuk kondisi diare. Minuman beraroma khas tersebut memiliki sifat diuretik, yang bila dikonsumsi saat diare, akan memperparah sakit perut. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya ganti kopi dengan teh herbal bebas kafein agar perut menjadi lebih tenang dan gejala diare cepat mereda.
ADVERTISEMENT

4. Kacang-kacangan

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32293)
Hindari konsumsi kacang-kacangan Foto: thinkstock
Seperti yang telah diketahui, kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan mede diperkaya dengan serat larut yang melimpah. Kendati menyehatkan, kandungan tersebut rupanya dapat memperburuk kondisi diare dengan cara mengiritasi lapisan dinding usus. Selain itu, kacang-kacangan juga dapat membuat perut menjadi kembung.

5. Daging merah

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32294)
Daging wagyu Foto: Shutter Stock
Daging merah seperti daging sapi dan kambing merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi akan kandungan protein dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sayangnya, daging merah cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh usus, yang pada akhirnya dapat menghambat kinerja usus dan memperparah kondisi diare. Tak hanya itu, senyawa yang ditemukan dalam daging merah akan memicu peradangan.

6. Buah jeruk

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32295)
Ilustrasi jeruk. Foto: Pixabay
Dikenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah, buah jeruk rupanya juga tidak baik dikonsumsi saat diare menyerang. Buah berwarna cerah ini dikemas dengan kandungan fruktosa yang sulit diserap oleh usus, sehingga akan memicu peradangan dan membuat gejala diare semakin memburuk. Selain jeruk, terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan fruktosa yang juga sulit diserap usus, di antaranya aneka jenis buah berry, nanas, ceri dan anggur.
ADVERTISEMENT

7. Brokoli

Bahaya Mengonsumsi 7 Makanan Ini Saat Diare (32296)
Ilustrasi tumisan brokoli telur asin Foto: dok.shutterstock
Meski memiliki kandungan serat yang melimpah, namun beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat memperburuk kondisi diare. Karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya tidak dapat dicerna dengan mudah oleh usus, yang pada akhirnya akan menyebabkan terganggunya kondisi lambung dan menganggu fungsi pencernaan.