Food & Travel
·
25 Juni 2021 5:33
·
waktu baca 1 menit

Black Box Pesawat, Ini Fakta dan Fungsi Pentingnya

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Black Box Pesawat, Ini Fakta dan Fungsi Pentingnya (588830)
searchPerbesar
Ilustrasi black box pesawat yang pasti ada pada sebuah pesawat terbang. Foto: Brett Sayless/pexels
Black box pesawat menjadi salah satu komponen paling penting pada penerbangan. Setiap kali terjadi kecelakaan yang melibatkan sebuah pesawat, KNKT yang mempunyai tugas untuk melakukan investigasi, pasti sibuk mencari kotak hitam tersebut.
ADVERTISEMENT
Lantas, mengapa black box menjadi salah satu proritas pencarian penting ketika kecelakaan pesawat terjadi? Mengapa para investigator rela untuk mengerahkan segala cara dan menghabiskan waktu yang sangat lama untuk mencari sebuah black box?
Untuk mengetahui hal tersebut, yuk simak fakta dan fungsi black box yang telah dirangkum melalui laman NTSB, Dewan Keselamatan Transportasi Amerika Serikat, berikut ini!

Fakta Black Box Pesawat

Black Box Pesawat, Ini Fakta dan Fungsi Pentingnya (588831)
searchPerbesar
Ilustrasi gambaran black box pesawat. Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
  1. Federal Aviation Administration (FAA) yang merupakan lembaga pengatur dan pengawas pesawat sipil milik Amerika Serikat menyatakan, bahwa pesawat komersial, pesawat perusahaan, maupun pesawat pribadi harus dilengkapi dengan black box yang akan merekam informasi seputar penerbangan.
  2. Meskipun bernama black box, alat ini justru berwarna orange. Salah satu kompenen penting pesawat ini terdiri atas dua jenis alat, yakni Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR).
  3. CVR dan FDR akan membantu para penyelidik dewan keselamatan trasnportasi nasional masing-masing negara untuk merekonstruksi setiap hal yang menyebabkan terjadinya sebuah kecelekaan pesawat.
  4. Masing-masing CVR dan FDR diletakkan pada bagian pesawat yang biasanya mampu bertahan ketika sebuah kecelakaan terjadi, yakni pada bagian ekor dari pesawat.
  5. CVR dan FDR dilengkapi dengan sebuah suar pendeteksi bawah air atau Underwater Locator Beacon (ULB) yang disebut dengan pinger untuk membantu mendeteksi pesawat yang jatuh ke dalam air. Alat ini akan aktif begitu tenggelam di air dan mampu mengirimkan sinyal akustik dengan frekuensi 37.5 KHz dari kedalaman 14.000 kaki.
  6. Jika terjadi kecelakaan, black box akan langsung dicari dan dibawa dari lokasi jatuhnya pesawat untuk kemudian diselidiki dengan menggunakan komputer dan alat audio canggih. Seluruh informasi yang tersimpan pada CVR dan FDR akan diekstraksi dan diterjemahkan, sehingga bisa dipahami sebagai upaya mengetahui dugaan penyebab kecelakaan pesawat.
ADVERTISEMENT

Fungsi Black Box Pesawat

Black box yang terdiri atas Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR) memiliki fungsi utama, yaitu merekam segala aktivitas yang ada pada sebuah pesawat. Namun, kedua jenis kompenen black box ini memiliki fungsi masing-masing yang saling melengkapi.

1. Fungsi CVR

Black Box Pesawat, Ini Fakta dan Fungsi Pentingnya (588832)
searchPerbesar
CVR yang merupakan bagian dari black box pesawat. Sumber: NTSB
Cockpit Voice Recorder (CVR) berfungsi untuk merekam transmisi radio dan suara yang ada pada kokpit pesawat, seperti suara kru penerbang, dan mesin. Alat perekam ini ada pada area mikrofon kokpit yang ditempatkan pada instrumen panel atas di antara kedua pilot.
Biasanya investigator kecelakaan pesawat akan tertarik pada suara mesin, peringatan stall, sistem landing gear, kesalahan sistem, komunikasi dengan pihak ATC, percakapan antar pilot dan kru kabin, yang bisa didengar melalui alat ini.
ADVERTISEMENT

2. Fungsi FDR

Black Box Pesawat, Ini Fakta dan Fungsi Pentingnya (588833)
searchPerbesar
FDR yang merupakan bagian dari black box pesawat. Sumber: NTSB
Flight Data Recorder (FDR) berfungsi untuk merekam kondisi pengoperasian pada pesawat. Alat ini dapat memonitor setidaknya 88 parameter penting seperti waktu, altitude, kecepatan pesawat, heading, dan posisi pesawat, posisi flap, sistem auto pilot, bahkan hingga alarm kebakaran.
Nah itu tadi fakta dan fungsi black box pesawat yang sudah dibahas. Sudah paham dong mengapa alat ini menjadi sangat penting dalam dunia penerbangan?
(SYA)