Food & Travel
·
24 Oktober 2020 17:09

Dokter Viral di TikTok Ungkap Porsi Mi Instan yang Boleh Kamu Makan dalam Sehari

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Dokter Viral di TikTok Ungkap Porsi Mi Instan yang Boleh Kamu Makan dalam Sehari (551905)
Ilustrasi mi instan Foto: dok.shutterstock
Sebuah video TikTok menjadi viral setelah menjelaskan jumlah anjuran mi instan setiap hari. Video yang diunggah oleh @dionharyadi, seorang dokter dan content creator ini sudah dilihat lebih dari 1,2 juta kali.
ADVERTISEMENT
Hal ini tidak mengherankan — pasalnya laki-laki itu membahas makanan favorit rakyat Indonesia, yaitu mi instan. Selain rasanya yang nikmat, mi instan juga mudah dan cepat dibuat, menjadikannya pilihan makanan yang pas ketika lapar melanda.
“Mi instan adalah salah satu makanan favorit saya karena rasanya yang enak banget! Pernah mikir gak? Ini enaknya karena apa ya?,” ungkap dokter dalam video viral tersebut.
Setelah menanyakan hal tersebut, dr. Dion Haryadi kemudian menjelaskan bahwa rasa nikmat mi instan tidak lain berasal dari, sodium atau bumbunya.
Ia menjelaskan, rata-rata mi instan memiliki kadar sodium sekitar 800-1400 milligram per bungkus. Sedangkan, orang dewasa sehat disarankan untuk mengonsumsi hanya sekitar 2.500 miligram sodium setiap harinya.
Dokter Viral di TikTok Ungkap Porsi Mi Instan yang Boleh Kamu Makan dalam Sehari (551906)
dr. Dion menjelaskan anjuran sodium harian. Foto: @dionharyadi /TikTok
“Nah satu harinya, kita disarankan hanya mengonsumsi kurang lebih 2.500 miligram sodium. Jadi kalau kamu makan 2-3 bungkus sehari, kamu telah menghabiskan jatah sodium harianmu,” ungkap dr. Dion.
ADVERTISEMENT
Perlu diingat kalau konsumsi harian sodium kita juga berasal dari makanan rumahan, makanan ringan, dan snack-snack lainnya. dr. Dion juga mengingatkan kalau lonjakan sodium yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit.
“Konsumsi sodium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi, atau penyakit tekanan darah tinggi. Yang kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, dan lain-lain,” tutup laki-laki tersebut.
Dokter Viral di TikTok Ungkap Porsi Mi Instan yang Boleh Kamu Makan dalam Sehari (551907)
Makanan mi instan. Pixabay
Dalam kolom komentar, beberapa kaget mengetahui ada yang makan mi instan setiap hari. Kebanyakan akun membagikan pengalaman mereka dengan mi instan, dari dibatasi hingga alergi mi. Akun TikTok dokter lain setuju dengan pernyataan dr. Dion. "Setuju hyung," tulis akun dr. Yessica Tania.
Selain tinggi kandungan sodium, beberapa penelitian juga menemukan rendahnya kandungan nutrisi dalam mi instan, sehingga tidak dianjurkan menjadi makanan sehari-hari. Sering konsumsi mi instan juga dapat membentuk pola makan keseluruhan yang buruk. Jadi, jangan jadikan mi instan sebagai makanan harian mu, pilih makanan yang lebih sehat ya!
ADVERTISEMENT