Food & Travel
·
11 Juni 2021 5:33
·
waktu baca 1 menit

Gerakan Tari Remo, Lambang Pangeran Gagah Berani

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Gerakan Tari Remo, Lambang Pangeran Gagah Berani (39973)
Gerakan Tari Remo yang menggambarkan sosok pangeran gagah berani. Foto: M Risyal Hidayat/Antara Foto
Gerakan tari remo memiliki gerakan yang berbeda dari gerakan tari tradisional lain yang ada di nusantara. Gerak tari dalam Tari Remo menjadi penting karena merupakan salah satu unsur utama dalam seni tari.
ADVERTISEMENT
Biasanya gerakan terbagi atas dua, yakni gerak nyata yang merupakan tiruan gerak sehari-hari dan gerak maknawi yang merupakan gerak sehari-hari yang telah dimodifikasi.
Dalam jurnal milik Wahyuditomo berjudul Karakteristik Ragam Gerak dan Tata Tias-Busana Tari Ngremo Sebagai Wujud Presentasi Simbolis Sosio Kultural (2016), gerak tari memang dibentuk, ditata, dan disusun berlandaskan penggabungan ide rohaniah dan energi kinetis sebagai kebutuhan ekspresi dan maksud tertentu yang tersusun menjadi sebuah struktur koreografi.

Gerakan Tari Remo

Gerakan Tari Remo, Lambang Pangeran Gagah Berani (39974)
Gerakan Tari Remo yang menggambarkan pangeran gagah berani. Sumber: Kemdikbud
Gerakan tari remo memiliki gerakan maskulin karena menggambarkan sikap pangeran yang gagah dan berani.
Dilansir melalui laman encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, yang khas dari gerakan tari asal Jombang ini adalah kolaborasi selaras antara gerak kaki yang menghentak, suara gelang lonceng yang ada di kaki para penari, dan musik yang mengiringi.
ADVERTISEMENT
Gerakan Tari Remo juga mengacu kepada dua gerakan berupa gerakan prajurit dan gerakan alam. Dalam gerakan prajurit terdapat gerak ngenduwo dan gerak lawung. Sementara dalam gerakan alam terdapat gerak nglandhak dan gerak ayam alas.
Melalui jurnal berjudul Penciptaan Buku Ilustrasi Tentang Tari Remo sebagai Upaya Pengenalan pada Anak-Anak (2015) karya Helen Dwi Magdalena Dkk disebutkan bahwa tari remo memiliki gerakan yang bermacam-macam sehingga disebut juga dengan tari rena-rena.
Perpaduan tiga macam gerakan tari remo yakni,
  • tari ketoprak
  • tari sandur
  • tari wayang orang

Sikap Dasar Dalam Gerakan Tari Remo

Gerakan Tari Remo, Lambang Pangeran Gagah Berani (39975)
Sikap dasar dalam gerakan Tari Remo ketika tampil. Sumber: Kominfo Jatim
Gerakan tari remo juga memiliki sikap dasar yang harus diperhatikan. Jurnal Karakteristik Ragam Gerak dan Tata Tias-Busana Tari Ngremo Sebagai Wujud Presentasi Simbolis Sosio Kultural (2006) membagi sikap dasar tari khas Jombang, Jawa Timur ini menjadi dua, yakni:
ADVERTISEMENT
  1. sikap awal kemunculan penari, ketika penari remo masuk dan mengelilingi panggung pentas, posisi pergelangan tangan harus dipegang dengan tangan kanan. Selain itu para penari juga harus menahan napas agar tampak terlihat gagah layaknya pangeran,
  2. sikap tancep, sikap ini mengharuskan para penari untuk berdiri tegak dengan kedua tungkai kaki terbuka dan mata yang memandang tajam ke depan sambil sesekali melirik arah kiri kanan untuk melihat penonton.

Pola Lantai dalam Gerakan Tari Remo

Gerakan Tari Remo, Lambang Pangeran Gagah Berani (39976)
Pola lantai dalam gerakan Tari Remo. Foto: Eric Ireng/Antara Foto
Tari remo memiliki pola lantai garis lurus. Pola lantai sendiri berhubungan langsung dalam gerak tari yang tercipta.
Dalam Modul Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Seni tari milik Kementerian dan Kebudayaan RI (2020) yang ditulis oleh Endang Susilowati tertulis bahwa pola lantai berungsi untuk menempatkan dan menata letak penari untuk membentuk satu kesatuan utuh ketika tampil di atas panggung.
ADVERTISEMENT
Nah itu dia tadi informasi mengenai gerakan tari remo, sikap dasar, dan pola lantai dari kesenian kebanggaan masyarakat Jawa Timur. Pernahkan kamu menyaksikan tarian yang menjadi lambang kepahlawanan satu ini?
(SYA)