Food & Travel
·
28 Agustus 2020 16:19

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265465)
com-Ilustrasi sakit perut Foto: Shutterstock
Sering mengalami sakit perut karena kebanyakan makan? Biasanya, hal ini terjadi usai kita menyantap makanan dalam jumlah terlalu banyak. Kondisi ini akan membuat perut kita terasa sangat penuh dan tertekan.
ADVERTISEMENT
Rasa begah tersebut muncul karena adanya kelebihan gas dalam perut, atau gangguan pada sistem pencernaan. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa karena gangguan kesehatan, atau dari jenis makanan yang kita santap.
Meski hanya berlangsung beberapa saat, perut yang begah tentu membuat kita merasa kurang nyaman. Namun, tenang saja, ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi perut begah.
Dilansir Womens Health, berikut tujuh makanan yang bisa kamu konsumsi agar perut kembali lega:

1. Yoghurt

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265466)
Ilustrasi minuman yoghurt Foto: dok.shutterstock
Yoghurt kaya akan kandungan probiotik yang melancarkan pencernaan dan meredakan inflamasi. Selain itu, probiotik juga dapat menjaga kesehatan pencernaan, terutama saat kita merasa begah dan penuh dengan gas.

2. Jahe

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265467)
Teh jahe Foto: Shutter Stock
Konsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti daging dalam jumlah banyak bisa menjadi salah satu penyebab perut begah. Untuk membuatnya terasa lega kembali, kamu bisa memanfaatkan rempah jahe.
ADVERTISEMENT
Jahe mengandung enzim bernama zingibain yang dapat membantu tubuh menghancurkan protein. Selain itu, rempah tersebut juga mengurangi inflamasi pada sistem pencernaan; membantu makanan yang kita santap lebih cepat tercerna dan mengurangi kadar gas yang membuat begah.

3. Pisang

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265468)
pisang ptr Foto: Shutterstock
Selain terlalu banyak makan, rasa begah atau kembung juga dapat muncul karena terlalu banyak konsumsi air dan sodium. Buah pisang mengandung potasium yang berperan membuang sodium dan kelebihan air dalam tubuh.
Agar rasa begah cepat berkurang, cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang sepanjang hari.

4. Lemon

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265469)
Ilustrasi lemon Foto: Pixabay
Air lemon mengandung asam yang hampir serupa seperti cairan pada sistem pencernaan tubuh. Karenanya, buah yang satu ini bisa membantu meredakan rasa begah dan gangguan lain pada pencernaan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, minum air lemon secara rutin juga dapat meningkatkan hidrasi tubuh dan mempercepat kerja tubuh dalam mencerna makanan.

5. Kiwi

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265470)
Ilustrasi kiwi Foto: Pixabay
Buah kiwi mengandung enzim actinidin yang membantu tubuh mencerna makanan lebih cepat. Cukup dengan mengkonsumsi dua buah kiwi, perut begah akan terasa lega karena kandungan potassium dan seratnya yang tinggi.

6. Pepaya

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265471)
Ilustrasi Biji Pepaya Foto: Shutterstock/Seksun Guntanid
Buah pepaya sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang mampu melancarkan pencernaan. Bukan itu saja, enzim papain yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu melumatkan makanan yang kita santap dan melawan inflamasi. Hanya saja, usahakan untuk tak mengkonsumsinya terlalu banyak karena dapat berefek cukup keras pada pencernaan.

7. Melon madu

Ini 7 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Kebanyakan Makan (265472)
Ilustrasi melon Foto: dok.shutterstock
Meski memiliki cita rasa manis, buah melon madu memiliki kadar air hampir sebesar 90 persen. Karenanya, buah tersebut tak hanya membantu menghidrasi tubuh saja, namun juga bisa membersihkan kelebihan air dan garam pada tubuh dengan efek diuretik alaminya. Sehingga, perut yang begah pun akan terasa lega.
ADVERTISEMENT