Food & Travel
·
22 Juni 2021 5:24
·
waktu baca 2 menit

Makanan Korea Halal, 5 Kuliner Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Makanan Korea Halal, 5 Kuliner Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (1002017)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan Korea halal. Foto: Pixabay/pexels
Makanan Korea halal ternyata sudah tersedia di banyak supermarket dan minimarket Indonesia lho! Bahkan makanan ala negeri ginseng yang aman untuk dikonsumsi oleh umat muslim ini bisa kamu jumpai di banyak restoran Korea yang telah menjamur.
ADVERTISEMENT
Kamu yang suka menonton drama Korea atau siaran mukbang di youtube pasti sudah banyak mengenal kuliner dari Korea ya, terutama kimchi dan tteokbokki. Dua makanan ini masuk dalam daftar makanan Korea halal yang bisa kamu cicipi dan temui di banyak tempat.
Namun, ada banyak makanan Korea halal lain yang bisa jadi rekomendasi untuk para muslim Indonesia. Bahkan makanan-makanan ini bisa kamu bikin sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun sangat mudah di temukan di e-commerce kesayangan.

5 makanan Korea halal yang bisa kamu bikin di rumah

1. Jjimdak

Makanan Korea Halal, 5 Kuliner Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (1002018)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan korea halal berupa jjimdak. Sumber: Korea Tourism Organization
Jjimdak adalah olahan ayam rebus Korea Selatan dengan warna cokelatnya yang khas. Sekilas, jika dilihat makanan ini mirip dengan kuliner Indonesia, yaitu semur ayam.
ADVERTISEMENT
Dengan bahan dasar utama yaitu ayam, jjimdak memiliki perpaduan cita rasa manis gurih yang lebih ringan dibanding semur. Saus cokelatnya sendiri dibuat dari kecap asin, brown sugar, corn syrup, madu, dan saus tiram dengan bumbu inti, yakni bawang putih, bawang bombay, dan jahe.
Selain ayam, orang Korea juga suka memasukan sayuran seperti kentang,wortel, daun bawang, dan cabai hijau besar serta bihun khas Korea bernama dangmyeon ke dalam sajian jjimdak mereka.

2. Twigim

Makanan Korea Halal, 5 Kuliner Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (1002019)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan korea halal twigim. Foto: topntp26/freepik
Twigim bisa dibilang adalah gorengan. Perbedaan gorengan ala negeri yang populer akan dunia showbiznya ini dengan gorengan Indonesia adalah bahan baku utamanya.
Twigim yang banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional ini terbuat dari cabai hijau besar,cumi, udang, ubi, dan rumput laut yang telah diisi dengan bihun di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Bahan-bahan ini kemudian dibalut dengan racikan tepung yang terbuat dari maizena, baking powder, dan telur. Setelah itu, digoreng dengan menggunakan teknik deep fried ke dalam minyak yang telah panas. Twigim biasa dinikmati dengan mencocolnya ke dalam saus kental merah tteokbokki.

3. Dakganjeong

Makanan Korea Halal, 5 Kuliner Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (1002020)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan korea halal berupa dakganjeong. Foto: Janine Beth Salazar/pexels
Dakganjeong adalah cemilan berupa ayam goreng tepung berbalut saus manis berwarna merah. Ayam akan dibalur dengan tepung dan digoreng hingga kering. Setelah itu dimasukan ke dalam saus merah manis yang terbuat dari campuran gochujang, corn syrup, dan madu.
Biasanya orang Korea juga memasukan tteokbokki ke dalam hidangan dakganjeong. Setelah matang, makanan Korea halal yang satu ini akan ditaburi biji wijen di atasnya.

4. Kimchi Bokkeumbap

Makanan Korea Halal, 5 Kuliner Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (1002021)
searchPerbesar
Ilustrai makanan Korea halal berypa kimchi bokkeumbap. Foto: jcomp/freepik
Kimchi bokkeumbap atau bisa diartikan sebagai nasi goreng kimchi adalah salah satu makanan halal Korea yang bisa kita buat sendiri di rumah.
ADVERTISEMENT
Bahan yang digunakan untuk membuat nasi goreng ini begitu sederhana yaitu nasi, kimchi, gochujang, daun bawang, dan minyak. Biasanya orang Korea suka menggunakan spam sebagai salah satu pelengkap, namun kita bisa menggantinya dengan luncheon ayam atau sapi yang telah banyak tersedia di minimarket.
Kita hanya perlu memotong kimchi menjadi ukuran kecil, lalu panaskan minyak, masukan daun bawang, luncheon, kimchi, gochujang, dan terakhir nasi. Kemudian aduk-aduk hingga matang.
Sebagai sentuhan akhir kita bisa menambahkan minyak wijen, biji wijen, rumput laut yang telah dipotong-potong, dan telur mata sapi. Voila, jadilah kimchi bokkeumbap yang langsung bisa dinikmati.

5. Pajeon

Makanan Korea Halal, 5 Kuliner Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (1002022)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan korea halal berupa pajeon. Sumber: Korea Tourism Organization
Pajeon bisa kita sebut sebgai bakwannya Korea namun dengan bentuk yang lebih tipis layaknya telur dadar.
ADVERTISEMENT
Bahan baku utamanya bisa beragam, seperti sayur-sayuran berupa daun bawang, kucai, bawang bombay, wortel, dan cabai, kimchi ataupun seafood.
Jika telah memutuskan bahan apa yang akan digunakan, campurkan bahan tersebut ke dalam adonan tepung terigu yang telah dicampur dengan maizena, telur, air, garam, dan merica. Lalu masukkan ke dalam panci yang berisi sedikit minyak panas dan masak hingga matang.
Pajeon sendiri biasa dinikmati dengan mencelupkanya ke dalam saus cocolan yang terbuatdari kecap ikan, kecap asin, cuka beras, gula, dan bawang putih, serta biji wijen di atasnya.
Nah itu dia 5 makanan Korea Halal yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba!
(SYA)