Food & Travel
·
7 Juli 2021 14:07
·
waktu baca 2 menit

Oleh Oleh Khas Lampung, Ini 8 Cemilan yang Menggugah Selera

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Oleh Oleh Khas Lampung, Ini 8 Cemilan yang Menggugah Selera (51210)
searchPerbesar
Ilustrasi oleh oleh khas Lampung. Foto: pixabay/pexels
Oleh-oleh khas Lampung tentu menjadi hal utama yang harus dibawa pulang. Tahukah kamu bahwa makanan dari provinsi yang terletak di selatan Pulau Sumetera ini sangat enak, sehingga cocok dijadikan buah tangan?
ADVERTISEMENT
Penasaran dengan makanan apa saja yang patut dijadikan oleh-oleh ketika berkesempatan datang ke Lampung? Yuk simak rekomendasinnya di bawah ini!

8 Oleh-oleh Khas Lampung

1. Keripik Pisang

Oleh Oleh Khas Lampung, Ini 8 Cemilan yang Menggugah Selera (51211)
searchPerbesar
Ilustrasi keripik pisang sebagai oleh oleh khas Lampung. Sumber: luis_molinero/freepik
Keripik pisang dari Lampung adalah camilan legendaris yang wajib banget kamu borong. Pasalnya, hampir semua orang menyukai panganan ringan yang satu ini.
Keripik pisang khas Lampung memiliki tekstur renyah dan memiliki berbagai varian rasa, yakni original, cokelat, susu, stroberi, dan masih banyak lagi. Dijamin enak dan bikin ketagihan!

2. Pie Susu Pisang

Satu lagi nih camilan manis berbahan dasar pisang yang pas dijadikan oleh-oleh khas Lampung, yakni pie susu pisang.
Uniknya, pie susu dari Lampung ini berbentuk pisang dan diisi dengan buah pisang yang telah dicampur dengan bahan-bahan lain, sehingga menciptakan rasa manis dan tektur renyah nan lembut yang begitu menggugah selera.
ADVERTISEMENT

3. Sambal

Siapa yang menyangka di Lampung kamu juga bisa berburu sambal? Di toko oleh-oleh kamu akan banyak menemukan berbagai varian sambal yang bisa dipilih dan dibeli. Salah satunya adalah sambal tampoyak yang begitu khas karena merupakan sambal hasil fermentasi buah durian yang memiliki rasa unik.

4. Kemplang Lampung

Oleh Oleh Khas Lampung, Ini 8 Cemilan yang Menggugah Selera (51212)
searchPerbesar
Ilsutrasi kemplang sebagai oleh oleh khas Lampung. Sumber: lifeforstock/freepik
Kemplang juga menjadi oleh-oleh khas Lampung yang enak banget buat dicemilin. Kerupuk bakar yang terbuat dari tepung kanji, ikan, dan bumbu penyedap ini berwarna putih, bertekstur renyah, dan bercita rasa gurih.
Rasa kemplang akan naik menjadi 100% lebih enak jika dimakan dengan sambal pelengkap yang biasanya selalu ada di dalam bungkusnya. Sambal ini berwarna hitam dengan rasa asam, gurih, dan pedas.
ADVERTISEMENT

5. Browkis

Oleh Oleh Khas Lampung, Ini 8 Cemilan yang Menggugah Selera (51213)
searchPerbesar
Ilustrasi browkis sebagai oleh oleh khas Lampung. Foto: Craig Dennis/pexels
Browkis atau juga dikenal dengan nama brownies kulit pisang adalah kue brownies unik yang terbuat dari tepung kulit pisang. Rasanya yang sedap dengan berbagai varian rasa lengkap cocok sekali dijadikan oleh-oleh.

6. Engkak

Oleh Oleh Khas Lampung, Ini 8 Cemilan yang Menggugah Selera (51214)
searchPerbesar
Ilustrasi engklak sebagai oleh oleh khas Lampung. Sumber: KamranAydinov/freepik
Engkak adalah kue tradisional khas lampung berupa kue lapis. Eits tapi jangan salah! Kue lapis ini berbeda karena terbuat dari tepung ketan putih. Rasa dari kue engkak sendiri manis legit dengan tekstur yang sangat lembut. Kue ini cocok sekali dinikmati dengan segelas kopi ataupun teh.

7. Kerupuk Makanan Laut

Lampung juga terkenal akan camilan-camilan gurih berupa kerupuk yang terbuat dari berbagai ikan, maupun makhluk hidup laut lain, seperti cumi. Kamu bisa menemukan berbagai kerupuk seperti kerupuk ikan tengiri dan kerupuk cumi yang pas banget dibawa pulang.
ADVERTISEMENT

8. Lempok Durian

Jika di Jawa, lempok dikenal dengan dodol, sementara di Lampung makanan ini disebut lempok.
Lempok durian sendiri adalah dodol yang dibuat dari daging durian dan dimasak bersamaan dengan gula dan bahan-bahan lain. Teksturnya yang empuk dengan rasa manis legit bercampur dengan rasa durian yang lezat, tentu akan banyak disukai oleh orang.
Nah, itu dia delapan oleh-oleh khas Lampung yang harus kamu bawa pulang. Awas jangan kalap ya ketika sedang berburu makanan yang sudah disebutkan di atas!
(SYA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020