Pengertian Wisata, Jenis serta Tujuannya

Viral Food Travel
Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 13:24 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wisatawan Korea ke Jepang Foto: Shutterstcok
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wisatawan Korea ke Jepang Foto: Shutterstcok
ADVERTISEMENT
Pengertian wisata menarik banget, nih untuk disimak. Tentu sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi mendengar kata wisata, bukan?Namun, mungkin masih banyak dari kamu yang belum mengetahui apa pengertian dari wisata yang sebenarnya, ya.
ADVERTISEMENT
Wisata identik dengan kegiatan bersenang-senang dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu. Kegiatan ini biasa dilakukan baik seorang diri, ataupun bersama orang terdekat.
Lantas, apakah sebenarnya arti dari wisata itu sendiri? Daripada bingung dan penasaran, langsung saja yuk, kita simak pengertian wisata beserta jenis dan manfaatnya di bawah ini. Keep scroll it!

Pengertian Wisata

Ilustrasi wanita sedang memotret di tempat wisata Foto: Shutterstock
Dirangkum dari berbagai sumber, wisata memiliki beberapa pengertian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wisata artinya sebuah aktivitas bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya).
Dari pengertian tersebut, dapat disederhanakan, jika wisata merujuk pada kegiatan melakukan perjalanan ke tujuan tertentu dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan ataupun bersenang-senang.
Sementara, menurut World Tourism Organization (WTO), wisata berarti melakukan sebuah perjalanan dan tinggal sementara waktu di suatu tempat yang bukan tempat tinggalnya. Meski tidak diberi penjelasan tentang tujuan perjalanan tersebut, pengertian wisata menurut WTO lebih memiliki makna untuk bersenang-senang.
Ilustrasi wisatawan di tengah perkebunan Foto: Shutterstock
Secara garis besar, bisa disimpulkan bahwa wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang di luar tempat tinggalnya dalam sementara waktu. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, bersenang-senang, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT

Jenis-jenis Wisata Berdasarkan Tempat yang Dikunjungi

1. Wisata Alam

Pertama, ada wisata alam, yang merupakan perjalanan ke tempat-tempat alami seperti pegunungan, pedesaan, danau, air terjun, dan sebagainya. Kesan asri, sejuk, dan kembali ke alam menjadi yang paling dominan saat melakukan wisata satu ini.

2. Wisata Budaya

Berikutnya, ada wisata budaya yang juga tidak kalah seru untuk dilakukan. Apalagi, jika bareng keluarga ataupun bersama jumlah orang yang banyak.
Sesuai dengan namanya, wisata ini bertujuan untuk menikmati kebudayaan tempat tertentu. Contohnya dengan mengunjungi festival tahunan, mempelajari cara membatik, menari tradisional, atau sekadar menikmati pertunjukannya.

3. Wisata Bahari

Tidak kalah menarik, ada wisata bahari yang kerap dipilih banyak orang. Wisata ini bertujuan untuk menikmati keindahan laut, baik di permukaan hingga bagian dalamnya.
ADVERTISEMENT
Biasanya orang-orang yang memilih wisata ini akan melakukan berbagai aktivitas olahraga air, mulai dari snorkeling, diving, surfing, dan lain sebagainya. Kamu dapat menikmati keindahan beragam biota laut, atau sekadar memanjakan diri dengan pemandangan hamparan lautan biru.

4. Wisata Kuliner

Kalau satu ini tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Wisata kuliner menjadi favorit banyak orang yang bertujuan untuk mencicipi segala makanan dan minuman khas di suatu daerah tertentu. Apakah kamu salah satu yang sering melakukannya?
Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian wisata serta jenisnya, yang bertujuan untuk kesenangan dan suka cita dari sebuah perjalanan. Sudah rencanakan wisatamu dalam waktu dekat, belum?
(AFG)