Food & Travel
·
10 Juni 2021 6:45
·
waktu baca 2 menit

Pola Lantai Tari Remo dan Garis Lurus Diagonal yang Penting

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Pola Lantai Tari Remo dan Garis Lurus Diagonal yang Penting (22254)
Pola lantai Tari Remo yang begitu penting bagi pertunjukan tari. Sumber: Kemdikbud
Pola lantai tari remo adalah suatu unsur yang begitu penting dalam kesenian tari. Sebab, pola lantai tari akan menjadi landasan dalam membentuk formasi tertentu pada pertunjukan tari.
ADVERTISEMENT
Melalui Modul Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Seni Tari (2020) milik Kementerian dan Kebudayaan RI yang ditulis oleh Endang Susilowati, selain berhubungan erat dalam membentuk komposisi tarian, pola lantai juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni menempatkan dan membentuk kesatuan utuh antar penari satu dengan penari lainnya.

Pola Lantai Tari Remo

Pola Lantai Tari Remo dan Garis Lurus Diagonal yang Penting (22255)
Pola lantai Tari Remo berupa garis lurus yang digunakan para penari. Foto: Eric Ireng/ANTARA FOTO
Pola lantai tari remo menggunakan pola lantai garis lurus. Jurnal berjudul Analisis Struktur dan Bentuk Penyajian Tari Remo Sutinah di Padepokan Gema Buana Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (2018) oleh Mira Nuri Wulandari, menyebutkan bahwa dengan menggunakan arah garis lurus, para penari dapat lebih leluasa untuk bergerak tanpa menghilangkan estetikanya dan para penoton akan dapat menikmati tarian dengan lebih baik.
ADVERTISEMENT

Pola Lantai Garis Lurus pada Tari Remo

Pola Lantai Tari Remo dan Garis Lurus Diagonal yang Penting (22256)
Ilustrai penari yang menggunakan garis lurus sebagai pola lantai Tari Remo. Foto: M Risyat Hidayat/ANTARA FOTO
Berdasarkan informasi pada buku yang ditulis oleh Maria Dharmaningsih berjudul Mari Menari Bersama (2018), desain pola lantai garis lurus pada tari remo memberikan kesan kuat namun sederhana.
Garis-garis ini biasa diciptakan oleh tubuh dan tangan penari, jejak atau garis yang dilalui oleh penari, maupun garis di lantai yang memang ditinggalkan para penari. Namun, tak hanya itu, properti yang digunakan untuk menari juga berpengaruh pada pola garis yang kemudian akan membentuk dua desain berupa desain atas dan desain bawah.
Garis lurus pada pola lantai ternyata juga memiliki makna tersendiri, yaitu makna yang menyimbolkan hubungan antar manusia dan hubungan dengan Tuhan yang Maha Kuasa. Makna baik lain yang terdapat pada penggunaan pola arah garis lurus adalah sikap jujur.
ADVERTISEMENT
Gerak dari Tari Remo sendiri, dilansir melalui encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, memiliki gerakan maskulin, karena menggambarkan seorang pangeran yang gagah berani. Oleh sebab itu, pola lantai garis lurus sangat sesuai dengan gerak dalam tarian asal Jombang Jawa Timur yang satu ini.

Jenis Pola Lantai Garis Lurus pada Tari Remo

Pola Lantai Tari Remo dan Garis Lurus Diagonal yang Penting (22257)
Pola lantai Tari Remo berupa garis lurus diagonal. Sumber: Kominfo Jatim
Pola lantai garis lurus sendiri sebenarnya memang sering dipakai oleh banyak pertunjukan seni tari tradisi nusantara, termasuk pada tari remo.
Pola garis lurus dapat dikelompokan lagi menjadi tiga pola lantai, yakni horizontal, vertikal, dan diagonal.
Dalam pengembangan pola, terdapat enam jenis pola lagi, yaitu pola vertikal, pola horizontal, pola zig zag, pola diagonal, pola segi tiga, dan juga pola segi empat.
Pola lantai pengembangan yang dipakai pada tari remo ketika menari adalah pola diagonal.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia tadi informasi mengenai pola lantai tari remo. Ternyata tari tradisional kebanggaan Provinsi Jawa Timur ini memakai pola lantai garis lurus dengan pola diagonalnya. Menarik bukan?
(SYA)