Food & Travel
·
17 April 2021 8:03

Rumah Adat Jawa Barat di Kampung Naga Tasikmalaya dan Tipologinya

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Rumah Adat Jawa Barat di Kampung Naga Tasikmalaya dan Tipologinya (220829)
Ilustrasi rumah adat Jawa Barat di Kampung Naga. Foto: Adeng Bustomi/ANTARA FOTO
Rumah adat Jawa Barat memiliki banyak bentuk. Salah satunya berbentuk rumah panggung seperti kebanyakan rumah adat di Indonesia berbentuk rumah panggung sebagai pencegahan dalam menghindari hewan buas maupun banjir.
ADVERTISEMENT
Selain rumah panggung, rumah adat Jawa Barat juga ada yang berbentuk tertutup. Ini terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan agar penghuni rumah tetap merasa hangat. Dengan demikian,rumah asli Indonesia dibuat sesuai dengan kondisi alam sekitar seperti yang ditulis oleh Intania Poerwaningtias dan Nindya K. Suwarto dalam buku yang berjudul Rumah Adat Nusantara (2017:1).
Salah satu rumah adat yang ada di daerah Jawa Barat adalah rumah adat yang terletak di Kampung Naga Tasikmalaya.
Dalam jurnal Tipologi Bangunan Rumah Tinggal Adat Sunda di Kampung Naga Jawa Barat milik Anggie Nur Ilham dan Afriyanto Sofyan SB (2012:2), Kampung Naga tepatnya berlokasi di Sunda Priangan, Kampung Negaratengah, Desa Neglosari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.
ADVERTISEMENT

Tipologi Rumah Adat Jawa Barat di Kampung Naga

Rumah Adat Jawa Barat di Kampung Naga Tasikmalaya dan Tipologinya (220830)
Rumah adat Jawa Barat Kampung Naga Tasikmalaya. Foto: Adeng Bustomi/ANTARA FOTO
Menurut Sulistijowati (1991:12) yang dikutip dalam jurnal Kajian Tipologi dalam Pembentukan Karakter Visual dan Struktur Kawasan milik Asyra Ramandanta (2010:2), tipologi adalah upaya mengelaskan, mengelompokan atau mengklasifikasi berdasarkan fungsi, geometrik, dan langgam.
Dalam Tipologi Bangunan Rumah Tinggal Adat Sunda di Kampung Naga Jawa Barat (2012:2-7), tipologi bangunan rumah adat di Kampung Naga termasuk tipe bangunan kehangatan yang memiliki ciri yaitu:
  1. Rumah memiliki bentuk kompak dengan adanya serambi kecil yang terbuka di mana ruang inti di rumah adat tersebut tidak terbagi karena dapur juga menjadi ruang kumpul keluarga
  2. Rumah adat di Kampung Naga Jawa Barat berbentuk rumah panggung yang dibangun di atas umpak yang punya tinggi sekitar 40-60 cm
  3. Bahan bangunan rumah adat ini terbuat dari kayu atau bambu sebagai kerangka, sedangkan untuk atap, rumah yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya ini menggunakan ijuk
  4. Di dalam rumah terdapat lumbung padi dan kandang ternak ayam.
ADVERTISEMENT
Rumah adat Jawa Barat di Kampung Naga ini masih ditempati oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat sunda di tengah peradaban modern.
(SYA)