Food & Travel
·
19 April 2021 20:24

Rumah Adat Sumatera Barat dan 4 Fakta Unik Si Rumah Gadang

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Rumah Adat Sumatera Barat dan 4 Fakta Unik Si Rumah Gadang  (95684)
Rumah adat Sumatera Barat, Rumah Gadang. Sumber: PlatformKebudayaan Indonesiana Kemdikbud
Jika berbicara tentang rumah adat Sumatera Barat, tentu yang akan hadir dalam pikiran kita pada umumnya adalah Rumah Gadang. Rumah Gadang merupakan sebutan untuk rumah adat Minangkabau.
ADVERTISEMENT
Sudah banyak yang membahas rumah tradisional kebanggaan masyarakat Minang ini. Namun, kamu tahu tidak, jika Rumah Gadang ini tidak hanyak berfungsi sebagai tempat tinggal saja, lho!
Ternyata ada fungsi-fungsi lain dari rumah adat asal Sumatera Barat ini. Selain fungsinya, ada beberapa fakta unik lainnya tentang Rumah Gadang yang wajib untuk kamu ketahui. Dirangkum berdasarkan buku yang berjudul Rumah Gadang Kajian Filosofi Arsitektur Minangkabau (2013:16-24) karya Agusti Efi Marthala, yuk kita simak bersama!

Rumah Adat Sumatera Barat dan 4 Fakta Uniknya

1. Fungsi Rumah Gadang Selain Tempat Tinggal
Rumah Gadang bukan hanya tempat huni untuk masyarakat Minang. Selain itu, rumah tradisional asal Sumatera Barat ini biasa digunakan sebagai wadah untuk menyelenggarakan upacara adat, pertemuan keluarga, hingga menjadi tempat untuk merawat anggota keluarga yang sedang sakit. Rumah Gadang merupakan lambang identitas yang menggambarkan kehidupan suatu kaum dan juga merupakan pusat kehidupan dan kerukunan masyarakat setempat.
ADVERTISEMENT
2. Menjadi Rumah Kediaman Setelah Berumah Tangga
Kamu tahu tidak? Setelah menikah, lelaki akan tinggal di rumah pihak sang istri. Hal ini dikarenakan masyarakat Minangkabau menganut sistem matrilineal. Kamu pun tidak perlu heran jika Rumah Gadang dihuni oleh keluarga besar dimana terdapat generasi yang masih hidup mulai dari ibu hingga cucu.
3. Memiliki Ruang dalam Rumah yang Cukup Banyak
Ukuran Rumah Gadang dapat diukur menurut jumlah ruang. Biasanya dengan lima ruangan, Rumah Gadang tersebut masuk ke dalam ukuran rumah yang paling kecil. Untuk ukuran yang terbesar, terdapat sembilan ruang walaupun rumah yang memiliki ruangan dengan jumlah sembilan termasuk sedikit. Ukuran Rumah Gadang dengan jumlah ruangan ini juga memiliki hubungan dengan banyaknya anggota keluarga yang tinggal di rumah tradisional asal Sumatera Barat ini.
ADVERTISEMENT
4. Merupakan Rumah Panggung Persegi Panjang
Rumah Gadang termasuk ke dalam rumah panggung, karena memiliki jarak antara tanah dan permukaan lantai sekitar satu sampai dua meter. Jarak tersebut kemudian dinamakan dengan kolong rumah. Bentuk dari rumah ini adalah persegi panjang saat dilihat dari depan karena tiang-tiang Rumah Gadang ini tersusun dari kiri dan kanan sehingga membentuk ruang persegi.
Nah bagaimana, unik sekali bukan ke empat fakta rumah adat Sumatera Barat yang satu ini?
(SYA)