Food & Travel
·
15 April 2021 20:44

Simak Pengertian Ragam Hias dan Pola Ragam Hias Khas Nusantara, Yuk

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Simak Pengertian Ragam Hias dan Pola Ragam Hias Khas Nusantara, Yuk (238617)
Ilustrasi Ragam Hias. Foto: Jayshree Sharma/Unsplash
Pengertian Ragam hias dapat diartikan sebagai sebuah bentuk teknik dalam seni rupa yang mampu untuk mempercantik benda yang kita buat agar menjadi lebih menarik dan memiliki nilai. Mengutip buku Simbol Kearifan Lokal: Ragam Hias pada Media Kertas (2017:3-7), ragam hias sesungguhnya amat dekat dengan kita dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Hasil akhir dari ragam hias akan dibuat pada banyak benda yang dapat memperindah ruangan dan benda lain yang ada di sekitar kita. Sebab, ragam hias juga berperan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan keindahan.
Di Indonesia sendiri, ragam hias telah menginspirasi nenek moyang kita dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi bagian budaya dan juga kepercayaan. Hasilnya, setiap suku dan daerah memiliki ragam hias mereka sendiri yang kemudian menjadi identitas serta ciri khas masyarakat daerah tersebut.

Pola Ragam Hias

  1. Pola ragam hias flora
Simak Pengertian Ragam Hias dan Pola Ragam Hias Khas Nusantara, Yuk (238618)
Ilustrasi pola ragam hias flora. Foto: Jean Philppe Delberghe/Unsplash
Pola ragam hias flora merupakan pengulangan motif bunga yang memiliki susunan serta unsur yang sama untuk membentuk pola simetris baik dalam bentuk, warna, dan juga proporsi.
Pola ragam hias flora juga dapat memiliki motif bunga dan juga daun, namun susunananya berbeda dari sisi bentuk, warna dan ukuran.
ADVERTISEMENT
  1. Pola ragam hias fauna
Simak Pengertian Ragam Hias dan Pola Ragam Hias Khas Nusantara, Yuk (238619)
Ilustrasi pola ragam hias fauna. Foto: Boris Smokrovic/Unsplash
Pola ragam hias fauna biasanya memiliki motif burung dan juga kuda.
Untuk motif burung, dasar motifnya memiliki pola dan ritme yang simetris karena memiliki sistem pengulangan yang sama. Berbeda dengan motif burung, pola ragam hias kuda bersifat asimetris dimana pola susunan baik dari sisi atas, bawah, kanan, maupun kiri tidaklah sama.
  1. Pola ragam hias motif geometris
Simak Pengertian Ragam Hias dan Pola Ragam Hias Khas Nusantara, Yuk (238620)
Ilustrasi pola ragam hias geometris. Foto: Mario Cruz/Unsplash
Dalam motif ini, ada pola yang simetris dan asimetris. Ada pengulangan garis naik turun yang memberikan irama statis dan ada juga garis tinggi dan rendah yang berbeda untuk memberi kesan asimetris.
  1. Pola ragam hias figuratif
Simak Pengertian Ragam Hias dan Pola Ragam Hias Khas Nusantara, Yuk (238621)
Ilustrasi pola ragam hias figuratif. Foto: Content Pixie/Unsplash
Motif figuratif memiliki kesamaan pola pada bagian kiri, kanan, atas, dan bawah yang teratur sehingga menciptakan pola yang simetris dan ritme yang statis, baik dari ukuran, bentuk, maupun warna.
ADVERTISEMENT
(SYA)