Tempat Wisata di Bandung, 3 Jalan Ikonik Ini Wajib Disambangi

Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
3 Juni 2021 5:28
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat Wisata di Bandung, 3 Jalan Ikonik Ini Wajib Disambangi (45857)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jalan ikonik sebagai salah satu tempat wisata di Bandung. Foto: Sander Dalhuisen/pexels
Tempat wisata di Bandung biasanya sangat erat dengan wisata alam, wisata kuliner hingga wisata sejarahnya. Bisa dijamin, seluruh destinasi liburan dari a-z bisa kamu temukan di kota yang selalu ramai ketika musim liburan tiba ini.
ADVERTISEMENT
Namun, tahukah kamu bahwa Kota Bandung ternayata juga memiliki beberapa jalan ikonik? Di sana para wisatawan bisa berwisata sekaligus menyusuri tata letak kota, lho!
Penasaran? Berikut tempat wisata di Bandung berupa 3 jalan ikonik yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke kota wisata yang satu ini!

1. Jalan Asia Afrika Bandung

Tempat Wisata di Bandung, 3 Jalan Ikonik Ini Wajib Disambangi (45858)
zoom-in-whitePerbesar
Jalan Asia Afrika sebagai pilihan tempat wisata di Bandung. Sumber: Prokopim Bandung
Familiar dengan kalimat “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum” yang banyak kamu temui sebagai salah satu latar foto favorit di media sosial, terutama instagram?
Nah, ungkapan kalimat di atas adalah salah satu daya tarik khas yang bisa ditemukan di Jalan Asia Afrika. Daya tarik lain yang ada pada jalan ikonik satu ini adalah pesona bangunan art deco klasik yang lagi-lagi mengikat para pemburu spot foto instagramable ketika sedang berlibur ke Kota Bandung.
Tempat Wisata di Bandung, 3 Jalan Ikonik Ini Wajib Disambangi (45859)
zoom-in-whitePerbesar
Jalan Asia Afrika sebagai pilihan tempat wisata di Bandung. Sumber: Bandung Smart City
Tapi lebih dari spot foto terkenal, dilansir melalui smartcity.bandung.go.id, Jalan Asia Afrika ternyata merupakan sebuah jalan bersejarah yang dibangun sejak zaman pemerintahan Daendels.
ADVERTISEMENT
Dahulu, jalan ini memiliki nama Groote Postweg atau Jalan Raya Pos. Nama julukan tersebut lahir karena terdapat sebuah bangunan peninggalan zaman Belanda yang berfungsi sebagai kantor pos besar. Hingga saat inipun, fungsi dari kantor pos tersebut tak berubah.
Nama jalan yang saat ini bernama Jalan Asia Afrika diambil dari penyelenggaraan Konfrensi Asia Afrika yang berlangsung pada tanggal 18 hingga 24 April tahun 1955.
Jalanan yang ada di Bandung ini juga disebut sebagai titik nol kilometer karena merupakan awal dari perkembangan kota yang dijuluki sebagai Paris Van Java ini.

2. Jalan Braga Bandung

Tempat Wisata di Bandung, 3 Jalan Ikonik Ini Wajib Disambangi (45860)
zoom-in-whitePerbesar
Jalan Braga sebagai pilihan tempat wisata di Bandung. Sumber: Portal Informasi Indonesia
Tak kalah ikonik, Jalan Braga juga menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang begitu digandrungi, sehingga tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung.
ADVERTISEMENT
Melansir Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Jalan Braga menjadi kawasan favorit karena wisatawan dapat merasakan pengalaman berlibur berharga. Wisatawan bisa menikmati bangunan haritage bergaya art deco, berwisata kuliner di Braga Permai yang merupakan tempat makan legendaris tertua di Kota Bandung, berbelanja di pusat souvenir kerajinan terkenal bernama Toko Sin Sin, dan berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang.
Wah, pantas saja ya jalanan satu ini menjadi destinasi wisata wajib bagi para wisatawan yang datang ke Kota Bandung!

3. Jalan Cihampelas Bandung

Tempat Wisata di Bandung, 3 Jalan Ikonik Ini Wajib Disambangi (45861)
zoom-in-whitePerbesar
JSky Walk Jalan Cihampelas sebagai pilihan tempat wisata di Bandung. Sumber: Prokopim Kota Bandung
Jalan Cihampelas adalah satu satu jalan raya tersibuk yang ada di Kota Bandung. Bahkan, dilansir melalui laman jabarprov.go.id, pada tahun 2016 lalu, Pemkot Bandung telah membangun sky walk sebagai upaya memperlancar lalu lintas di jalan ini.
ADVERTISEMENT
Keberadaan Teras Cihampelas pada sky walk yang punya desain cantik dan canggih ini, menurut Prokopim Kota Bandung membuat teras ini menjadi salah satu lokasi hang out favorit para anak muda yang bahkan telah diapresiasi oleh Presiden Joko Widodo.
Selain itu, banyaknya lokasi wisata kuliner hits di jalan ini juga menjadi daya tarik tersendiri.
Nah, itu dia tadi 3 jalan ikonik yang bisa jadi pilihan rekomendasi tempat wisata di Bandung. Duh, membayangkan berjalan-jalan di ketiga jalan tersebut saja sudah membuat hati bahagia. Setuju kan?
(SYA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020