Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi Pelancong

Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
31 Agustus 2022 17:53
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cirebon. Foto: Ervan Sugian/ Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Cirebon. Foto: Ervan Sugian/ Unsplash
Cirebon merupakan kota yang memiliki banyak wisata alam dan wisata sejarah. Wisata alam di Cirebon didominasi oleh telaga atau sungai, hal tersebut karena secara geografis, kota ini berbatasan dengan Sungai Kedung Pane di sebelah utara, Sungai Banjir Kanal di sebelah barat, Sungai Kalijaga di sebelah Selatan, dan Laut Jawa di sebelah Timur.
Dikutip dari laman cirebonkota.go.id, di kota Cirebon mengalir empat sungai ke seluruh wilayah. Empat sungai tersebut adalah Sungai Kedung Pane, Sungai Sukalila, Sungai Kesunean (Kriyan) dan Sungai Kalijaga. Jadi, kalau butuh wisata air, kamu enggak akan menyesal ke Cirebon.
Sementara wisata sejarah di Cirebon biasanya berkaitan dengan sejarah Cirebon sebagai kota berdirinya Kerajaan Islam. Hal tersebut karena kota ini memiliki pelabuhan Muara Jati, yang menjadi pusat aktivitas perdagangan antar-kota. Kerajaan Islam Cirebon terkenal dengan Raja yang bergelar Cakrabuana.

Tempat Wisata di Cirebon

Berikut tempat wisata di Cirebon yang wajib dikunjungi wisatawan, mulai dari telaga hingga wisata sejarah.

1. Telaga Nilem

Telaga Nilem. Foto: Website disparbud.jabarprov.go.id
zoom-in-whitePerbesar
Telaga Nilem. Foto: Website disparbud.jabarprov.go.id
Jika kamu senang dengan wisata telaga yang airnya jernih, maka Telaga Nilem adalah lokasi yang tepat untukmu. Wisata ini terletak di Desa Keduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat.
Air di telaga ini sebening kaca sehingga siapa pun bisa melihat ikan-ikan berenang di dasar telaga. Selain itu, pengunjung juga disajikan oleh panorama pepohonan yang hijau. Suasana di sini begitu asri dan tenang.
Terdapat sejumlah fasilitas yang juga menunjang kenyamanan wisatawan di sini, jadi jangan ragu untuk mengajak keluarga atau teman untuk healing di tempat ini.

3. Pantai Kejawanan

Ilustrasi Pantai Kejawanan Cirebon. Foto: Rahmat Zumarli/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pantai Kejawanan Cirebon. Foto: Rahmat Zumarli/Unsplash
Wisata pantai Kejawanan adalah wisata murah meriah di Kota Cirebon, tapi pemandangannya mahal. Saat hari cerah, kamu bisa memandang Gunung Ciremai yang megah dari pantai ini.
Untuk menikmati keindahan pantai Kejawanan, kamu bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi area pantai ini. Harga sewanya dibanderol mulai dari Rp15.000 hingga Rp20.000.
Pantai Kejawanan berlokasi di Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Di bibir pantai ini, kamu bisa bersantai sambil menikmati kuliner yang tersedia. Ada banyak spot foto menarik juga lho di tempat wisata ini.

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto: Website petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id
zoom-in-whitePerbesar
Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto: Website petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id
Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan salah satu peninggalan kerajaan di masa lalu di Cirebon. Dikutip dari laman petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id, Keraton Kasepuhan ini didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa perkembangan Islam sekitar tahun 1529.
Keraton Kasepuhan merupakan perluasan dari keraton tertua di Cirebon, yakni Keraton Pakungwati. Keraton Pakungwati sendiri dibangun oleh Pangeran Cakrabuana (Putera Raja Pajajaran) pada 1452.
Sekarang Keraton Kesepuhan menjadi objek wisata unggulan di Cirebon. Lokasinya ada di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Obyek wisata ini bisa kamu kunjungi dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.
Di Keraton Kasepuhan kamu bisa menemukan museum yang berisi barang peninggalan sejarah Kesultanan terdahulu. Pecinta sejarah jangan sampai melewatkan tempat wisata ini.

4. Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi. Foto: Website disparbud.jabarprov.go.id
zoom-in-whitePerbesar
Gua Sunyaragi. Foto: Website disparbud.jabarprov.go.id
Gua Sunyaragi merupakan situs cagar alam yang memiliki luas sekitar 15 hektar. Gua ini dulunya menjadi lokasi untuk bermeditasi hingga olah kanuragan bagi para pembesar kerajaan dan prajurit keraton.
Gua Sunyaragi sebenarnya bukanlah gua alam, melainkan gua artificial. Dikutip dari laman cirebonkota.go.id, Gua Sunyaragi didirikan sejak 1488 Saka atau tahun 1526 M oleh Panembahan Gusti Ratu Pakungwati I atau PM Muhammda Arifin II.
Kini Gua Sunyaragi menjadi salah satu tempat wisata sejarah andalan di Cirebon. Beredar mitos bahwa siapa pun yang datang ke tempat ini akan mendapatkan jodohnya. Seru banget, kan?
Tapi kalau kamu tidak percaya mitos, kamu bisa tetap mengunjungi wisata ini karena terdapat banyak wahana seru, seperti sepeda gantung, flying fox, dan balon terbang. Yuk, kunjungi Goa Sunyaragi di Kesambi, Kota Cirebon.
Nah, itulah wisata di Cirebon yang bisa kamu nikmati selama masa liburan.
(ADS)
Keraton Kasepuhan dibuat tahun berapa?
chevron-down
Sungai apa saja yang ada di Cirebon?
chevron-down
Di mana Telaga Nilem?
chevron-down