Tempat Wisata di Tawangmangu, Seru Buat Liburan Bareng Keluarga

Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
3 Januari 2023 9:36
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat Wisata di Tawangmangu. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Tawangmangu adalah sebuah kecamatan yang berada di lereng barat Gunung Lawu, tepatnya dalam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kalau kamu mencari tempat wisata yang didominasi keindahan alam, jangan ragu buat ke Tawangmangu!
ADVERTISEMENT
Hampir seluruh tempat wisata di Tawangmangu sudah difasilitasi, sehingga nyaman untuk pengunjung. Jadi, jangan khawatir untuk mengajak keluarga atau teman untuk liburan dengan di Tawangmangu.

Tempat Wisata di Tawangmangu

Yuk, simak tempat wisata di Tawangmangu ada apa aja. Jangan lupa ajak keluarga buat liburan di sini!

1. Cemoro Kandang

Cemoro Kandang adalah tempat awal pemberangkatan wisatawan saat ingin ke Gunung Lawu. Letaknya ada di Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
Namun, Cemoro Kandang bukan tempat pemberangkatan biasa. Di sini kamu bisa nongkrong bareng teman sambil mempersiapkan diri sebelum mendaki.
Ada banyak macam kuliner yang bisa kamu nikmati di Cemoro Kandang. Salah satu yang paling disukai adalah sate kelinci yang enak.
Di Cemoro Kandang yang berudara dingin, kamu juga bisa menikmati secangkir kopi atau teh hangat.
ADVERTISEMENT

2. Lawu Park

Ilustrasi Lawu Park. Foto: Pixabay
Lawu Park berada di kaki Gunung Lawu, alamatnya adalah di Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
Sebab terletak di kaki gunung, Lawu Park tentunya menawarkan udara yang sejuk dan keindahan alam yang memukau. Tersedia pula beragam fasilitas, wahana, serta konsep wisata alam yang menghibur.
Lawu Park terbagi menjadi 2 kawasan, yakni Lawu Park 1 dan Lawu Park 2. Masing-masing kawasan punya wisata tersendiri yang unik.
Kelebihan lainnya adalah Lawu Park juga menyediakan penginapan yang nyaman dan tenang. Buat wisatawan yang datang dari luar kota, penginapan ini pilihan yang pas banget.

3. Taman Wisata Balekambang

Taman Wisata Balekambang terletak di lereng Gunung Lawu. Alamat lengkapnya adalah Jl Balaikambang, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
Taman wisata ini kekinian banget dengan konsep taman serasa di luar negeri. Ada banyak ikon kota terkenal di dunia yang hadir di taman ini.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa berfoto-foto dengan puas, karena spot-nya Instagramable banget. Taman Wisata Balekambang juga dilengkapi dengan wisata air, lho!

4. Air Terjun Pringgodani

Ilustrasi Air Terjun Pringgodani. Foto: Pixabay
Buat yang suka wisata air, kamu harus kunjungi Air Terjun Pringgodani. Letaknya di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
Air Terjun Pringgodani ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter lebih, dengan 2 tingkatan. Airnya jernih dan arusnya deras.
Air Terjun Pringgodani termasuk salah satu kawasan yang dikeramatkan dan dihormati penganut aliran kepercayaan tertentu. Oleh karena itu, para pengunjung harus menjaga etika dan sopan santun, serta menghargai nilai yang diyakini oleh masyarakat sekitar.

5. Air Terjun Kedung Sriti

Ilustrasi Air Terjun Kedung Sriti. Foto: Pixabay
Terakhir, ada Air Terju Kedung Sriti yang asri dan sejuk banget. Ketinggian air terjun ini diperkirakan sekitar 10 meter, airnya jernih dengan deras.
ADVERTISEMENT
Letak air terjun ini ada di antara Dusun Pancot Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar Desa Tengklik Kecamatan Tawangmangu. Pemandangannya indah banget dan udaranya sejuk!
Namun, untuk menikmati pemandangan indah itu, kamu harus bercapek-capek terlebih dahulu menyusuri jalan setapak. Di sisi jalan setapak itu ada jurang, jadi berhati-hati, ya!
Itulah sejumlah tempat wisata di Tawangmangu yang bisa kamu kunjungi bareng keluarga atau teman. Selamat liburan!
(DEL)