Food & Travel
·
15 April 2021 17:53

Yuk, Mengenal Pola Lantai Tari Piring yang Merupakan Kesenian Khas Minangkabau

Konten ini diproduksi oleh Viral Food Travel
Yuk, Mengenal Pola Lantai Tari Piring yang Merupakan Kesenian Khas Minangkabau (105319)
Tari Piring. Sumber: Platform Kebudayaan Kemendikbud
Pola lantai tari piring merupakan salah satu aspek yang penting dan wajib untuk diperhatikan. Terutama ketika akan menampilkan tarian yang selalu hadir pada setiap acara resmi masyarakat Minangkabau seperti upacara adat, pernikahan, pagelaran seni, dan banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Tarian yang dikenal sampai mancanegara ini memiliki pola yang harus diikuti oleh para penarinya. Pola lantai merupakan pola garis lintasan lantai yang mengatur bagaimana pergerakan dan perpindahan para penari ketika sedang menampilkan tari piring, agar menghasilkan gerakan yang rapi dan indah.
Enam Pola Tari Piring
Yuk, Mengenal Pola Lantai Tari Piring yang Merupakan Kesenian Khas Minangkabau (105320)
Penampilan Tari Piring. Sumber: Wikimedia Commons
Ada enam pola lantai yang digunakan dalam tari piring. Ada pola vertikal, pola horizontal, pola spiral, pola lingkaran besar, pola lingkaran kecil, dan juga pola berbaris.
Pada pola vertikal, penari akan bergantian dalam bergerak maju dan mundur mengikuti alunan lagu. Lalu pada pola horizontal, penari akan memindahkan tubuhnya ke samping. Pola spiral sendiri digunakan untuk memberikan kesan lembut yang menggunakan lebih dari satu garis lingkaran.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, para penari yang memegang piring di tangannya akan membentuk dua pola lingkaran, yaitu pola lingkaran besar dan kecil, yang pada akhirnya akan membentuk satu garis lurus di akhir pertunjukan tari piring.
Dilansir dari platform kebudayaan milik Kemendikbud, penari yang menggunakan pola tari piring biasanya ditampilkan dengan jumlah ganjil. Ada tiga sampai tujuh penari yang menarikan tarian yang memiliki nama lain tari piriang ini. Jangan salah, tari piring tidak hanya ditampilkan oleh perempuan saja, namun juga para laki-laki.
Gerakan Tari Piring
Yuk, Mengenal Pola Lantai Tari Piring yang Merupakan Kesenian Khas Minangkabau (105321)
Pertunjukan Tari Piring. Sumber: Wikipedia Commons
Untuk mendukung pola dalam tarian, tari piring juga memiliki sekitar 20 gerakan. Wah, banyak sekali, ya! Di antara gerakan tersebut ada gerak mencangkul, gerak menyiang, gerak menyemai, gerak mencabut benih, bertanam, menyabit padi, mengambil padi, manggampo padi, menganginkan padi, mengirik padi, menumbuk padi, gotong royong, dan menampih padi dan banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Gerakan tari piring memang seperti menggambarkan pertanian karena pada awalnya tarian ini merupakan tarian rasa syukur untuk hasil panen yang melimpah.
Nah bagaimana, tertarik mempelajari pola lantai tari piring beserta gerakannya?
(SYA)