• 1

USER STORY

The Power of Networking

The Power of Networking


Wanderlust Indonesia sebagai sebuah social business percaya bahwa di era millennial ini slogan "The Power of Netowrking" itu sangat hebat pengaruhnya. Kolaborasi dan menjalin kerjasama dengan pihak lain yang satu visi pasti akan membuahkan hasil yang berdampak positif bagi masyarakat atau komunitas terkait. Wanderlust sadar betul bahwa sebagai generasi Y kita punya peran penting di masyarakat dan dengan metode kolaborasi dalam kegiatan aktivitas apapun pasti akan memberikan dampak yang lebih besar pula. Tendensi generasi muda saat ini lebih kepada membangun konektivitas antar sesama komunitas atau individu yang mempunyai akses untuk menuju perubahan misalnya saja kolaborasi Wanderlust dengan Waste4Change ataupun AIESEC President University. Berkaitan dengan hal tersebut, Wanderlust Indonesia ingin memberikan beberapa alasan kenapa Kekuatan dari Networking itu sangat hebat.
1. Kita Belajar Negosiasi

Pic 1. | Doc : Wanderlust Indonesia bersama peserta Exchange AIESEC President Univ.
Membuka diri sebagai organisasi atau usaha bisnis yang fleksibel dalam hal menambah koneksi, Wanderlust Indoensia sering mendapat undangan untuk mengisi acara seperti yang ada di gambar 1. Wanderlust Indonesia diundang oleh AIESEC President University untuk mengisi acara sharing session bersama Exchange Participants Winter Season di Jababeka Kampus President University pada 17 Januari 2017 kemarin. Selama kegiatan sharing session ini, kita diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentan how traveling can bring changes dan how to be a teacher and prepare presentation. Hal yang paling penting dalam berdiskusi adalah kemampuan komunikasi. Apalagi jika partner/rekan kita berasal dari negara lain maka sudah menjadi kewajiban untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi global.
2. Menambah Pengetahuan untuk Pemecahan Masalah

Pic 2. | Doc : Wanderlust Indonesia bersama peserta Workshop UnLtd di DBS Building
Membuka diri untuk menjadi lebih open terhadap tawaran kolaborasi dan partnership akan sangat menguntungkan karena kamu akan bertemu banyak orang dengan karakter yang berbeda dan bisa menginspirasi kamu untuk lebih baik lagi pastinya. Wanderlust hadir dalam acara workshop tentang How to write and pitch your idea oleh UnLtd. Melalui kegiatan ini banyak sekali hal yang dapat dipelajari, salah satunya bagaimana cara menulis ide kreatif untuk selanjutnya direalisasikan dalam sebuah bisnis sosial. Selain mendapatkan pengetahuan baru dari para mentor, Wanderlust juga mendapatkan networking baru melalui kegiatan tersebut.
3. Potensi Dampak Solusi Lebih Besar

Pic 3. | Doc : Wanderlust Indonesia bersama peserta Wise With Waste kolaborasi dengan Waste4Change
Wanderlust Indonesia mengadakan salah satu kegiatan Weekend Series yang bertema Sampah dengan judul acara Wise With Waste dilaksanakan di Bekasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para peserta untuk lebih aware terhadap sampah dan paling tidak mengurangi penggunaan plastik yang non-reusable. Wanderlust percaya if you want to change the habit, you have to change your mindset sehingga melalui kegiatan ini dan melihat langsung kondisi di lapangan, Wanderlust berharap akan memberikan dampak positif bagi para peserta kegiatan.
4. Menambah Koneksi dengan Komunitas

Pic 4. | Doc : Wanderlust Indonesia bersama Yayasan Rumah Anak Pesisir Muara Angke (YRAP).
Wanderlust Indonesia bersilaturahmi ke YRAP, salah satu komunitas pendidikan yang peduli terjadap anak anak di area Muara Angke Jakarta Utara. Selain fokus terhadap sektor pariwisata, Wanderlust juga fokus dengan kegiatan - kegiatan sosial. Wanderlust percaya dengan menggaet komunitas atau NGO maka perubahan yang ingin dicapai akan lebih luas cakupan dampaknya. Bersama dengan YRAP, Wanderlust melakukan diskusi tentang bagaimana kondisi YRAP dan peran YRAP dalam memberikan akses kepada anak - anak nelayan di Muara Angke untuk mendapat pengetahuan lain di luar sekolah.
5. Pertemuan Yang Tak Terduga

Pic 5. | Doc : Wanderlust Indonesia bersama Kang Didi (Kiri Belakang) dan Rifqy (Kanan Belakang)
Kunjungan Wanderlust Indonesia ke Bandung dalam rangka observasi lokasi Coffee Tourism memberikan kesan yang sangat berarti. Kang Didi (a Coffee Lover)mempertemukan Wanderlust dengan Rifqy, penerima beasiswa Master di salah satu PTN Favorit di Indonesia dan disaat yang sama kami berdiskusi tentang beasiswa untuk jenjang S2. Menarik bukan?!
Itulah beberapa alasan kenapa networking itu sangat penting dan informasi ini berdasarkan pengalaman Wanderlust selama melakukan kolaborasi dan networking dengan pihak - pihak terkait. Jadi tidak ada salahnya membuka diri untuk berkolaborasi dengan individu atau komunitas yang mampu memberikan pengaruh positif bagi kita dan masyarakat.

500

Baca Lainnya