kumparan
17 Mei 2018 19:48 WIB

2 Terduga Teroris di Sumbertaman Siap Jadi ‘Pengantin’

Probolinggo (wartabromo.com) – Tiga terduga teroris tertangkap di Perumahan Sumber Taman Indah (STI) Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Dua dari tiga terduga teroris ternyata sudah dipersiapkan menjadi pengantin teror.
ADVERTISEMENT
Suasana jalan Taman Puspa Indah Perumahan STI Kelurahan Sumber Taman, pascadidatangi puluhan pasukan Densus 88 Antiteror sepi. Rumah IS, terduga teroris, di jalan ini tampak kosong dan tertutup rapat seperti seperti tak berpenghuni.
Sedangkan di sebelahnya adalah rumah terduga teroris berinisial HA, juga tertutup rapat dan tidak ada aktifitas dari penghuninya. Di ujung jalan terdapat sebuah masjid dan sekolah taman kanak-kanak yang diduga sering digunakan untuk acara pengajian oleh para terduga teroris.
Kondisinya pun sama, tidak ada aktifitas di tempat tersebut. Hal yang sama juga terlihat di rumah terduga teroris berinisial MF, yang berada di jalan Taman Tirta 4, sekitar 300 meter dari lokasi ini.
Di mata tetangga, keluarga terduga teroris IS dan HA dikenal cukup baik. Istri para terduga teroris tersebut juga berinteraksi seperti ibu rumah tangga lainnya. “Ke saya juga biasa menyapa. Anak saya juga sekolah di sana dan tidak pernah mendapat ajaran radikal,” ujar Yani, yang rumahnya bersebelahan dengan rumah IS.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hasil interogasi polisi, MF diketahui merupakan amir atau pimpinan kelompok terduga teroris Probolinggo. Rencananya, IS dan MF sudah disiapkan menjadi pengantin dalam melaksanakan amaliah. Sementara HA disiapkan menjadi amir, jika MF tewas dalam aksinya.“Ya dua dari tiga terduga teroris tersebut, sudah siap menjadi pengantin dalam sebuah aksi.
Namun, kami belum mengetahui di mana mereka akan beraksi. Yang pasti mereka terkait dengan sejumlah aksi teror di Surabaya dan Sidoarjo,” kata Kapolresta Probolinggo AKBP. Alfian Nurrizal.
Tiga terduga teroris ini, merupakan jaringan Dita, pelaku pengeboman gereja Santa Maria Tak Tercela di Surabaya. Kini ketiganya berada di Mapolda Jatim guna dimintai keterangan terkait keterlibatannya dalam sejumlah aksi terorisme.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan