Pencarian populer

Heboh Ajakan Simulasi CAT CPNS 2019

Masyarakat Indonesia sempat dihebohkan ajakan simulasi online tes CPNS 2019. Salah satu akun Instagram disebut-sebut telah menyalahgunakan momen perekrutan CPNS.
ADVERTISEMENT
Hal itu mengemuka setelah akun Instagram resmi milik BKN, @bkngoidofficial memposting pernyataan, agar tetap berhati-hati kepada pihak-pihak tak bertanggung jawab.
“Sobat BKN, hati-hati terhadap pihak yang mengaku mengetahui soal CONS dan menggelar simulasi/tryout dengan bekerjasama dengan BKN. Karena apabila ada simulasi CAT, BKN akan memberikan info resmi melalui website dan media sosial resmi,” tulis akun Instagram resmi BKN.
Simulasi CAT (Computer Assisted Test) inipun mengundang reaksi netizen yang merasa ‘tertipu’ dengan akun Instagram @cpnsindonesia.id.
Sebelumnya, akun itu mengunggah ajakan untuk mengikuti tryout nasional CPNS 2019. Kegiatan ini diselenggarakan secara gratis dan dibuka untuk umum.
Ada beberapa ketentuan yang harus diikuti. Mulai dari mengikuti Instagram @cpnsindonesia.id, menandai 3 teman di komentar, mengunggah Instagram story, hingga upload 3 syarat di www.infocpns.id.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, calon peserta tryout CPNS juga masih harus melengkapi beberapa persyaratan, seperti nama, akun Instagram, alamat email, asal kampus, jurusan pendidikan, hingga wilayah tempat tinggal.
Setelah mengikuti semua rule yang ditentukan, peserta akan mendapat kode tryout.
Hal inipun mengundang reaksi warga negara +62. Beberapa persyaratan yang diajukan itu, dinilai terlalu privasi.
“Waah, syaratnya mencurigakan,” tulis salah satu akun di kolom komentar unggahan @cpnsindonesia.id.
Kegaduhan di jagad maya tak terhindarkan, sampai akhirnya BKN merilis imbauan tetap waspada menjelang pembukaan CPNS 2019.
Tak berselang lama, @cpnsindonesia.id memberikan klarifikasi kesimpangsiuran informasi yang beredar. Akun itu menampik semua tuduhan yang terkesan menyudutkannya.
“Hari Sabtu kita semua buktikan ya kak, kita emang gak kerjasama sama bon atau lembaga apapun. Ditunggu hari Sabtu ya kak, semoga segala cacian ke mimin hari ini terbayar di hari sabtu nanti, pengerjaan tryout CPNS nya jam 19.00 WIB,” tulisnya dalam Instagram story.
ADVERTISEMENT
Terkait informasi data pribadi, @cpnsindonesia.id menyebutkan, data-data itu akan digunakan untuk merangking hasil tryout secara nasional.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86