Pencarian populer
USER STORY
9 April 2018 16:00 WIB
..
..
Ajak Anak Eksplorasi Rambu Lalu Lintas saat Bosan di Perjalanan
Ilustrasi anak di kursi belakang mobil (Foto: YouTube/Talus Organizers)
“Ma, masih jauh ya perjalanan kita? Berapa lama lagi sih kita akan tiba?”
Mungkin, bukan sekali dua kali kita mendapatkan pertanyaan seperti itu dari anak-anak. Mereka sudah tidak sabar lagi untuk sampai di tujuan. Musik kesukaan sudah diputar, camilan sudah dibuka, main teka-teki, mereka sudah tahu semua jawabannya. Apa lagi ya?
Ah! Sekalian saja mengajak mereka mengenali rambu-rambu penanda arah! Bukankah dengan demikian mereka secara langsung belajar peta dan geografi secara konkret?
Pernah mengajak anak memperhatikan rambu penanda berwarna hijau ini? Apa artinya bila ada tiga, bahkan lima nama tempat yang tercantum dalam satu rambu? Apa maksudnya bila ada tiga tempat yang disebutkan dengan arah tanda panah yang sama?
(photo oleh Deasy Andriani)
Coba minta anak mengartikan dan memprediksi, mana yang akan mereka capai lebih dahulu?
Ternyata, selain tanda panah, cara urutan penulisan nama tempat di rambu hijau itu ada maksudnya lho. Arah yang paling dekat dari posisi kendaraan ditempatkan paling atas. Yang lebih jauh akan ditempatkan setelahnya.
(photo oleh Edwan Harry)
Mudah kan? Apalagi, rambu berwarna hijau itu sering ditemukan.
Ayo kita beri pertanyaan yang lebih menantang.
Coba tebak, bagaimana cara membaca tonggak penanda arah dan jarak ini? Ada tiga singkatan masing-masing dengan tiga huruf, dan ada angka di bawah salah satu singkatan.
(Photo oleh Wira Pranata Hanjoko)
Tonggak penanda arah ini berusia lebih tua dari penanda arah berwarna hijau. Letaknya di tepi jalan, dan ditempatkan setiap satu kilometer. Tiga huruf tersebut merupakan singkatan dari kota tujuan, sedangkan angka yang tercantum di bawah salah satu singkatan mengartikan jumlah jarak yang harus ditempuh dari posisi kendaraan.
Yang menarik juga, tanda panah di rambu berwarna hijau menunjukkan arah ke kiri atau ke kanan di depan kendaraan, sedangkan, bidang miring yang ada di tonggak menunjukkan tujuan di depan dan di belakang kendaraan kita. Nah, seandainya tonggak itu ada di sebelah kiri kendaraan kita, maka kota apa yang ada di depan kendaraan? Kalau begitu, kota apa yang ada di belakang kendaraan? Asyik kan?
Kalau sudah tiba di kota tertentu, apa dong yang menjadi penandanya? Di mana ya titik tengah kota yang menjadi patokan untuk pengukuran jarak ke tempat lainnya.
(Photo oleh Hendra Setia Pradjasa)
Penanda ini sering disebut sebagai Tugu Km 0. Pernah tahu penanda seperti ini ada di mana di kota Anda? Ayo, kunjungi bersama!
Bila rambu berwarna hijau sering kita temui, ada satu rambu berukuran lebih kecil dan berwarna coklat yang menjadi favorit saya! Rambu itu menunjukkan tempat yang biasanya ramai dikunjungi pada hari libur. Anak-anak juga pasti suka tempat-tempat yang ditunjukkan rambu tersebut. Ayo, rambu apa ya?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: