Pencarian populer
USER STORY
29 April 2018 19:38 WIB
..
..
Tekno & Sains

Dan Bebatuanpun Mengajari Kita

Bangsa Indonesia banyak mengenal legenda mengenai terjadinya gunung. Konon gunung Tangkuban Perahu terjadi karena Sangkuriang murka waktunya membuat perahu habis. Bangsa kita juga mengenal banyak legenda gempa, terjadinya danau, kisah di balik munculnya pulau. Pulau Kunti, di Ciletuh, Sukabumi sudah berusia jutaan tahun. Konon, Dewi Kunti, ibunda dari Arjuna bersemedi di dasar lautan demi memohon agar perkataannya mengenai Drupadi tidak terjadi. Menurut cerita, doanya terkabul ketika ia muncul dari dalam laut dalam bentuk pulau.

(Pulau Kunti, Ciletuh, Sukabumi. Photo diambil tanggal 22 April 2018)

Gunung, danau, daratan, lautan bukan saja merupakan sumber dari banyak legenda. Bagian bumi tersebut juga sudah kita pelajari sejak Sekolah Dasar. Dalam pelajaran ilmu Pengetahuan Alam, ada ruang lingkup Bumi dan Tata Surya (BTS), sementara di pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial BTS ini sangat terkait erat dengan sumber daya alam (lapisan bumi, tambang, gas alam dan banyak lagi) dan profesi-profesi yang terkait.

Ada yang pernah menonton film Ice Age? Film itu mengisahkan tentang bagaimana daratan es yang sangat besar tiba-tiba mencair sehingga binatang-binatang harus bermigrasi. Cerita ini tentu merupakan fiksi. Tapi, kisah tentang meletusnya sebuah gunung, yang kemudian nyaris menghancurkan kehidupan di muka bumi terjadi di Indonesia, lho. Lebih dari 74.000 tahun yang lalu Gunung Toba meletus dan lahirlah danau Toba. Penasaran? Coba saja berselancar di internet dan gunakan kata kunci Gunung Toba.

(photo kiriman Roynaldo Purba).

Di Ciletuh Geopark, Sukabumi, kita bisa belajar sekali bukti-bukti ilmiah pembentukan bumi. Ada batuan mesolitikum, yang artinya, terjadi sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu.

(batu berwarna kehijauan ini sudah berusia sekitar sepuluh ribu tahun)

Di sana juga kita dapat melihat bukti-bukti bagaimana letusan cairan bumi yang sangat panas tiba-tiba bertemu dengan air yang dalam jumlah besar. Bayangkan, cairan tersebut langsung membeku. Analogi yang mungkin terlalu sederhana dapat kita temui dalam proses pembuatan cendol. Cairan tapioka yang panas disaring dan ditampung air es.

(bebatuan yang terbentuk dari cairan bumi yang panas terkena cairan yang dingin)

Di Ciletuh juga ada bebatuan berwarna oranye kemerahan, yang sepertinya lunak dan mudah dihancurkan bagian luarnya. Ternyata, bagian yang terlihat rapuh tersebut bukanlah bagian dari batuan. Rupanya ada air hujan dan tanah dari tebing yang mengendap di atas batu merah yang keras. Karenanya, lapisan yang menempel tadipun “kena lunturan” dari batuan tersebut. Menarik ya?

(Sisi batu yang kanan berwarna merah keoranyean. Warna itulah yang melunturi lapisan tanah lunak di atasnya)

Kalau kita mau cermat dan mengamati bebatuan di sekeliling kita, maka kita juga akan mendapati bebatuan yang seakan-akan dilukis dengan cermat dan indah. Coba perhatikan lempengan batu yang ada di dalam laut ini.

(warna dan goresan-goresan yang membentuk grafis batu secara alami)

Jadi, mengajar dan belajar secara tematik terintegrasi sangatlah mudah. Belajar secara utuh dapat dimulai dari sejak sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Asal kita mau mengamati sekeliling kita, menggali sumber-sumber yang ilmiah, dan mengumpulkan cerita-cerita legenda, kita tidak akan pernah kekurangan bahan. Ada banyak juga cita-cita mulia yang dapat kita bagikan kepada generasi muda. Negeri ini mengundang generasi muda untuk menjadi ahli geologi, ahli gunung, ahli lautan, ahli geodesi, ahli iklim, ahli serangga, ahli fauna. Negeri ini sudah menyediakan laboratorium alam yang luar biasa.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: