Pencarian populer
USER STORY
18 Maret 2019 22:35 WIB
..
..

5 Makanan Indonesia yang Mirip dengan Makanan Thailand

Thailand dan Indonesia merupakan negara yang sama-sama terletak di wilayah Asia Tenggara, sehingga memiliki kesamaan nilai dan seni budaya. Begitu pula halnya dengan makanan. Indonesia dan Thailand memiliki kemiripan dalam rasa makanan khas masing-masing. Thailand memiliki jenis makanan yang cenderung homogen di seluruh wilayahnya, sementara Indonesia memiliki jenis makanan khas yang lebih beragam. Yang membedakan makanan Thailand di tiap provinsi adalah tingkat keasaman rasa makanan tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Thailand menyukai rasa asam pada makanan mereka seperti misalnya tom yam. Semakin ke arah selatan, semakin asam rasa makanannya, walaupun jenisnya tetap sama. Di Indonesia, setiap provinsi memiliki makanan khas yang berbeda dari provinsi lainnya. Kita bisa menemukan makanan yang rasanya manis seperti di daerah Jawa dan yang pedas asin seperti di Sumatera Barat.

Berikut beberapa makanan Indonesia yang mirip dengan makanan Thailand:

  1. Nasi Goreng

Kiri: Nasi Goreng khas Indonesia (Sumber: Shutterstock picture by Hywit Dimyadi), Kanan: Nasi Goreng Tom Yam atau Khao Pad Tom Yam (Sumber: Shtterstock picture by Buntoon Rodseng)

Hampir semua negara memiliki menu nasi goreng termasuk Indonesia dan Thailand. Nasi goreng seringkali dicampur dengan ayam, sea food, ataupun daging sapi, dan lain-lain. Namun,ciri khas nasi goreng dari Thailand adalah nasi goreng dengan saus tom yam yang dalam bahasa Thailandnya khao pad tom yam (nasi goreng tom yam). Nasi goreng ini terasa lebih asam. Masyarakat Thailand juga suka menyuguhkan hampir seluruh makanan dengan jeruk nipis di pinggir piring.

  1. Gulai Ayam Hijau

Kiri: Ayam Sambal Hijau khas Sumatera Barat Indonesia (Sumber: Shutterstock, Picture by Matthew Oldfield), Kanan: Gulai Ayam Hijau atau Gang Keow Wan khas Thailand (Sumber: Shutterstock, picture by Kiattipong)

Thailand memiliki makanan khas gulai ayam hijau yang rasanya menyerupai gulai ayam, namun berwarna hijau karena menggunakan cabai hijau. Gulai ayam hijau yang rasanya cukup pedas ini juga dilengkapi dengan terong bulat dan irisan cabai. Di Indonesia lebih tepatnya daerah Minang (Sumatra barat) mereka juga mempunyai masakan ayam cabai hijau, yang membedakan antara kedua makanan ini adalah, di Indonesia lebih terasa cabai hijaunya sedangkan pada hidangan Thailand hijaunya berasal dari kuahnya yang berwarna hijau.

  1. Sup Daging

Kiri: Mie Kocok khas Bandung (Sumber: Shutterstock, Picture by Ariyani Tedjo), Kanan: Sup Mie Daging dengan Bakso khas Thailand atau disebut juga Kuay Teaw Nua(Sumber: Shutterstock, Picture by Artpritsadee)

Apakah anda pecinta Daging? Jika ya, maka anda harus mencoba salah satu hidangan Thailand yang terkenal yaitu sup daging. Sup ini disajikan dengan kuah panas dan irisan daging juga mi. Makanan ini disajikan dengan daun ketumbar yang menghasilkan bau khas yang dapat menggugah selera. Di Indonesia sup daging seperti ini lebih mirip seperti mi kocok bandung, dimana potongan daging disematkan dengan mi. Kedua makanan ini juga mempunyai bentuk yang hampir serupa.

  1. Gulai Ayam Massaman

Kiri: Gulai Ayam khas Sumatera Barat Indonesia (Sumber: Shutterstock picture by Ryan Wijaya Tan), Kanan: Gulai Ayam Massaman atau Massaman Gaeng Kai khas Thailand (Sumber: Shutterstock picture by Waraphong Yuhun)

Massaman kai adalah salah satu masakan gulai seperti gulai ayam, yang sudah dikenal sejak abad 17. Kai berarti ayam, sehingga massaman kai adalah gulai ayam. Makanan ini disajikan dengan potongan ayam, potongan kentang, potongan kapulaga, kayu manis, kembang lawing atau pekak, jintan putih, daun salam, dan pala. Masakan ini biasanya dinikmati dengan nasi. Rasa yang kaya akan rempah akan menciptakan sensasi yang sulit untuk dilupakan. Di Indonesia massaman kai ini sangat mirip rasanya dengan masakan gulai ayam dari Sumatera Barat.

  1. Tumis Kangkung

Kiri: Plecing Kangkung khas Indonesia (Sumber: Shutterstock picture by Aris Setya), Kanan: Tumis Kangkung atau Pad Pak Boong Fai Daeng khas Thailand (Sumber: Shutterstock picture by Raksapon)

Masakan ini merupakan salah satu jenis masakan yang tercepat dalam proses pemasakannya karena biasanya masakan ini dimasak kurang dari 5 menit. Jenis masakan ini juga merupakan salah satu jenis masakan yang termudah untuk dibuatnya. Terbuat dari bahan utama sayuran daun dan batang kangkung, atau di Indonesia lebih dikenal dengan plecing kangkung. Masakan ini juga dimasak bersamaan dengan irisan cabai merah dan irisan bawang putih dimasak dengan sedikit air. Masakan ini sangat cocok jika dipadukan sebagai sayur pada saat menikmati sepiring nasi putih dan lauk lainnya. Plecing kangkung ini di Thailand sangat mirip dari rasa dan cara memasaknya dengan tumis kangkung di Thailand yang dikenal dengan nama Pad Pak Boong Fai Daeng.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: