Restoran Karen's Diner Menuai Banyak Kritikan dan Dianggap Tidak Ramah

Widyasmara Trimas
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY
Konten dari Pengguna
5 Januari 2023 14:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Widyasmara Trimas tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : instagram @bengkelburger
zoom-in-whitePerbesar
sumber : instagram @bengkelburger
ADVERTISEMENT
Sebuah restoran Australia yang memiliki tempat berkonsep restoran Amerika dan sekarang membuka cabang pertamanya di Jakarta, Indonesia sejak 15 Desember 2022. Karen’s Diner membuka cabang di Indonesia yang berkolaborasi dengan Bengkel Burger. Restoran ini beralamatkan di Jalan Panglima Polim IX No.15, RW 6, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Karen’s Diner sudah terkenal di seluruh dunia karena memiliki konsep yang berbeda dengan restoran lainnya, konsep dari Karen's Diner adalah dengan melayani pelanggan secara kasar dan mengharap ada balasan khusus dari pelanggan, maka pelayanan yang diberikan kepada pelanggan sangat tidak ramah, itu adalah konsep yang dimiliki Karen’s Diner. Dengan membuka cabang pertamanya di Indonesia membuat banyak netizen Indonesia yang mengkritik di sosial media tentang pelayanan yang diberikan oleh Karen’s Diner karena dianggap tidak sesuai etika yang ada di Indonesia.
Etika pelayanan di Indonesia sendiri diantaranya sikap dan perilaku pelayan kepada pelanggan yang harus memperhatikan semua pelanggan dengan sikap yang menolong dan peduli terhadap kebutuhan pelanggan. Sangat berbanding terbalik dengan konsep Karen's Diner yang memiliki pelayanan kasar. Adanya Karen's Diner di Indonesia menyebabkan orang-orang Indonesia memiliki culture shock dengan adanya restoran terebut. Padahal Karen’s Diner memang terkenal dengan pelayanannya yang tidak ramah dan itu membuat orang tertarik atau penasaran untuk mengunjungi restoran tersebut.
ADVERTISEMENT
Karen’s Diner juga menegaskan bahwa pelanggan dibawah 16 tahun harap untuk didampingi orang dewasa, dikarenakan kata-kata yang digunakan dalam pelayanannya termasuk ke dalam kata-kata kasar, sikap dari pelayan Karen’s Diner juga tidak ramah.
Seperti salah satu postingan TikTok milik @emilmario69 yang menunjukan bagaimana situasi yang terjadi ketika di Karen’s Diner dan di dalam video tersebut menunjukan bagaimana sikap pelayan yang judes dan kasar. Pelayan di Karen’s Diner sempat berteriak, duduk di atas meja hingga ngebentak pelanggan. Disisi lain jika kita mengetahui bagaimana konsep Karen’s Diner maka akan terasa seru untuk menikmati makanan dan pelayanan yang diberikan oleh Karen’s Diner. Dengan demikian restoran ini diperuntukan bagi orang-orang yang tidak baperan dan paham bagaimana konsep Karen’s Diner.
ADVERTISEMENT
Dengan konsep Karen’s Diner yang memiliki pelayanan kasar tentunya Karen’s Diner juga memiliki peraturan yang ditujukan kepada pelanggan, diantara lain tidak boleh untuk rasis, tidak body shaming, tidak ada pelecehan seksual, tidak boleh merusak fasilitas dan tidak boleh membuang makanan/minuman. Peraturan tersebut dipasang di depan restoran yang bertujuan ketika pelanggan hendak masuk restoran pelanggan diharuskan untuk membaca peraturan terlebih dahulu. Salah satu postingan yang disematkan pada akun Instagram @bengkelburger juga menjelaskan tentang peraturan dan peringatan yang ditujukan kepada pelanggan yang hendak mengunjungi Karen’s Diner.
Hangatnya perbincangan di sosial media mengenai Karen’s Diner yang akhirnya menjadi viral menjadikan Karen’s Diner sebagai budaya populer, karena budaya popular sendiri memiliki makna budaya yang diminati masyarakat. Karen’s Diner telah berhasil untuk diminati masyarakat, buktinya Karen’s Diner sempat ramai dan trending di twitter dikarenakan konsep yang diterapkan pada restoran tersebut menjadikan orang-orang yang mengunjungi tempat tersebut memiliki pengalaman baru, walaupun Karen’s Diner menuai banyak kritikan dari netizen Indonesia tetapi orang-orang juga penasaran untuk mengunjungi restoran tersebut yang membuat antrian di restoran tersebut membludak. Dengan demikian, jika ingin mengunjungi Karen’s Diner tersebut untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Ramainya orang-orang yang minat untuk mengunjungi Karen’s Diner dengan tujuan ingin merasakan hal yang baru, orang-orang pastinya akan mencari tau bagaimana konsep dari Karen’s Diner. Dengan mencari tau informasi tentang Karen’s Diner, orang-orang akan mengetahui konsep asli dari Karen’s Diner dan ketika mengunjungi restoran tersebut mereka sudah tau apa yang harus dilakukan.