kumparan
search-gray
Bisnis25 April 2017 15:31

1 Mei, Terminal 3 Bandara Soetta Layani Rute Penerbangan Internasional

Konten Redaksi kumparan
Terminal 3 Internasional Bandara Soetta
Terminal 3 Internasional Bandara Soetta. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)
Operator Bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) telah siap mengoperasikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta guna melayani rute penerbangan internasional. Kebijakan ini mulai berlaku pada 1 Mei 2017 mendatang.
ADVERTISEMENT
Penerbangan perdana internasional yang dilayani Terminal 3 Bandara Soetta adalah Garuda Indonesia GA 824 rute Jakarta-Singapura yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 1 Mei 2017 pukul 06.10 WIB.
"Seluruh penumpang pesawat GA 824 dapat langsung menuju Terminal 3 untuk memproses keberangkatan minimal 2 jam sebelum jadwal penerbangan tersebut," ujar Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura ll (Persero) Djoko Murjatmodjo saat menjumpai media, di kantor pusat AP II, Komplek Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (25/4).
Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura ll.
Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura ll. (Foto: Novan Nurul Alam/kumparan)
Dengan dioperasikannya Terminal 3 tersebut, sekaligus menandakan perpindahan seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3, dari sebelumnya di Terminal 2.
Menurut Djoko, bangunan yang akan dioperasikan untuk penerbangan internasional baru sebatas main building atau bagian tengah bangunan. Sementara, untuk Pier 1 belum dioperasikan. Oleh karena itu, Gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak 6 gate yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10.
ADVERTISEMENT
"Gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak 6 gate yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Kami menilai ini cukup karena baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional,” sebutnya.
Di tempat yang sama, Direktur Layanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe mengaku siap untuk memindahkan seluruh penerbangan Garuda rute internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soetta.
"Sisi Internal kamu sudah berkordinasi dengan semua stakeholder, AP II, Airnav dan sebagainya untuk simulasi, kami sendiri sudah melakukan persiapan flow aircrew, flow penumpang mulai dari chek in, sampai ke gate disiapkan dengan baik, dan kesiapan semaksimal mungkin 99 persen kesiapannya," jelasnya.