News
·
2 Desember 2017 12:21

Dukuh Atas di Masa Depan yang Akan Menjadi TOD Terbesar di Jakarta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Dukuh Atas di Masa Depan yang Akan Menjadi TOD Terbesar di Jakarta (148662)
Konsep TOD di Dukuh Atas (Foto: Dok. Istimewa)
Pemerintah saat ini tengah mengembangkan konsep Transit Oriented Development (TOD). TOD ini disusun untuk menjamin hak semua orang dalam mengakses kota.
ADVERTISEMENT
Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sudah membuat desain kawasan Dukuh Atas yang akan menjadi TOD terbesar di Jakarta. Dukuh Atas nantinya akan terkoneksi dengan 5 moda transportasi yaitu Kereta Commuter Line Jabodetabek, Bus TransJakarta, Kereta Bandara, LRT (Light Rapid Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit).
Dukuh Atas di Masa Depan yang Akan Menjadi TOD Terbesar di Jakarta (148663)
Konsep TOD di Dukuh Atas (Foto: Dok. Istimewa)
"Dia itu kan untuk gerakan program perkotaan. Dukuh Atas itu TOD terbesar di Jakarta. Ada LRT Jabodebek, LRT Jakarta, MRT, Kereta Bandara, KRL Jabodetabek dan TransJakarta," ungkap Anggota Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (2/12).
Menurut Djoko, BPTJ telah menyusun 2 (dua) konsep fasilitas integrasi/TOD di Dukuh Atas. Konsep pertama adalah fasilitas integrasi berupa sky bridge berbentuk lingkaran di atas jalan Sudirman yang menghubungkan Stasiun Kereta Commuter Line, Halte BRT TransJakarta, Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun LRT dan Stasiun MRT.
Dukuh Atas di Masa Depan yang Akan Menjadi TOD Terbesar di Jakarta (148664)
Konsep TOD di Dukuh Atas (Foto: Dok. Istimewa)
Sedangkan konsep kedua adalah fasilitas integrasi berupa bangunan dengan konsep TOD yang tidak hanya menghubungkan simpul angkutan umum massal tetapi juga menghubungkan gedung-gedung perkantoran dan komersial yang terdapat di sekitarnya. Pada bangunan tersebut akan terdapat kawasan komersial (pusat perbelanjaan, restoran, hiburan, dan lain-lain), Kawasan Terbuka Hijau, dan kawasan perkantoran.
ADVERTISEMENT
"Jadi konsepnya melingkar," ucapnya.
Grand design TOD di Dukuh Atas kini telah dirancang oleh PT MRT Jakarta. Operator MRT ini akan membangun kawasan terintegrasi yang di dalamnya terdapat pusat perkantoran, hotel, convenience store, fashion, ATM, food & beverage hingga tempat tinggal murah di Dukuh Atas.