News
·
13 Juni 2017 10:04

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Setelah Dinyatakan Lulus SBMPTN

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Setelah Dinyatakan Lulus SBMPTN (118848)
Ujian SBMPTN. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 hanya tinggal menunggu hitungan jam. Pada pukul 14.00 WIB nanti pengumuman hasil peserta yang lulus SBMPTN akan diumumkan lewat berbagai situs, termasuk di kumparan (kumparan.com).
ADVERTISEMENT
Bagi para peserta yang lulus nanti, harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan.
Berdasarkan Keputusan Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Pergaulan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2017 Nomor 10/Kep.Panpus/2017 Tentang Peserta Lulus SBMPTN 2017, diumumkan bahwa:
1. Status penerimaan peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan, akan ditentukan berdasarkan hasil verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat peserta SNMPTN diterima.
2. Kehadiran pada saat registrasi (daftar ulang) pada tanggal 16 Mei 2017 menentukan proses verifikasi dan status penerimaan SNMPTN sebagai mahasiswa PTN.
ADVERTISEMENT
3. Setelah peserta SNMPTN dinyatakan lolos verifikasi, maka status peserta SNMPTN ditetapkan diterima sebagai mahasiswa di PTN tujuan tersebut.
4. Bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh. Berikut daftarnya:
- Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
- Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
- Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2017, tanpa harus membayar biaya seleksi.
- Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2017, dapat menggunakan KAP dan PIN (yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2017, tanpa harus membayar biaya seleksi.
ADVERTISEMENT
- Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2017 dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2017, maka calon peserta harus memperoleh KAP dan PIN baru melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Selanjutnya, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2017 melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN baru untuk memperoleh slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2017 ke Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN.
5. Syarat ketentuan registrasi (daftar ulang) harus dilihat di website PTN tujuan masing-masing.
Di luar apa yang tertera dalam keputusan panitia tersebut, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan:
1. Cetak Bukti Kelulusan
Setelah lulus, kamu harus segera cetak bukti kelulusan. Untuk daftar ulang atau masa orientasi mahasiswa baru, bukti kelulusan merupakan salah satu syarat kelengkapan.
ADVERTISEMENT
2. Siapkan Dokumen Registrasi
Setelah dinyatakan lulus SBMPTN dan kamu dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri idamanmu, hal selanjutnya yang kamu akan lakukan adalah daftar ulang. Karenanya, siapkan dokumen lengkap untuk memenuhi persyaratan saat registrasi.
Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk dibawa saat daftar ulang. Berikut daftarnya:
- Kartu tanda peserta SBMPTN
- STTB asli atau STK (Surat Tanda Kelulusan) asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi
- Fotokopi Akte Kelahiran
- Kartu keluarga
- Pas foto terakhir
- Surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima
- Surat perjanjian orangtua (format disediakan kampus)
- Bukti kelulusan di SBMPTN
7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Setelah Dinyatakan Lulus SBMPTN (118849)
Pelaksanaan SBMPTN 2017 (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
ADVERTISEMENT