• 0

USER STORY

Kemasan Makanan

Kemasan Makanan


Pada umumnya, ada berbagai jenis kemasan berdasarkan struktur yang tediri dari kemasan yang membungkus langsung barang/pembungkus utama, kemasan yang mewadahi pembungkus utama, dan kemasan yang menyimpan pengiriman/kemasan sebagai pelindung saat pengangkutan. Kemasan yang diproduksi Yogyakartas cenderung memiliki fungsi sebagai wadah pembungkus utama dan sebagai pelindung saat pengangkutan barang. Berbagai kemasan kardus telah di produksi oleh Yogyakartas.com Kemasan yang pernah dipesan diantaranya kemasan untuk keperluan makanan seperti pizza, kue, keripik, dsb. Ada juga untuk keperluan membungkus aneka produk fashion, clothing, batik, jaket, kaos, dan masih banyak lagi. Tidak menutup kemungkinan untuk kemasan barang lainnya. Peran Kemasan dan Pengemasan Kemasan memiliki peran penting bagi pengembangan usaha anda. Ada beberapa peran kemasan yang perlu anda pahami.
1. Proteksi Dalam memasarkan produk, anda perlu menggunakan kemasan sebagai pelindung. Apa jadinya jika produk anda tidak dikemas?. Produk yang anda jual bisa saja mengalami kerusakan. Produk yang sudah terlanjur rusak, harga jualnya akan menurun dan tentunya membuat kecewa para konsumen. Produk makanan dan obat-obatan misalnya, sangat wajib bagi penjual untuk mengemasnya. Kemasan akan melindungi produk dari kuman dan bakteri.
2. Informasi Selain melindungi produk, kemasan juga berperan sebagai wadah bagi penjual untuk menyampaikan informasi seputar produk yang dijual. Informasi yang diberikan menyesuaikan, tergantung kategori produknya. Namun, secara umum informasi yang ditampilkan di kemasan memuat logo, brand, komposisi, dan informasi customer service.
3. Ergonomi Membuat kemasan tidak boleh asal-asalan. Perlu mempertimbangkan aspek ergonomic, agar kemasan yang digunakan nyaman untuk konsumen. Artinya kemasan memberikan kemudahan bagi konsumen saat dibawa atau disimpan. Kemasan harus dibuat senyaman mungkin, tidak membuat konsumen kerepotan memakai.
4. Identitas Setiap produk harus mempunyai kemasan yang unik dan memiliki pembeda diantara yang lain. Buatlah identitas produk anda melalui logo dan warna yang menarik. Logo sangat penting dibuat, karena itu merepresentasikan brand. Selain logo, warna juga menjadi pembeda varian produk yang stau dengan yang lain.
5. Pendistribusian Barang-barang yang akan dijual membutuhkan proses yang panjang untuk bisa sampai ke tangan konsumen. Setelah selesai produksi, barang-barang biasanya disimpan di gudang, kemudian dimasukkan ke mobil untuk didistribusikan. Nah, untuk mengurangi resiko kerusakan dan tidak mudah tercecer, penjual perlu membuat kemasan yang bisa melindungi produk. Peran kemasan cukup signifikan saat produk mulai dipajang di etalase toko.
6. Estetika Fungsi estetika mulai bermain saat barang hasil produksi dipajang di etalase toko. Pada saat itu, konsumen memilih barang dengan berbagai pertimbangan, salah satunya kemasan yang unik dan menarik. Untuk itu, penjual perlu membuat kemasan yang melibatkan unsur estetika demi menarik konsumen agar mau membeli.


presentation
500

Baca Lainnya