Pencarian populer
USER STORY
21 Agustus 2018 22:11 WIB
5
0

4 Destinasi Wisata yang Instagramable di Atambua

Layaknya pulau-pulau lain di gugusan kepulauan Sunda Kecil, Pulau Timor juga memiliki keindahan yang tak kalah dari pulau-pulau tetangganya seperti Lombok, Komodo, Rinca, atau Padar yang sudah lebih dahulu terkenal. Pulau Timor yang sejak tahun 2000 terbagi menjadi Timor Lorasae di wilayah Timur dan Timor Barat yang masuk wilayah Indonesia di bagian barat juga memiliki topografi dan vegetasi yang mirip dengan pulau tetangganya.

Bukit-bukit dengan tumbuhan perdu dan vegetasi yang menyerupai daerah sabana ini menjadi daya tarik utama bagi para pendatang ke pulau ini. Selain kebudayaannya, pulau ini juga memiliki kain tenun yang indah. Inilah beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke tapal batas negeri ini.

1. Pantai Tua Messe

Pantai ini terletak sekitar 2 jam dari Kota Atambua. Pantainya masih sangat bersih dan masih sepi dari wisatawan, suasana seperti itu membuat kalian betah berlama-lama tanpa diganggu orang lain. Selain itu, tidak seperti pantai-pantai di tempat lain, di Pantai Tua Messe ini didominasi tanaman palem bukan tanaman kelapa. Suasana seperti ini tentu saja akan membuat kalian merasa sedang tidak berada di Indonesia.

2. Bukit Tua Messe

Tidak berapa jauh dari Pantai Tua Messe, kalian dapat menemukan Bukit Tua Messe. Bukit ini memiliki pemandangan yang sangat memesona. Kalian akan melihat bentangan laut biru di sebelah barat serta yang menjadi objek selfie utama di bukit ini adalah hamparan tambak udang dan bandeng yang sangat luas.

Jika kita berdiri di atas Bukit Tua Messe maka terpampang pemandangan tambak yang luas menyerupai laut dengan bukit-bukit layaknya pulau-pulau. Keindahan dari atas bukit ini tidak kalah dari panorama di Pulau Padar ataupun Pulau Rinca.

3. Pos Lintas Batas Negara Motaain

Lokasi ini merupakan tempat wajib lainnya yang harus kalian kunjungi jika berkesempatan datang ke Atambua. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain ini diresmikan pada tahun 2016 dan sejak saat itu, lokasi ini menjadi salah satu lokasi selfie masyarakat sekitar ataupun pengunjung.

Keunikannya apa? Selain bangunan megah dengan ciri arsitektur lokal, kalian dapat berfoto-foto di garis batas negara antara Indonesia dan Timor Timur. Batas kedua negara berada tepat di jembatan di atas sungai yang memisahkan kedua wilayah.

4. Pantai Motaain

Tak berapa jauh dari Pos Lintas Batas Negara Motaain, terdapat pantai yang indah. Di lokasi inilah biasanya penduduk sekitar melaksanakan upacara bendera dan di sini pulalah Joni sang heroik cilik sempat viral lantaran keberaniannya memanjat tiang bendera saat upacara 17 Agustusan. Pantai ini berbatasan dengan Timor Timur dan sama seperti lokasi-lokasi wisata lainnya di Atambua. Pantai ini juga masih belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32