Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia

Mahasiswi Pascasarjana Kajian Wilayah Eropa, Sekolah Kajian Global dan Stratejik, Universitas Indonesia
Konten dari Pengguna
23 Maret 2021 15:03
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Yovita Yiwananda Yamin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bonjour!
Pasti sudah tidak asing ya dengan sapaan dalam Bahasa Prancis ini. Ternyata ada beberapa kata Bahasa Prancis yang umum digunakan, bahkan menjadi bahasa sehari-hari, lho! Berikut ulasannya.
ADVERTISEMENT

1. Mayday (M’aider)

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43766)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Erwan Hesry on Unsplash
Sering kali mendengar ungkapan "mayday, mayday, mayday" di adegan film ketika seorang pilot pesawat sedang memberikan sinyal darurat? Yup! Kata Mayday berasal dari Bahasa Prancis yaitu Venez m'aider atau pendeknya M'aider yang berarti “tolong aku” dalam Bahasa Indonesia.
Kata ini berasal dari tahun 1920-an, seorang petugas radio senior di Bandara Croydon di London, Frederick Stanley Mockford, merupkan orang pertama yang menggunakan dan mengusulkan sinyal Mayday untuk menunjukkan situasi darurat. Mockford diminta oleh para seniornya untuk memikirkan sebuah kata yang menunjukkan kesusahan dan akan mudah dipahami oleh semua pilot dan staf darat selama keadaan darurat, karena pada saat itu terdapat banyak lalu lintas di bandara Croydon yang menuju ataupun datang dari Bandara Le Bourget di Paris.
ADVERTISEMENT

2. À la carte

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43767)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Sander Dalhuisen on Unsplash
Pasti pernah kan melihat menu di restoran cepat saji terdapat tulisan "À la carte" ? Kata ini merupakan praktik memesan hidangan satuan dari menu di restoran, sebagai lawan dari table d'hôte yaitu menu hidangan lengkap atau satu set yang ditawarkan. À la carte adalah kata serapan pada abad ke-19 dari Bahasa Prancis yang berarti "menurut menu".
Jika Anda memilih hidangan À la carte, berarti Anda memilih hidangan di luar dari daftar menu hidangan yang sudah satu set lengkap dengan harga yang sudah tetap.
Jadi jangan bingung lagi ya maksud dari À la carte!

3. RSVP (Répondez s'il vous plait)

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43768)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Debby Hudson on Unsplash
Nah, pasti tidak asing lagi dengan singkatan RSVP yang sering tercantum di bagian penutup surat. RSVP (Répondez s'il vous plait) yang berarti “mohon dibalas”, hukumnya adalah wajib untuk masyarakat Prancis memahami maksud dari RSVP.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 1800-an, kata itu diimpor ke dalam Bahasa Inggris oleh para sosialita dalam upaya mereka untuk mengejar keseragaman dan sampai saat ini kata RSVP telah digunakan hampir di seluruh dunia.
Setelah bagian RSVP biasanya terdapat kontak seseorang yang dapat kita hubungi, jadi ingat ya kalau ada tulisan RSVP di penutup surat, jangan lupa segera dibalas atau hubungi kontak yang tercantum di surat tersebut!

4. The Avant-garde

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43769)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Content Pixie on Unsplash
The Avant-garde, arti harfiah dalam Bahasa Prancis yaitu garda depan atau orang-orang berdiri di depan untuk menjaga keamanan. Belakangan ini, makna Avant-garde berkembang menjadi sebuah sebutan bagi para cendikiawan yang biasanya merupakan penulis, pelukis ataupun pelaku seniman lainnya yang menciptakan konsep baru atau eksperimental dalam karyanya.
ADVERTISEMENT
Ide dan gaya dari hasil karya The Avant-garde dinilai sangat orisinil dan modern dibandingkan dengan karya pada masa di mana mereka hidup. Beberapa contoh sosok dari mereka adalah Pablo Picasso, Andy Warhol dan Yayoi Kusama.

5. Sous-vide

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43770)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Jason Leung on Unsplash
Bagi yang suka memasak ataupun menonton cooking show di televisi, mungkin pernah dengar istilah Sous-vide yang merupakan teknik memasak dengan cara memasukkan bahan ke dalam kantong kedap udara lalu dimasak dengan suhu rendah dalam waktu yang panjang.
Teknik memasak Sous-vide pertama kali ditemukan oleh Count Rumford, seorang fisikawan yang banyak melakukan eksperimen dengan transfer panas. Pada tahun 1799, ia menciptakan mesin untuk mengeringkan kentang, lalu ia mencoba mesin tersebut untuk mengeringkan daging kambing, et voila! ternyata menghasilkan daging yang matang dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Di Prancis sendiri, teknik Sous-vide diaplikasikan di dapur komersial pada tahun 1974 oleh Georges Pralus yang merupakan koki di Restoran Troisgros, di Roanne, Prancis.
Pada saat itu, kepala koki restoran, Pierre Troisgros sedang mencari cara baru untuk menyiapkan foie gras (hati angsa), yang kehilangan hampir 50% beratnya ketika dimasak sebagai masakan tradisional. Dia meminta bantuan rekan chefnya Pralus, yang membungkus foie gras dengan plastik, dan dapat meminimalisir kehilangan beratnya hanya sekitar 5%.

6. Cul-de-sac

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43771)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Michaek Tuszynski on Unsplash
Arti harfiah Cul-de-sac dalam Bahasa Prancis adalah "bagian bawah tas", namun dalam Bahasa Inggris berartikan"jalan buntu", khususnya merupakan jalan dengan lingkaran untuk berputar di ujungnya. Anak-anak yang tinggal di jalan Cul-de-sac sangatlah beruntung karena memiliki tempat yang aman untuk mengendarai sepeda tanpa banyak lalu lintas yang padat.
ADVERTISEMENT
Belakangan ini, arti kata Cul-de-sac bahkan diperluas untuk mengaitkannya dengan karier atau bisnis yang tidak mengarah ke mana pun. Oleh karena itu, Cul-de-sac adalah bagian dari kelompok kecil kata-kata Prancis yang digunakan oleh penutur Bahasa Inggris.

7. Tennis (Tenez)

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43772)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Moises Alex on Unsplash
Seperti yang dijelaskan di Oxford English Dictionary, seorang ahli Bahasa dari Britania Raya, John Minsheu berpendapat bahwa kata Tennis berasal dari pola kata imperatif atau perintah dalam Bahasa Perancis yaitu Tenez, yang berarti "pegang", atau lebih tepatnya, "ambil, terima".
Pernyataan Minsheu didukung oleh karya Donato Velluti, Cronica di Firenze, yang menceritakan kisah sekitar 500 ksatria Prancis yang mengunjungi Florence pada tahun 1325, membawa peralatan untuk jeu de paume (sebutan permainan bola tangan di Prancis), yang mereka gunakan untuk bermain-main dengan pendeta. Seperti yang Velluti tulis, "Seorang pendeta Italia bermain sepanjang hari dengan mereka, dan saat ini adalah awal dari bagian bermain di tenes ini ."
ADVERTISEMENT

8. Déjà vu

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43773)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Victor Freitas on Unsplash
Setiap manusia pasti pernah mengalami fenomena Déjà vu, di mana seseorang merasakan suatu peristiwa yang sudah pernah dirasakan di masa lalu. Déjà vu berasal dari Bahasa Prancis yang artinya “sudah penah melihat”. Sebutan ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1876 oleh seorang filsuf dan ilmuwan asal Prancis yaitu Émile Boirac dalam bukunya yaitu L'Avenir des sciences psychiques atau The Future of Psychic Sciences. Menurut seorang peneliti bernama Arthur Funkhouser, ada tiga tipe utama déjà vu, yaitu Déjà vécu (sudah hidup), Déjà senti (sudah dirasakan) dan Déjà visité (sudah dikunjungi).
Dalam beberapa tahun terakhir, Déjà vu telah menjadi sasaran penelitian psikologis dan neurofisiologis yang serius. Secara penjelasan ilmiah, Déjà vu bukanlah sebuah prekognisi atau ramalan, tetapi lebih sebagai anomali ingatan ataupun kesan bahwa sebuah pengalaman sedang "diingat kembali". Hal ini mungkin terjadi akibat tumpang tindih antara sistem neurologis yang bertanggung jawab atas ingatan jangka pendek (peristiwa yang dianggap ada di masa sekarang) dan yang bertanggung jawab atas ingatan jangka panjang (peristiwa yang dianggap terjadi di masa lalu).
ADVERTISEMENT

9. Cliché

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43774)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Warren Wong on Unsplash
Cliché merupakan kata dari Bahasa Prancis yang artinya adalah "mengklik", kata ini muncul pada tahun 1825 dan berasal dari perdagangan percetakan. Klise secara harfiah merupakan gambaran negatif dalam film potret, namun seiring perubahan zaman, makna klise berkembang menjadi sebuah istilah untuk elemen dari sebuah karya artistik, ucapan, atau ide yang telah digunakan secara berlebihan hingga kehilangan makna atau efek aslinya, bahkan sampai menjadi basi.
Istilah ini sering digunakan dalam budaya modern untuk suatu tindakan atau gagasan yang diharapkan atau dapat diprediksi, berdasarkan peristiwa sebelumnya.

10. Rendez-vous

Mengenal 10 Kata dalam Bahasa Prancis yang Sering Digunakan di Dunia (43775)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by René Ranisch on Unsplash
Pada tahun 1590-an, Rendez-vous bermakna tempat berkumpulnya pasukan, dan sampai saat ini ahli taktik militer masih sering berbicara tentang "rendez-vous hari ini". Di sisi lain, Rendez-vous juga memiliki arti "bertemu" atau "berkencan", kata ini juga bisa dipakai untuk mengatakan pertemuan formal seperti bertemu dengan dokter atau pertemuan rekan kerja.
ADVERTISEMENT
Seiringnya waktu, kata ini sering digunakan sebagai nama kafe ataupun restoran. Jika ingin terlihat keren dan sangat Prancis, kita dapat menggunakan Rendez-vous sebagai kata kerja dalam Bahasa Inggris, seperti dalam kalimat "Let's rendez-vous next Saturday at the mall!" yang artinya "Yuk kita ketemu hari Sabtu depan di mal!"
Referensi
À la carte Definition. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/a-la-carte
Avant-garde Definition. Sumber asli: https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/avant-garde
Difeliciantonio, Justin. (2013, March 19). Tennis, The Word. Sumber asli: https://www.tennis.com/pro-game/2013/03/tennis-word/46831/
Francoeur, Martin. (2007, Juni 12). Des Mots Français Au Pays de Shakespeare. Sumber asli: https://l-express.ca/des-mots-francais-au-pays-de-shakespeare/#:~:text=Le%20mot%20%C2%ABcul%2Dde%2Dsac%C2%BB%20est%20form%C3%A9%20de,une%20de%20ses%20d%C3%A9finitions%20secondaires.&text=Alors%20%C2%ABcul%2Dde%2Dsac,sp%C3%A9cifiquement%20une%20rue%20sans%20issue.
Holland, Chris. (2020). A Complete Guide to the History & Origins of Sous Vide. Sumber asli: https://www.sousvidetools.com/toolshed/a-complete-guide-to-the-history-origins-of-sous-vide/
Le Monde. (2014, 12 Oktober). Le mot: "Cliché". Sumber asli: https://www.lemonde.fr/emploi/article/2014/10/12/le-mot-cliche_5995374_1698637.html
ADVERTISEMENT
Mint. (2019, Juli 26). How did Mayday come to be used as a distress call? Sumber asli: https://www.livemint.com/companies/news/how-did-mayday-come-to-be-used-as-a-distress-call-1564079662417.html
New World Encyclopedia. (2017, Oktober 4). Déjà vu. Sumber asli: https://www.newworldencyclopedia.org/entry/D%C3%A9j%C3%A0_vu
Paperless Post. (2020). What does RSVP mean? Sumber asli: https://www.paperlesspost.com/blog/what-does-rsvp-mean/
Rendez-vous Definition. Sumber asli: https://www.vocabulary.com/dictionary/rendezvous#:~:text=Rendezvous%20is%20a%20very%20French,date%20with%20friends%20a%20rendezvous.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020