Food & Travel
·
4 November 2020 10:17

Jelajah ke Gunung Merbabu

Konten ini diproduksi oleh Yuk Jelajah
Jelajah ke Gunung Merbabu (62732)
Puncak gunung Merbabu (Foto: Yuk Jelajah/Eka Rahmawati)
Bagi para penggiat alam bebas, gunung Merbabu sudah pasti tak asing lagi. Gunung berketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, keindahannya memang menakjubkan.
ADVERTISEMENT
Apalagi, jika sudah berada di area padang sabana yang sangat luas menuju puncak, panoramanya sangat indah. Hijaunya rerumputan, awan putih yang menghampar, bukit-bukit yang ditumbuhi cantigi, dan cantiknya pepohonan edelweiss menjadi pemandangan yang mengasyikkan.
Gunung yang berdiri kokoh ini berada di tiga wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Magelang, Boyolali dan Magelang, Jawa Tengah. Ada beberapa jalur pendakian menuju puncak Merbabu, ada jalur Selo, jalur Takelan, jalur Suwanting, jalur Wekas dan jalur Chuntel.
Jelajah ke Gunung Merbabu (62733)
Padang sabana gunung Merbabu (Foto: Yuk Jelajah/Eka Rahmawati)
Dari beberapa jalur yang ada, jalur Selo adalah jalur favorit bagi sebagaian besar para pendaki. Jalur Selo berada di Kecamatan Selo, Boyolali, dan base camp pendakian berada di Desa Genting.
Oh ya, ada beberapa pos pendakian yang biasa disinggahi jika mengambil start pendakian jalur Selo. ada Pos 1 (Dok Malang), Pos 2 (Pandean), Pos 3 (Watu Tulis), Pos 4 (Sabana 1), Pos 5 (sabana 2) dan lanjut menuju puncak gunug Merbabu.
Jelajah ke Gunung Merbabu (62734)
Berada di Pos 5 pendakian gunung Merbabu (Foto: Yuk Jelajah/Eka Rahmawati)
Gunung Merbabu memiliki tiga puncak, yaitu puncak Kenteng Songo yang berada di tengah (3.142 Mdpl), Triangulasi yang berada di kiri (3.142 Mdpl), dan puncak Syarif yang berada di kanan (3.119 Mdpl) biasanya pendaki memilih berada di puncak Kenteng Songo karena tepat berada di belakang gunung Merapi.
Jelajah ke Gunung Merbabu (62735)
Menjelajah keindahan gunung Merbabu (Foto: Yuk Jelajah/Eka Rahmawati)
Jelajah ke Gunung Merbabu (62736)
Berada di puncak gunung Merbabu (Foto: Yuk Jelajah/Eka Rahmawati)
Berada di ujung gunung Merbabu, tampak jelas terlihat panorama gunung Merapi yang indah. Hamparan awan tampak bergerak perlahan, mengelilingi gunung Merapi, sebuah pemandangan yang indah. Hamparan rumput menghijau di padang sabana, menambah cantiknya panorama Gunung Merbabu.
ADVERTISEMENT
(Yuk Jelajah/Jamal Mahfudz)