Edukasi Pencegahan & Peningkatan Awareness Masyarakat terhadap Ancaman Phishing

Yunita Islamawati
Mahasiswa S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro
Konten dari Pengguna
18 Februari 2024 1:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Yunita Islamawati tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mulur, Bendosari (26/01/2024) – Seiring dengan perkembangan zaman, tindak kriminal juga semakin merebak di seluruh dunia sehingga ancaman juga semakin banyak terjadi salah satunya melalui sosial media.
ADVERTISEMENT
Sosial media merupakan tempat dimana semua orang dapat berhubungan dari jarak jauh sekaligus menjadi tempat untuk mendapatkan informasi secara cepat. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang terjadinya kejahatan siber salah satunya phishing. Phishing dapat dikatakan sebagai suatu bentuk kegiatan yang bersifat mengancam atau menjebak seseorang dengan konsep memancing orang tersebut sehingga secara tidak langsung memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh sang penjebak.
Dalam sosial media, phishing bisa dilakukan dengan cara menjebak sang pengguna melalui link website yang begitu meyakinkan ataupun via email. Saat pengguna sedang lengah dan tidak sengaja meng-klik alamat tersebut, maka seluruh data yang ada di akunnya akan terbaca dan dicuri.
poster mengenai ancaman phishing dan cara pencegahannya
Berdasarkan permasalahan tersebut, Yunita Islamawati dari program studi Hubungan Internasional selaku mahasiswi KKN TIM I Undip berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Mulur untuk mencegah terjadinya pencurian data pribadi dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap ancaman phishing.
penyampaian edukasi kepada masyarakat Desa Mulur secara door-to-door
Program kerja yang dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Januari 2024 ini dilaksanakan dengan cara door-to-door dimana mahasiswi berkunjung ke beberapa rumah warga khususnya rumah-rumah yang sering menjadi pusat perkumpulan masyarakat Desa Mulur seperti RT, RW, warung atau toko kelontong hingga balai desa untuk menyampaikan edukasi terkait ancaman phising dan pencegahannya.
penyampaian edukasi kepada masyarakat Desa Mulur secara door-to-door
Di beberapa tempat seperti warung dan toko kelontong, terdapat beberapa warga yang sedang berkumpul sehingga proses penyampaian edukasi terkait ancaman phishing lebih interaktif. Setelah menyampaikan edukasi, mahasiswa dan beberapa warga terkait juga melakukan sharing session atas kejadian yang pernah dialami terutama yang terkait dengan kasus phishing.
penyampaian edukasi kepada masyarakat Desa Mulur secara door-to-door
Di sesi terakhir, mahasiswa memberikan poster berisi materi mengenai phishing tersebut kepada semua warga yang didatangi dan menempelkan poster tersebut ke tempat atau rumah yang sering menjadi tempat berkumpul mulai dari warung, toko kelontong hingga rumah Pak RT.
ADVERTISEMENT
Penulis : Yunita Islamawati - Mahasiswi S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
DPL : dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.Med, Ph.D
Lokasi KKN : Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo
KKN TIM 1 Universitas Diponegoro Tahun 2024