Skincare Lokal Berlomba Menjadikan Artis Korea Selatan BA Indonesia

Mahasiswa Institut Bisnis Nusantara
Konten dari Pengguna
16 Juni 2022 16:03
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Zahra Ainaiya tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Produk lokal  skincare  brand "Somethinc" berhasil menggandeng NCT Dream sebagai brand ambassador nya. Foto : Milik saya pribadi.
zoom-in-whitePerbesar
Produk lokal skincare brand "Somethinc" berhasil menggandeng NCT Dream sebagai brand ambassador nya. Foto : Milik saya pribadi.
ADVERTISEMENT
Jakarta - Penggunaan artis Korea Selatan sebagai star ambassador perawatan kulit (skincare), menjadi trend beberapa tahun terakhir menuai perdebatan di kalangan masyarakat lokal.
ADVERTISEMENT
Maraknya artis Korea Selatan yang menjadi brand ambassador di berbagai negara. Tak ketinggalan salah satunya, Indonesia. Saat ini skincare sangat diminati di berbagai kalangan yang mulai memperhatikan kesehatan wajah. Beberapa kali melihat produk skincare lokal menggunakan artis Korea Selatan sebagai star ambassador mereka, bisa dikatakan Korea Selatan adalah negara dengan produk kecantikan yang sangat baik. Selain itu yang menjadi alasan para pemilik produk lokal memercayai memakai brand ambassador luar adalah karena melihat konsumen pasar yang memang antusias dengan star ambassador yang mereka pilih. Sebagaimana ambassador marketing adalah sebuah penggunaan seseorang untuk merepresentasikan sebuah brand.
Berdasarkan analisis dari beberapa narasumber, banyak nya orang yang minat pada kebudayaan Korea Selatan di Indonesia, membuat perusahaan makin gencar pada target pasarnya. Namun, sepanjang jalan nya waktu, terjadi perdebatan dengan masyarakat lokal. Dikarenakan banyak nya produk skincare lokal yang saling berlomba memakai brand ambassador artis Korea Selatan. Teknik marketing yang dibuat seolah mendapat hadiah spesial gratis dari star ambassador produk tersebut.
ADVERTISEMENT
“Saya pakai skincare brand "Somethinc" karena memang merasa bagus dan cocok di kulit saya. Bukan hanya karena mendapatkan hadiah spesial gratis atau star ambassador nya itu artis Korea Selatan. Jujur saya sangat suka kebudayaan Korea Selatan, tetapi lebih mementingkan kualitas dari produk tersebut. Karena skincare bukan hal yang main-main takut muka rusak hehehe. Dimulai dari Rp.45.000 – 585.000,- dengan harga sekian dan kualitas nya yang bagus,” ujar Audrey saat bertemu di mall Plaza Indonesia sebagai salah satu pemakai brand sekaligus orang yang menyukai kebudayaan Korea, Kamis (26/5).
Produk lokal skincare "Somethinc" berhasil menggandeng NCT Dream sebagai brand ambassador nya. Sebagai produk skincare baru dan terbilang perusahaan yang baru merintis pada 2019 silam, bisa membangkitkan produk kecantikan lokal berdasarkan penjualan dan kualitasnya. Tidak dimungkiri banyak yang masih memperhatikan kualitas dari produk tersebut, sekalipun dia adalah seorang yang sangat menyukai kebudayaan Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana dengan orang-orang yang masih bertentangan terkait masalah penggunaan brand ambassador artis Indonesia yang lebih cocok untuk kulit orang Indonesia?
Korea Selatan itu punya standardisasi kecantikan tersendiri, meskipun terkadang menjadi perdebatan di negara lain. Tetapi standardisasi itu sendiri yang membuat Korea Selatan memiliki brand skincare yang cukup terkenal dan tak jarang juga wisatawan asing berkunjung hanya perawatan kecantikan saja. Artis dari brand ambassador Indonesia, terdapat kesempatan nya masing-masing. Sekarang juga banyak brand yang lebih terbuka dan bersifat nyata di sesuaikan dengan warna kulit yang beragam, bertekstur, berjerawat sekalipun yang kita butuhkan. Tentunya landasan awal mereka melihat dari keuntungan yang didapat. Tak jarang menggunakan artis Korea Selatan untuk meramaikan atau menjadikan brand ambassador produk mereka. Selama teknik marketing tidak menjatuhkan brand lain itu sah saja. Karena pada dasarnya setiap usaha apa pun ingin ada peningkatan yang baru.
ADVERTISEMENT
“Saya juga kalau bukan karena NCT Dream gak tahu ada brand "Somethinc”, ”ungkap jelas Putri sebagai seseorang yang menyukai kebudayaan Korea Selatan.
Hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya orang Indonesia atau orang luar sekalipun yang belum tahu brand tersebut jadi tahu setelah pakai star ambassador Korea Selatan. Dengan mereka yang awal nya membeli hanya mengejar hadiah spesial gratis yang dikeluarkan, setelah memakai produk tersebut mereka merasa cocok. Kekurangannya brand bisa menurunkan harga produk mereka sendiri dikarenakan tak sedikit juga yang hanya menginginkan hadiah spesial gratis nya saja.
Demikian, perdebatan ini bukan salah brand dan bukan salah pembeli juga. Karena setiap strategi marketing pasti ada kekurangan dan kelebihan. Intinya kita sebagai pembeli juga harus memilah, membeli apa yang kita butuhkan dan bisa tetap mendukung brand produk Indonesia.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·