Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.88.1
Konten dari Pengguna
Analisis Naskah Drama "Sangkuriang" Karya Angin Kamajaya
15 Desember 2022 16:10 WIB
Tulisan dari Zaid Abdillah Hafash tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Sebagaimana judul yang tertera di atas, disini penulis akan membahas mengenai karya sastra berupa drama. Tentu saja kalian sudah sering mendengar apa itu drama bukan? Namun, bagi teman-teman yang belum tahu, simak baik-baik ya. Jadi secara sederhana, drama merupakan salah satu jenis karya sastra yang dominan berisikan unsur-unsur kehidupan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, tak sedikit pula pengarang atau penulis yang memilih drama sebagai alat untuk mengutarakan segala macam pesan, keresahan, serta kritik mengenai kehidupan. Sama hal nya dengan karya sastra berupa Novel, dalam drama juga terdapat tokoh-tokoh yang berperan penting. Menurut Aminuddin (dalam Windasari, 2017:5) Tokoh yang memiliki peran penting dalam suatu cerita disebut dengan tokoh utama, sedangkan tokoh yang memiliki peranan yang tidak terlalu penting dikarenakan pemunculannya hanya untuk melengkapi juga sebagai pendukung pelaku dapat disebut sebagai tokoh tambahan.
ADVERTISEMENT
Disini penulis akan menganalisis sebuah naskah drama berjudul "Sangkuriang" naskah ini merupakan sebuah naskah drama karya Angin Kamajaya yang disusun untuk kebutuhan PENSI 2017, Phapros yang dimainkan oleh seluruh pegawai Phapros Pusat di Bandung. Naskah drama ini menceritakan tentang seorang tokoh bernama Sangkuriang mencintai dan ingin menikahi Ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Semua berawal ketika Sangkuriang yang saat itu masih remaja yang dipukul kepalanya dan diusir karena telah membunuh ayahnya, yaitu si Tumang, seorang pangeran yang menjelma menjadi seekor anjing. Namun, Sangkuriang yang tidak tahu mengenai hal itu tidak terima dituduh oleh Ibunya membunuh ayahnya, padahal ia hanya membunuh seekor anjing, itu pun ia lakukan demi menyelamatkan anjing tersebut. Hingga berlanjut ketika Sangkuriang dewasa, ia kembali bertemu dengan Dayang Sumbi namun dirinya tidak mengenali bahwa itu adalah Ibunya, dan bertekad untuk menikahinya.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana yang ada pada teori fiksi, tokoh dalam drama dapat dipahami dalam tiga dimensi, yakni fisiologis, sosiologis, dan psikologis. Dalam dimensi psikologis hal yang tercakup dapat meliputi mentalitas, ukuran moral, keinginan dan perasaan pribadi, sikap dan kelakuan, juga intelektualitasnya. Dan dalam konten kali ini, penulis memilih untuk menganalisis naskah drama dalam dimensi psikologis dengan mengulas mengenai struktur kepribadian tokoh utama dalam naskah drama Sangkuriang menggunakan kajian psikoanalisis.
Ada beberapa psikoanalisis terkenal di dunia, termasuk Jung, Adler, dan Freud. Namun, Freud secara langsung berbicara tentang proses tekanan dan masalah bawah sadar yang terakumulasi menjadi penciptaan seni, dan kemudian disublimasikan ke dalam bentuk penciptaan karya seni. Metode psikologis sebagian besar bergantung pada psikoanalisis yang dikembangkan oleh Freud setelah melakukan penelitian, yaitu manusia sebagian besar dikendalikan oleh sifat bawaannya. Adanya id, ego, dan superego pada manusia menyebabkan manusia selalu berada dalam keadaan perang dalam dirinya sendiri, dengan kegelisahan, keresahan, tertekan, dll. Namun, jika ketiganya bekerja secara seimbang, mereka akan menunjukkan kepribadian yang wajar (Endraswara, dalam Rokhana, 2009: 4-5). Sigmund Freud berpendapat bahwa sastra dan psikologi berhubungan erat. Selain itu, Freud juga mengemukakan bahwa ada keterkaitan antara karya sastra pengarang dengan berbagai gejala psikologis yang tampak dan kemudian terungkap dalam karya sastra tersebut. Hal semacam ini dapat dilihat dengan psikoanalisis. Dalam konsep psikoanalisis, terdapat istilah struktur kepribadian yang disusun oleh Sigmund Freud. Unsur kepribadian mengandung tiga sistem penting, yaitu id, ego, dan superego. Ketiganya saling berhubungan dan membentuk suatu kekuatan.
ADVERTISEMENT
Sebelum masuk dalam pembahasan, penulis akan memaparkan sedikit mengenai apa itu id, ego, dan superego untuk menambah pengetahuan bagi kalian yang mungkin belum pernah mendengar sama sekali mengenai struktur kepribadian tersebut, baik langsung saja. Pertama Id adalah struktur paling dasar dari kepribadian, seluruhnya tidak disadari dan bekerja menurut prinsip kesenangan, tujuannya pemenuhan kepuasan yang segera. Kedua Ego adalah sistem kepribadian yang bertindak sebagai pedoman bagi individu terhadap objek nyata dan menjalankan fungsinya sesuai dengan kenyataan. Ketiga Superego adalah sistem kepribadian yang mengandung nilai atau aturan evaluatif (tentang baik atau buruk) dengan mencerminkan nilai-nilai sosial dan membangkitkan tuntutan moral individu. Ketika ada pelanggaran nilai, superego menghukum ego dengan menimbulkan rasa bersalah.
ADVERTISEMENT
Langsung saja pada pembahasannya, penulis akan mengulas mengenai tokoh utama dalam naskah drama "Sangkuriang" karya Angin Kamajaya dengan menggunakan struktur kepribadian Sigmund Freud. Pertama, penulis menemukan adanya struktur kepribadian dalam diri Sangkurian yang terdapat pada bagian kedua dari naskah drama "Sangkuriang" sebagai berikut.
Sangkuriang: Tidak ambu, tega sekali kau. Aku tidak mau itu terjadi. Lebih baik aku mati saja. Supaya tidak kenal lagi sama kau.
Pada kutipan monolog di atas menandakan adanya id dalam diri Sangkuriang yang memiliki keinginan untuk tidak bertemu dan tidak lagi mengenal Ibunya, yakni Dayang Sumbi. Id tersebut diwujudkan dalam bentuk kekecewaan. Stimulasi id dalam diri Sangkuriang semakin membuatnya ingin segera menghindari ketidaknyamannya hidup dengan tuduhan sebagai pembunuh oleh Ibunya sendiri padahal kenyataannya Sangkuriang pun tidak tahu siapa ayahnya. Terlebih ditambah adanya id yang berwujud kemarahan. Rasa marah merupakan insting manusia ketika mendapatkan perlakuan yang tidak baik. Hal ini demikian membuat ego dalam diri Sangkuriang tidak berjalan dengan baik, dimana semestinya ego dalam dirinya dapat mengendalikan keinginan id dengan tetap dibatasi oleh realitas yang ada. Tetapi ego dalam diri Sangkuriang mengendalikan dirinya untuk melakukan segala cara agar dirinya tidak lagi bertemu dengan Ibunya dan melupakannya, sebab rasa sakit dan kekecewaannya kepada Ibunya yang telah mengusir dan menuduhnya sebagai pembunuh ayahnya. Sangkuriang meluapkan segala bentuk kemarahannya. Sehingga keputusannya untuk bunuh diri merupakan gambaran bahwa superego dalam diri Sangkuriang tidak berjalan dengan baik, Sangkuriang memilih jalan tidak baik untuk mewujudkan Id nya, dan menghindari ketidaknyamanan dalam hidupnya.
ADVERTISEMENT
Kedua, penulis menemukan adanya struktur kepribadian dalam diri Dayang Sumbi yang terdapat pada bagian kedua dari naskah drama "Sangkuriang" sebagai berikut.
Dayang Sumbi: Mang. Mikir mang. Bagaimana ini. Kita harus menggagalkan nya! Tuh dengar, suara air yang bergemuruh mulai tenang, sepertinya mulai tergenang. Dan itu...suara ramai sekali...seperti sedang bekerja sama bergotong royong! Aduh mang...coba lihat ke sana! Apa yang terjadi di sana. Ini aku sudah semakin takut dan merinding. Duh...sunan ambu...tolong....!!!
Kutipan dialog Dayang Sumbi di atas memperlihatkan adanya stimulasi id yang dirasakan Dayang Sumbi yaitu berupa naluri untuk menolak ketidaknyamanan yang dialami dan mendapatkan kenyamanan dengan cara apapun. Adanya id yang dirasakan oleh Dayang Sumbi membuat ego berusaha mencari cara untuk menghilangkan ketidaknyamanannya sebab Sangkuriang yang ternyata adalah putranya memaksa Dayang Sumbi untuk menikah dengannya. Dengan adanya stimulasi id yang ingin segera terlaksana membuat ego yang ada dalam Dayang Sumbi mendorong segera superego nya dengan memutuskan untuk menggagalkan rencana Sangkuriang dalam melakukan sebuah persyaratan sebagaimana yang diajukan oleh Dayang Sumbi.
ADVERTISEMENT
Ketiga, penulis menemukan adanya struktur kepribadian dalam diri Sangkurian yang terdapat pada bagian ketiga dari naskah drama "Sangkuriang" sebagai berikut.
Sangkuriang: Oh, dayang sumbi, segala cacat padamu tak bisa menghapus cintaku juga cerita bohongmu tentang aku yang kau tuduh anakmu, tak menyurutkan asmaraku, bau tubuhmu sudah memenuhi otakku esok, akan aku luapkan dengan penuh cinta.
Kutipan monolog Sangkuriang diatas menunjukan adanya id Sangkuriang yang memiliki keinginan untuk menikah dengan Dayang Sumbi, id tersebut diwujudkan dalam bentuk perasaan cinta. Meskipun Dayang Sumbi sudah memperingati Sangkuriang bahwa dia adalah Ibu nya, namun id yang dirasakan oleh Sangkuriang terlalu menguasai dirinya hingga mendorong adanya ego untuk mencari cara apapun supaya keinginannya segera tercapai tanpa dan menghiraukan omongan Dayang Sumbi, menganggap bahwa omongan Dayang Sumbi semata hanya ingin menolak Sangkuriang saja. Ego tersebut pada akhirnya berhasil mendorong superego untuk memutuskan apa yang akan Sangkuriang pilih, hingga pilihannya dia tetap bertekad untuk menikahi Dayang Sumbi lantaran id dalam dirinya sudah menguasai Sangkuriang, tanpa melihat baik dan buruknya.
ADVERTISEMENT
Keempat, penulis menemukan adanya struktur kepribadian dalam diri Dayang Sumbi yang terdapat pada bagian kedua dari naskah drama "Sangkuriang" sebagai berikut.
Dayang Sumbi: Baiklah kalau begitu. Hey Sangkuriang anakku. Setelah golok ini masuk ke dalam perutku. Aku akan berubah menjadi bunga kusuma, dan itu adalah bukti, bahwa aku adalah ibumu
Pada kutipan dialog di atas stimulasi id dalam diri Dayang Sumbi semakin membuatnya ingin segera menghindari ketidaknyamannya hidup sebab pemaksaan yang ia terima dari Sangkuriang, meskipun ia sudah menggagalkan Sangkuriang untuk memenuhi syarat yang diajukan tetap membuat Sangkuriang memaksa dirinya untuk menikah. Bahkan ucapannya yang memberitahu bahwa dia adalah Ibu kandung tetap tidak digubris oleh Sangkuriang dan malah menuduhnya berbohong. Terlebih ditambah adanya id yang berwujud kemarahan. Rasa marah merupakan insting manusia ketika mendapatkan perlakuan yang tidak baik. Hal ini demikian membuat ego dalam diri Dayang Sumbi untuk melakukan segala cara agar dirinya tidak dapat menikah dengan putranya sendiri. Sehingga keputusannya untuk bunuh diri merupakan gambaran bahwa superego dalam diri Dayang Sumbi tidak berjalan dengan baik, Dayang Sumbi memilih jalan tidak baik untuk mewujudkan Id nya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelitian mengenai struktur kepribadian teori Sigmund Freud, dalam naskah drama "Sangkuriang" karya Angin Kamajaya dapat disimpulkan gambaran mengenai id, ego dan superego. Gambaran id dalam naskah drama "Sangkuriang" karya Angin Kamajaya muncul dari stimulasi untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti memperoleh kebahagiaan dan menolak ketidaknyamanan. Gambaran ego dalam naskah drama ini menunjukan adanya pengambilan keputusan dengan tidak baik dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Sedangkan gambaran superego dalam naskah drama ini memperlihatkan bahwa tokoh memilih jalan yang buruk untuk mewujudkan keinginan dari id yang tidak terkendali.
Daftar Pustaka
Rokhana, Siti. (2009). "Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud Pada Cerpen Hana Karya Akutagawa Ryunosuke". Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
ADVERTISEMENT
Windasari. (2017). "Analisis Tokoh Utama dalam Novel Dua Tanda Kurung Karya Handoko F Zainsam: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud”.