Binus University Gandeng HashMicro Demi Tingkatkan Kualitas SDM IT di Indonesia

Undergraduate PR Student - Universitas Padjadjaran
Konten dari Pengguna
25 Maret 2022 14:13
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Abigail Fionna tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Binus University Gandeng HashMicro Demi Tingkatkan Kualitas SDM IT di Indonesia (77668)
zoom-in-whitePerbesar
Penandatanganan kerja sama Binus University dan HashMicro (sumber: dokumen Binus dan HashMicro)
ADVERTISEMENT
Bina Nusantara (Binus) University menggandeng HashMicro sebagai partner dalam rangka meningkatkan kualitas SDM IT di Indonesia. Kerja sama yang efektif mulai Februari 2022 ini diharapkan dapat mematangkan pengetahuan dan skill mahasiswa Binus melalui knowledge sharing, course collaboration, program internship, campus hiring, penelitian, kompetisi, hingga education sponsorship.
ADVERTISEMENT
HashMicro sendiri merupakan perusahaan penyedia software ERP (enterprise resource planning) yang didirikan pada tahun 2015 di Singapura dan juga beroperasi di Indonesia. Lalu sejak tahun 2020, HashMicro membuat program yang bernama HashMicro Academy sebagai komitmen untuk membangun talenta digital di Indonesia.
Program andalan dari kerja sama yang dijalani HashMicro dan Binus ini ialah course collaboration di mana HashMicro menyediakan sistem ERP sebagai bahan pembelajaran yang wajib dijalani mahasiswa. Dengan menggunakan fasilitas software milik HashMicro, mahasiswa Binus dapat secara langsung merasakan dan membiasakan diri menggunakan sistem ERP yang banyak digunakan di perusahaan.
Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan mempersiapkan mahasiswa dengan industri 4.0, serta memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat, baik mahasiswa, dosen, dan perusahaan. “Kami berharap mahasiswa bisa lebih mengenal praktik dalam implementasi teknologi 4.0 yaitu ERP sehingga ketika mereka menyelesaikan graduate competency mereka sudah paham menggunakan teknologi tersebut,” ujar Synthia Atas Sari, Lecture Specialist Management BBS Undergraduate Program.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Lusiana, Business Development Director HashMicro mengatakan bahwa sistem ERP banyak digunakan dalam pekerjaan sehari-hari di perusahaan. “Akan sangat menguntungkan bagi para mahasiswa apabila bisa belajar menggunakannya sedini mungkin, sehingga meminimalisasi keperluan beradaptasi ketika sudah bergabung dengan perusahaan.”
Selain kolaborasi dalam pendidikan, HashMicro sejauh ini telah menerima sejumlah mahasiswa dari Binus untuk mengikuti program magang. Dalam program magang ini mereka akan terjun mengerjakan proyek-proyek sungguhan sesuai spesialisasinya. Dengan begitu, mereka bisa merasakan langsung bagaimana rasanya bekerja di industri teknologi serta mempertajam hard-skill dan soft-skill sesuai dengan bidangnya.
Melalui program magang ini HashMicro dan Binus juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa Binus untuk melanjutkan karir mereka di HashMicro setelah lulus. Hingga saat ini sudah ada mahasiswa Binus yang diterima sebagai pekerja full-time di HashMicro setelah menjalankan masa magang selama dua belas bulan.
ADVERTISEMENT
Synthia menambahkan, selain berlatih menggunakan ERP, mahasiswa juga terekspos dengan industri teknologi, memudahkan mereka untuk menggali lebih dalam seputar teknologi sebelum terjun ke dunia kerja di industri tersebut. Mengenai hal ini Lusiana mengatakan bahwa selain menunjang skill mahasiswa, kolaborasi yang dijalankan dapat meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia, terutama dalam bidang IT.
Selain meningkatkan kualitas mahasiswa dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja, kolaborasi berbentuk riset oleh para dosen membuka peluang penemuan teknologi dan pengetahuan baru seputar ERP dan industri 4.0. HashMicro berharap bahwa kolaborasi riset dengan Binus dapat menunjang kualitas produknya. “Dengan kerja sama bersama lecturer Binus melalui riset, kami harap ini bisa meningkatkan relevansi produk kami terhadap kebutuhan dan perkembangan teknologi yang ada,” tambah Lusiana.
ADVERTISEMENT
Sebelum kerja sama ini, Binus pernah mengundang HashMicro dalam acara virtual industry gathering. Pada acara ini, bertepatan dengan perayaan HUT 40 tahun Bina Nusantara, Binus mengadakan agenda awarding di mana HashMicro mendapatkan penghargaan “The Most Contributed Non BIPP Company” dalam program internship. Binus melihat bahwa HashMicro merupakan tempat yang cocok bagi mahasiswanya untuk mempertajam skill dan pengetahuan di bidang teknologi. Hal tersebut meyakinkan Binus untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan HashMicro.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020