kumparan
17 Mar 2019 0:48 WIB

Mie Belitung Atep, Enaknya Tuh di Sini!

Rumah makan Mie Belitung Atep (Sumber: Dok. Pribadi)
Bagi kalian yang suka wisata kuliner, mi khas Belitung adalah salah satu menu yang wajib untuk dicoba. Sesuai namanya, mi ini merupakan kuliner khas yang hanya ada di Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.
ADVERTISEMENT
Salah satu restoran mi khas Belitung yang patut dikunjungi adalah "Mie Belitung Atep". Sesuai namanya, pemilik kedai makan ini adalah Atep, yang merupakan nama panggilan dari Nyonya Verawaty. Di tengah usianya yang sudah genap 74 tahun, Nyonya Atep hingga saat ini masih melayani sendiri pelanggan restorannya yang datang dari berbagai kota.
Keistimewaan Mie Belitung Atep adalah cita rasanya yang khas semenjak didirikan 46 tahun yang lalu. Selain itu, meskipun rumah makannya sangat ramai pengunjung, tetapi Nyonya Atep tidak membuka cabang di tempat lain, selain di Jalan Sriwijaya No. 27, Kelurahan Kampung Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung. Mungkin inilah yang membuatnya menjadi begitu legendaris.
Tips Kesuksesan dari Nyonya Atep (Sumber: Dok. Pribadi)
Dari luar, sekilas rumah makan ini terlihat kecil dan sempit. Namun ternyata, di bagian belakang terdapat ruangan yang cukup luas yang bisa menampung sekitar 50 pengunjung. Sangat cocok bagi anda yang datang bersama keluarga besar.
ADVERTISEMENT
Tidak butuh waktu lama sejak memesan makanan, pramusaji segera menghidangkan mi khas Belitung dengan wangi yang menggugah selera. Dari bahan dasarnya, mi ini sekilas mirip dengan soto mi biasa yang menggunakan mi kuning dan telur. Namun dari segi rasa, terdapat perbedaan yang sangat mencolok.
Cita rasa khas dari Mie Belitung Atep terletak di kuah cokelatnya yang kental dan gurih. Kuah ini terbuat dari campuran kaldu udang, tepung sagu, dan bumbu-bumbu rempah lainnya. Perpaduan mi kuning produksi rumahan Nyonya Atep, kentang, tahu, taoge, udang, telur, dan timun yang disiram kuah rempah kental khas Belitung mampu menciptakan rasa unik yang begitu lezat di lidah.
Sebagai pelengkap, mi Belitung tersebut disajikan dengan keripik emping. Cara penyajiannya pun cukup unik, yaitu di atas lembaran daun jati.
Mie Belitung Atep (Sumber : Dok. Pribadi)
Untuk minuman, terdapat pilihan menu teh dan jeruk. Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang ke Belitung, sangat direkomendasikan untuk mencoba minuman perasan jeruk kunci yang rasanya asam manis. Sangat tepat untuk dipadukan dengan mi Belitung. Menu minuman disajikan dengan pilihan panas dan dingin.
ADVERTISEMENT
Rasa Mie Belitung Atep sangat enak dan gurih. Karena itu, tidaklah mengherankan bila banyak pengunjung yang ketagihan setelah merasakan kelezatan mi ini. Mie Belitung Atep juga sangat terkenal, tidak hanya dikalangan masyarakat setempat, tapi juga para wisatawan dari luar daerah. Mulai dari artis hingga pejabat teras pernah singgah di kedai makan ini.
"Mantap, enak dan lezat," kata Wenny, Marissa, dan Onel, tiga orang wisatawan asal Jakarta yang kebetulan mampir di restoran Mie Belitung Atep.
"Top dan maknyuss," ujar seorang pengunjung lainnya.
Resto Atep buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga 8 malam. Namun, bagi pengunjung yang membawa kendaraan, satu hal yang perlu diperhatikan adalah area parkir yang terbatas. Untuk itu, usahakan agar bisa datang lebih awal atau sebelum jam makan tiba.
ADVERTISEMENT
Harga Mie Belitung Atep relatif murah. Cukup dengan merogoh kocek Rp 18 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati sepiring mie. Bagi travellers yang memilih makanan halal, jangan khawatir karena Mie Belitung Atep sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Jadi, bila travelers berkunjung ke Belitung, jangan lupa untuk mampir ke Mie Belitung Atep. Dijamin puas dengan cita rasa khasnya yang begitu lezat.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan