Food & Travel
·
4 Juli 2021 5:27
·
waktu baca 2 menit

Magelang Sejuta Cerita

Konten ini diproduksi oleh ZUHDAN ROYAN LAZUARDI
Di sini aku akan menceritakan sedikit nih tentang Magelang, sebelum aku menceritakan Magelang, kenalkan aku dahulu nih teman-teman, nama aku Zuhdan Royan Lazuardi biasa dipanggil Zuhdan, mau dipanggil apa saja yang penting jangan jauh dari nama ya wkwkwk , lahir di Magelang dan juga aku tinggal di Magelang, ya benar tempat yang ingin aku ceritakan adalah tempat lahirku ngga jauh-jauh hehe, langsung simak aja yuk.
Magelang Sejuta Cerita (132968)
searchPerbesar
https://unsplash.com/photos/pTTeQmNeHPM
Sudah tidak asing lagi bagi beberapa kalangan dengan kata Magelang yang tepatnya berada pada provinsi Jawa Tengah ini, kota kecil yang juga dihiasi dengan keajaiban dunia. Siapa sih yang ngga takjub dengan Candi Borobudur ? Pastinya ngga ada dong yang ngga takjub dengan keindahan dan kemegahannya. Candi Borobudur yang merupakan keajaiban dunia ke-7 yang adalah salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat magelang loh, yang khususnya di sekitar Candi Borobudur dibidang pariwisata. Dahulu saat aku masih SMP aku sangat sering pergi ke Candi Borobudur untuk mengerjakan tugas bersama dengan teman dan mantanku, waduh jadi teringat kenangan dahulu waktu SMP wkwkwk dan waktu itu masih belum ada ojol (ojek online) yang tinggal pesan di aplikasi dan nanti datang sendiri sehingga mudah untuk mencari kendaraan.
ADVERTISEMENT
Dahulu waktu aku masih SMP aku dan teman-temanku menggunakan angkutan umum yang kadang ada dan kadang tidak dan itupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggunya, aku dan teman-temanku memilih mengerjakan tugas di sana karena suasananya tenang dan kebersihannya pun dijaga di daerah taman Candi Borobudur.
Ada juga nih tempat yang suasananya lebih asri dan sejuk, nama tempatnya yaitu adalah Ketep Pass, ya Ketep Pass ini berada pada kecamatan Sawangan, nah teman-teman di sana kita dapat melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah selain itu juga bisa melihat gunung merbabu, sumbing, sindoro, dan slamet keren kan bisa melihat 5 gunung sekaligus, oiya kita juga dapat menonton film di mini bioskop.
Filmnya pun tentang sejarah Gunung Merapi saat erupsi, jalur pendakiannya, asal mula terbentuknya Gunung Merapi, dan banyak lagi tentang Gunung Merapi, pastinya seru filmnya deh temen-temen, di Ketep Pass juga ada museum vulkanologinya loh didalamnya ada bukti bukti erupsi Gunung Merapi dan foto-foto tentang Gunung Merapi, ada juga teropong buat liat dengan jelas puncak Gunung Merapi, dan juga di sekitar Ketep Pass ada kebun strawberry yang di sana kita bisa memetik sendiri sepuasnya teman-teman tetapi jangan lupa habis itu bayar ya wkwkwk.
Magelang Sejuta Cerita (132969)
searchPerbesar
https://unsplash.com/photos/sPkG51m1q70
Selain tempat wisata, di Magelang itu juga terdapat Akademi Militer (Akmil) loh yang merupakan sekolah pendidikan TNI angkatan darat yang mencetak perwira TNI angkatan darat sebagai calon pemimpin bangsa ini. Keren ngga tuh teman-teman, yang cita-cita waktu kecil ingin menjadi tentara bisa tuh dicoba tetapi siapkan mental kalian dahulu sebelum masuk sana ya hehehe.
ADVERTISEMENT
Oiya ada tempat yang dekat dengan Akmil yang sedikit mistis teman-teman, tempatnya yaitu Gunung Tidar, ya gunung ini sering disebut sebagai 'Pakunya Tanah Jawa' dari sebutannya saja dah mistis ya hehehe, di puncak Gunung Tidar terdapat tiga makam keramat, yaitu makam Syaikh Subakir, makam Kiai Sepanjang, dan makam Kiai Semar, makam-makam tersebut sering dikunjungi untuk ziarah kubur temen-temen, Syaikh Subakir sendiri merupakan tokoh penyebar agama Islam di Jawa Tengah, konon katanya Syaikh Subakir ini adalah penakluk jin-jin yang ada di pulau Jawa, sakti banget ya Syaikh Subakir, nah tau ngga teman-teman makam Kiai Sepanjang itu bukan makam orang melainkan tombak milik Syaikh Subakir, makamnya pun memiliki panjang sekitar 7 meter, nah yang satu lagi makam Kiai Semar, Kiai Semar ini merupakan tokoh pewayangan dan ada juga yang menyebutkan bahwa Kiai Semar ini adalah sosok penjaga Gunung Tidar, jadi hati-hati kalau ke sana harus menaati peraturan yang berlaku di sana ya.
ADVERTISEMENT
Tau ngga makanan khas Magelang itu apa? masa ngga tau sih, itu loh yang bahan baku utamanya singkong, ya benar sekali makanan khas magelang itu adalah gethuk, gethuk digolongkan dalam makanan ringan yang rasanya itu manis dan sedikit asin pada parutan kelapanya, aku sangat menyukai gethuk ini entah mengapa apabila ibu aku pergi ke pasar hari minggu pasti pulangnya membawa gethuk, sehingga saat aku sedang tidak dirumah pada hari minggu aku sering merindukan gethuk yang di belikan oleh ibu aku hehehe.
Baik teman-teman sekiranya sampai sini dulu ya ceritaku tentang daerahku Magelang, kalau teman-teman suka dengan kontenku bisa like dan boleh komen di bawah ya kalian mau aku cerita apalagi, semoga kita bisa tetap menjaga dan melestarikan anugerah tuhan yang telah diberikan kepada kita dan teman-teman di mana pun berada semoga tetap diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala halnya, sekian dari aku mohon maaf apabila ada kesalahan, terima kasih dan sampai jumpa teman-teman.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020