Pencarian populer

basabali.org Menangi Penghargaan Internasional untuk Pelestarian Bahasa Lokal

Direktur basabali.org Gde Nala Antara (kanan) bersama Alissa Steran dan Ajus Caskara (kiri) saat jumpa pers Penghargaan Linguapax di Kubukopi, Rabu, 28 Nopember 2018 - kanalbali/RFH

DENPASAR, kanalbali.com – Upaya pelestarian Bali melalui basabali.org, sebuah situs web yang berbasis pengetahuan bahasa dan budaya masyarakat Bali meraih penghargaan internasional dari Linguapax. Ini adalah sebuah lembaga bentukan UNESCO yang berpusat di Spanyol.

“Biasanya penghargaan diberikan kepada pakar atau ahli bahasa, tapi tahun ini diberikan kepada komunitas yang melestarikan bahasa lokal,” kata pendiri Basabali.Wiki Teams Alissa Stern yang mengelola situs itu, Rabu, 28 Nopember 2018.

Situs mendorong masyarakat melestarikan bahasa Bali dengan mengembangkan sumber daya yang bisa diakses publik sejak 2011. Bekerja dengan sejumlah sukarelawan, BASAbali telah menerjemahkan laman beranda Google ke dalam bahasa Bali serta telah mengembangkan perangkat lunak multimedia yang kemudian diberikan kepada sekolah dan organisasi masyarakat secara gratis.

Metodologinya berfokus pada pelibatan masyarakat untuk mengembangkan sumber daya secara daring dan gratis melalui kamus wiki Bali-Inggris-Indonesia dan perpustakaan virtual.

BACA JUGA : Konservasi Jalak Bali di Gianyar Buka Pusat Pembelajaran Anak-anak

Alissa menyebut, bahasa Bali adalah salah satu dari sekitar 7000 bahasa daerah di dunia, dan satu dari sekitar 652 bahasa di Indonesia yang telah berhasil diidentifikasi dan divalidasi. Mengutip data Unesco pada 2009 mencatat sekitar 2.500 bahasa di dunia, termasuk lebih dari 100 bahasa daerah di Indonesia terancam punah. Sedangkan sebanyak 200 bahasa telah punah dalam 30 tahun terakhir dan 607 tidak aman.

“Bahasa, aksara, dan sastra Bali sesungguhnya adalah jiwa atau rohnya kebudayaan Bali. Ada banyak pengetahuan dan sastra yang menggunakan bahasa dan aksara Bali sebagai medianya,”kata Direktur basabali.org Gde Nala Antara.

Penghargaan Linguapax akan diberikan oleh Monica Perena, Presiden Dewan Linguapax pada Sabtu, 1 Desember 2018 pukul 19.00 WITA di ARMA Museum, Ubud. Presentasi penghargaan akan diiringi musik dan tarian oleh Sanggar Kusumasari ARMA, pertunjukan oleh Grup Gedebong Goyang, dan Wayang Listrik, sebuah pertunjukan wayang inovatif oleh I Made Sidia.

Sementara itu, saat ini basabali.org mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam kompetisi Wikithon yang akan diadakan pada 14-15 Desember 2018. Pendaftaran dibuka hingga 10 Desember di http://bit.ly/2R78fZX. Hadiah senilai Rp 800.000 akan diberikan setiap dua jam selama 24 jam. (kanalbali/RFH)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21