Pencarian populer

Jokowi: Tahun 2040 Ekonomi Indonesia Terbesar Nomor 4 di Dunia

Jokowi dalam kunjungannya ke Bandung. Foto: Biro Pers Kepresidenan

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia akan memasuki era baru dalam perekonomian. Menurut dia, Indonesia akan masuk dalam jajaran negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

"Bahwa di 2040-2045, insyallah masuk 4 besar ekonomi dunia. Tapi syaratnya memang tidak mudah," kata Jokowi dalam acara silaturahmi purnawirawan TNI/Polri di JIExpo, Jakarta, Minggu (10/2).

Menurut Jokowi, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, diperlukan stabilitas politik dan kemanan. Jokowi mengatakan stabilitas politik dan keamanan bisa tercapai oleh TNI dan Polri.

Sepanjang tahun lalu, kata dia, ekonomi Indonesia memang kurang maksimal karena adanya goncangan global. Namun, Jokowi meminta agar pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,17 persen pada tahun lalu tetap harus disyukuri.

Suasana silaturahmi purnawirawan TNI-Polri di Hall C1 JiExpo Kemayoran. Foto: Maulanan Ramadhan/kumparan

"Coba lihat Tiongkok, dulu 10-11 persen, sekarang 6 koma. Kita masuk 3 ekonomi terbesar pertumbuhan nya di G20. Jangan tidak disyukuri kita kufur nikmat namanya," katanya.

Sebelumnya PricewaterhouseCoopers (PwC), kantor jasa profesional terbesar di dunia, memproyeksikan Indonesia pada 2030 akan menduduki posisi kelima ekonomi terkuat di dunia. Prediksi tersebut berdasarkan perkiraan nilai Produk Domestik Bruto (PDB).

Indonesia diprediksi akan menggeser posisi Jerman yang di tahun 2016 menempati posisi ke-5 sebagai negara dengan perekonomian terkuat. Adapun pada 2030, nilai PDB Indonesia diperkirakan mencapai 5.424 triliun dolar AS.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57