Pencarian populer

Mulai Hari Ini, Stasiun Jakarta Kota Layani Kereta Jarak Jauh

Peresmian Stasiun Jakarta Kota untuk KA Jarak Jauh, di stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (29/5). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Stasiun Jakarta Kota melayani kereta api (KA) jarak jauh terhitung sejak Rabu (29/5) ini. Terdapat tiga KA yang jadi target yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.
ADVERTISEMENT
EVP PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, hal itu berguna untuk mengurai kepadatan stasiun yang telah ada seperti Stasiun Pasar Senen dalam melayani penumpang.
“Sehingga kita alihkan ke sini sebagian, terus kemudian juga untuk para penumpang di stasiun senin juga sudah membludak, banyak sehingga kita pecah ini sebagian,” katanya ketika ditemui di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Rabu (29/5).
Jumlah rata-rata penumpang per hari di Stasiun Pasar Senen sebanyak 12.000 orang, bahkan di musim Lebaran jumlahnya meningkat menjadi 22.000 orang per hari.
Peresmian Stasiun Jakarta Kota untuk KA Jarak Jauh, di stasiun Jakarta Kota, Jakpus, Rabu (29/5). Foto: Dok. Humas PT KAI
Di sisi lain, kata Dadan, pemanfaatan Stasiun Jakarta Kota itu juga bisa memudahkan aksesibilitas bagi penumpang. Misalnya saja, dari Bogor atau Bekasi yang bisa lebih mudah, dibandingkan harus ke Senen.
ADVERTISEMENT
“Untuk mendekatkan diri para pelanggan dan pelayanan kami lebih ditingkatkan,” imbuh dia.
Ia juga memastikan, Stasiun Jakarta Kota juga telah dilengkapi fasilitas yang nyaman dan memadai bagi kenyamanan penumpang.
Fasilitas di stasiun itu berupa penambahan ruang tunggu penumpang KA jarak jauh dengan kapasitas hingga 1.000 penumpang, penyediaan 2 loket Go Show, 2 loket pembatalan, customer service on station, dan 2 mesin Check In Counter.
Di samping itu, pelayanan naik dan turun penumpang, KA jarak jauh akan menggunakan jalur 2 dan 3 yang ada di stasiun Jakarta Kota.
“Supaya mudah-mudahan bisa menggunakan stasiun dari berangkat dari stasiun kota,” tandasnya.
Namun ingat, KAI tidak menyediakan loket reservasi untuk pemesanan tiket. KAI hanya menyediakan loket Go Show untuk melayani pembelian tiket pada saat hari keberangkatan, tepatnya 3 jam sebelum keberangkatan.
ADVERTISEMENT
Untuk pemesanan tiket H-90, penumpang bisa melakukannya di aplikasi KAI access, website KAI, dan channel penjualan resmi lainnya.
Berikut kumparan rangkum jadwal kereta api jarak jauh dari dan menuju Stasiun Jakarta Kota, sebagai berikut:
Dari Jakarta Kota
Kutojaya Utara (Jakarta Kota - Kutoarjo) berangkat pukul 04.50 WIB
Jayakarta Premium (Jakarta Kota - Surabaya Gubeng) berangkat pukul 12.50 WIB
Menoreh (Jakarta Kota - Semarang Tawang) berangkat pukul 19.55 WIB
Menuju Jakarta Kota
Kutojaya Utara (Kutoarjo - Jakarta Kota) berangkat pukul 17.00 WIB
Jayakarta Premium (Surabaya Gubeng - Jakarta Kota) berangkat pukul 15.00 WIB
Menoreh (Semarang Tawang - Jakarta Kota) berangkat pukul 08.00 WIB
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86