kumparan
10 Jul 2019 3:01 WIB

Edu Gaspar Kembali ke Arsenal sebagai Direktur Olahraga

Edu Gaspar saat menjabat sebagai koordinator umum di Timnas Brasil. Foto: AFP/Mario Pimentel
Edu Gaspar pernah menjadi bagian penting dari sejarah Arsenal dan kini dia kembali dalam kapasitas yang berbeda. Terhitung sejak Selasa, 8 Juli 2019, pria asal Brasil itu resmi menjabat sebagai Direktur Olahraga The Gunners.
ADVERTISEMENT
Empat tahun lamanya Edu bermain untuk Arsenal, tepatnya dari 2001 sampai 2005. Dalam kurun waktu tersebut dia turut andil dalam mengantarkan klub London Utara itu meraih lima trofi domestik, termasuk pada musim 2003/04 saat Arsenal menjuarai Premier League tanpa terkalahkan.
Setelah itu, Edu hengkang ke Valencia sebelum menutup karier bermain di klub tempatnya memulai segalanya, Corinthians. Di Corinthians pulalah Edu mulai bertindak sebagai direktur olahraga sampai akhirnya ditarik oleh Timnas Brasil untuk menjadi koordinator umum.
Sebagai koordinator umum Timnas Brasil, Edu ikut berjasa dalam memutus dahaga gelar Copa America yang telah berlangsung selama 12 tahun. Pada Senin (8/7/2019), Daniel Alves dkk. mengalahkan Peru untuk merebut gelar antarnegara paling bergengsi di Amerika Selatan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak lama setelah itu Edu akhirnya kembali ke Arsenal. Kembalinya Edu ini sebenarnya sudah digaungkan sejak pertengahan musim 2018/19 ketika 'Meriam London' berpisah jalan dengan kepala rekrutmen, Sven Mislintat. Terkait kepulangannya ini, Edu mengaku sangat antusias.
"Di hatiku selalu ada tempat spesial untuk Arsenal dan aku sangat gembira bisa kembali ke klub ini dengan peran baru. Kami punya skuat yang bagus dengan pemain-pemain kaya talenta dan orang-orang hebat di semua level. Aku berharap bisa membuat perbedaan di sini," ucap Edu sebagaimana dilansir situs resmi klub.
Edu Gaspar (kanan) saat bermain untuk Arsenal. Foto: AFP/Nicolas Asfouri
Dalam kesempatan yang sama CEO Arsenal, Raul Sanllehi, juga menyambut Edu dengan tangan terbuka. Pengalaman pria 41 tahun ini, menurut Sanllehi, akan sangat berguna dalam menyetir Arsenal ke arah yang benar.
ADVERTISEMENT
"Kami sangat antusias menyambut kedatangan Edu. Dia punya pengalaman dan pengetahuan seputar teknis sepak bola yang bagus. Tetapi, lebih dari itu, dia adalah orang Arsenal. Dia paham akan situasi klub ini dan apa artinya klub ini bagi jutaan orang di seluruh dunia," ucap Sanllehi.
"Kedatangannya adalah kepingan puzzle terakhir yang sangat penting dalam pengembangan sepak bola kami ke depannya. Dia akan bekerja bersama Unai Emery dan para pelatih tim utama. Dia juga akan memiliki peran penting dalam memastikan klub ini punya filosofi yang melandasi segala aktivitasnya," tambah mantan pejabat Barcelona tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·