kumparan
17 Mei 2019 19:50 WIB

Iker Casillas Bantah Dirinya Pensiun

Iker Casillas sebelum bertanding melawan Galatasaray. Foto: Reuters/Murad Sezer
"There is only one god, and His name is Death. And there is only one thing we say to Death: 'not today'."
ADVERTISEMENT
***
Tidak hari ini. Tidak untuk kematian, tidak juga untuk gantung sepatu. Iker Casillas masih belum mau berlalu. Ia belum mau memadamkan apinya. Satu kali ia mengelak dari kematian, kini ia mengelak dari hal lainnya: Rumor bahwa ia memutuskan pensiun.
Casillas, 37 tahun, tentu memahami bahwa sebagai pesepak bola, akan tiba waktunya ia meninggalkan lapangan. Namun, lewat akun Twitter-nya, Casillas menyebut bahwa keputusan itu akan datang lain waktu. Bukan hari ini.
"Pensiun? Akan ada waktunya ketika aku harus pensiun. Aku akan mengumumkannya ketika saatnya tiba. Untuk saat ini, tenang. Aku sudah bertemu dengan Dr Filipe Macedo kemarin dan semuanya baik-baik saja. Kabar itulah yang ingin kubagikan kepada kalian semua," tulis Casillas.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, muncul rumor bahwa Casillas akan mengumunkan dirinya gantung sepatu pada Jumat (17/5/2019). Rumor yang pertama kali dilansir oleh O Jogo itu juga menyebut, Casillas akan mendapatkan pekerjaan di jajaran staf kepelatihan FC Porto setelah mengundurkan diri sebagai pemain.
Rumor itu mendapatkan tanggapan serius dari sejumlah media, termasuk beberapa media di Inggris dan Spanyol. Mereka menganggap, keputusan tersebut wajar. Pasalnya, Casillas sempat kolaps beberapa waktu lalu akibat serangan jantung.
Pada 1 Mei 2019, Casillas terkena serangan jantung saat berlatih dengan Porto dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Pada hari yang sama, Porto melansir berita bahwa Casillas baik-baik saja dan tengah menjalani pemulihan di rumah sakit.
Beberapa hari kemudian, tepatnya pada tanggal 6 Mei, Casillas meninggalkan rumah sakit. Kepada para pewarta dan fotografer yang sudah menantinya di pintu depan rumah sakit, kiper berkebangsaan Spanyol itu memastikan bahwa kondisinya baik-baik saja.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Casillas masih harus memeriksakan kondisinya ke dokter. Kesehatan jantungnya terus dipantau dalam beberapa pekan atau beberapa bulan ke depan.
Menurut rilis resmi Porto, Casillas mengalami acute myocardial infarction atau infark miokard akut. Penyumbatan pembuluh darah menuju jantung ini umumnya dapat terjadi akibat penumpukan plak yang terdiri dari kolesterol, lemak, dan sisa metabolisme.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·