Pencarian populer
Kalahkan Everton, Manchester City Gusur Liverpool untuk Sementara
Kegirangan dari penggawa City usai mencetak gol. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)
Untuk sementara waktu, Manchester City kembali ke puncak klasemen Premier League setelah membukukan kemenangan 3-1 atas Everton pada laga pekan ke-17, Sabtu (15/12/2018) malam WIB. Gol-gol City dalam laga di Etihad Stadium itu datang dari Gabriel Jesus (2) dan Raheem Sterling, sementara tim tamu cuma membalas via Dominic Calvert.
Kemenangan ini membuat Manchester City kembali ke puncak setelah berhasil mengoleksi 44 angka. City bisa saja kembali turun ke posisi dua andai Liverpool berhasil mengalahkan Manchester United, Minggu (15/12) malam WIB. Adapun Everton, mereka harus puas berada di posisi ketujuh dengan 24 angka.
***
Everton memiliki modal yang bagus saat melawat ke markas Manchester City. Dalam tiga kali kunjungan terakhir ke sana, Everton tak pernah menelan kekalahan.
Rasa percaya diri itu tak ditunjukkan dalam susunan pemain inti di pertandingan kali ini. Marco Silva selaku pelatih malah menerapkan pola bertahan dengan memasang formasi 5-4-1. Calvert-Lewin dipercaya menjadi penyerang di lini depan dibantu dengan Richarlison dan Bernard. Kemduian, di lini belakang Kurt Zouma, Yerry Mina, dan Michael Keane menjadi benteng Everton.
Di sisi lain, City mengusung pola 4-3-3. Trio Gabriel Jesus, Leroy Sane, dan Riyad Mahrez menjadi ancaman untuk lini belakang Everton.
Umpan panjang jadi cara Everton untuk membongkar pertahanan City. Tiga menit laga berjalan, Calvert-Lewin memiliki peluang lewat sepakan kaki kirinya. Ederson Moraes masih bisa menyelamatkan gawangnya.
Umpan-umpan panjang memang menjadi strategi yang tepat untuk memecah pertahanan City. Pasalnya, tuan rumah melakukan pressing ketat sejak lini belakang Everton.
Pressing tersebut sempat membuat jala gawang Everton bergetar pada menit ke-25. Mina yang ditekan oleh Mahrez salah mengoper bola. Ilkay Guendogan yang mendapat bola langsung memberikan bola kepada Sane. Lalu, Sane memberikan terobosan kepada Gabriel yang dengan satu sentuhan mengoyak jala Pickford. Keunggulan satu gol City bertahan hingga babak pertama berakhir.
Selepas jeda, City masih terus melakukan tekanan. Baru berjalan empat menit, gawang Everton sudah kembali bobol. Lagi-lagi Gabriel Jesus yang mencatatkan namanya di papan skor. Tandukan pemain asal Brasil itu usai memanfaatkan umpan silang Sane tak mampu dihalau oleh Pickford.
Ketinggalan dua gol membuat Everton melakukan perubahan formasi. Theo Walcott dimainkan untuk mengganti Coleman. The Toffees pun mnegubah pola menadi 4-3-3. Everton berhasil memegang kendali permainan dan menekan pertahanan City.

Upaya dari Riyad Mahrez untuk membobol gawang Everton. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)

Hasilnya, satu gol bisa dibuat oleh Everton pada menit ke-65. Umpan silang dari Lucas Digne berhasil ditanduk oleh Calvert-Lewin ke dalam gawang.
Akan tetapi, skor 2-1 tidak berlangsung lama. City tersengat dan mencetak gol ketiga empat menit usai kebobolan. Raheem Serling, yang masuk menggantikan Sane, bisa membobol gawang Everton. Menanduk bola hasil umpan Fernandinho, Sterling bisa melebarkan gap antara kedua tim.
Everton beberapa kali mengancam gawang dari Manchester City yang dikawal oleh Ederson di sisa laga, tetapi tak membuahkan hasil. Skor 3-1 untuk kemenangan City terpampang saat peluit panjang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: