Pencarian populer

Maldini Siap Hakimi Gattuso: Tak Ada Istilah Kawan

Gattuso bersama Paolo Maldini di Jeddah. Foto: AFP/Giuseppe Cacace

Sulit memungkiri ikatan pertemanan antara Paolo Maldini dan Gennaro Gattuso. Karena begitu panjang kebersamaan mereka sebagai pemain AC Milan, bahkan mencapai satu dekade (1999-2009).

Kurun tersebut, Maldini dan Gattuso turun bersama dalam 260 pertandingan I Rossoneri di lintas ajang. Salah duanya yakni final Liga Champions 2003 dan 2007 yang berujung status kampiun untuk AC Milan.

Di luar Liga Champions, keduanya menyumbangkan beberapa trofi lainnya ke kabinet klub. Di antaranya dua gelar scudetti, dua Piala Super Eropa, satu Piala Dunia Antarklub, serta satu Coppa Italia.

Kini, keduanya berada dalam situasi berbeda. Gattuso mengemban tanggung jawab sebagai pelatih, sementara Maldini menjadi Direktur Strategi dan Pengembangan Olahraga Milan. Itu artinya, Maldini memiliki andil dalam menentukan nasib Gattuso.

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. Foto: MARCO BERTORELLO / AFP

Maldini tak lantas buta gara-gara pertemanannya dengan Gattuso. Dia mengaku tak sungkan untuk mengambil keputusan yang mungkin bakal tak mengenakkan bagi Gattuso.

"Anda harus memberikan respek kepada rekan kerja. Kami berdua pun berupaya untuk membuat klub ini sebaik mungkin. Pandangan kami berbeda, tetapi persahabatan membantu kami melampaui perbedaan itu," tutur Maldini kepada DAZN.

"Meski begitu, saya harus mengevaluasi pekerjaan Gattuso dengan sikap dingin dan objektif. Karena kami menjalani peran berbeda di klub ini, bukan lagi rekan setim," katanya.

Gattuso memang segera menjalani evaluasi kinerja dari manajemen. Besar kemungkinan sosok 41 tahun itu menerima surat pemecatan jika Milan gagal finis di zona empat besar Serie A dan merebut tiket Liga Champions.

Fabio Borini merayakan gol dengan kawan-kawannya. Foto: Miguel MEDINA / AFP

Bahkan, media-media Italia mulai menggaungkan rumor pemecatan Gattuso sebelum kompetisi rampung. Maklum, saat Serie A menyisakan satu pekan, Milan masih tertahan di peringkat kelima dengan jarak satu angka dari Atalanta.

Bertahan atau tidaknya Gattuso kelak bukanlah keputusan Maldini seorang. Masih ada sosok lebih berpengaruh dalam penetapan pelatih, yakni Leonardo Araujo sebagai Direktur Olahraga AC Milan. Leonardo pula yang memberikan pintu masuk kepada Maldini pada Agustus 2018.

"Direktur Strategi dan Pengembangan Olahraga Milan merupakan pekerjaan yang mengover banyak area. Sementara, Leonardo mengambil peran yang lebih mengarah eksekutif. Dia lebih dari sekadar direktur olahraga sekarang," ucap Maldini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60