kumparan
11 Des 2018 13:43 WIB

Mereka yang Masih Berjuang Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Trofi Liga Champions. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)
Bagi sebagian tim, pertandingan pekan ke-6 Liga Champions musim ini merupakan laga formalitas. Ya, gimana dong? Tepatnya 12 tim sudah pasti lolos ke babak 16 besar. Situasi bagi Barcelona, FC Porto, dan Real Madrid malah lebih enak, karena mereka sudah pasti finis sebagai raja di grupnya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Namun, tidak bagi tujuh tim lainnya. Mereka punya kans lolos dan tidak lolos sama besarnya. Untuk memastikan itu semua, maka mereka akan tampil mati-matian di pertandingan pemungkas babak grup Liga Champions musim ini.
Lantas, siapa saja, sih, tim yang masih berjuang menuju ke babak 16 besar Liga Champions?
Grup B
Harry Kane diadang oleh Marcelo Brozovic. (Foto: Reuters/Paul Childs)
Sudah dipastikan Barcelona menjadi raja di Grup B, mengingat La Blaugrana telah mengemas 13 poin dari 5 laga yang telah dijalani. Sementara, Tottenham Hotspur dan Inter Milan masih berebut posisi kedua karena sama-sama mengantongi tujuh poin.
Karena Spurs unggul dalam urusan gol tandang, maka Spurs berada di posisi kedua dan Inter berada di satu tingkat di bawahnya. Untuk lolos, kedua tim sama-sama menggantungkan nasibnya kepada Barcelona dan PSV Eindhoven.
ADVERTISEMENT
Spurs akan melakoni laga tandang melawan Barcelona di Camp Nou, Rabu (12/12/2018) pukul 03:00 WIB. Laga ini merupakan ujian kelolosan yang berat bagi The Lilywhites. Karena sejak 1977, hanya satu laga laga ketika Barcelona takluk dari tim Inggris di kandang. Itupun telah terjadi pada 2007 silam.
Selain itu, Barcelona tengah berada dalam tren positif. Setelah imbang 1-1 dengan Atletico Madrid pada November silam, mereka telah menjalani 4 laga yang berakhir dengan kemenangan. Teraktual, Lionel Messi cs. menaklukkan RCD Espanyol dengan skor telak 4-0.
Sementara, Inter akan menghadap PSV Eindhoven di Giuseppe Meazza pada hari dan jam yang sama ketika Spurs menghadapi Barcelona. Jika Spurs gagal menang atau malah kalah dari Barcelona, Spurs perlu berharap PSV bisa mencegah I Nerazzuri memperoleh poin lebih banyak dari mereka.
ADVERTISEMENT
Pertanyaannya, mungkinkah? Karena PSV babak belur di Grup B. Tim berjuluk Boeren itu berada di dasar klasemen dengan kondisi hanya mengantongi satu poin. Hmm… berat, sobat.
Grup C
Sadio Mane berusaha lolos dari hadangan Alan Marques. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)
Tidak seperti grup lainnya di Liga Champions, dua tiket kelolosan di Grup C belum menjadi milik siapa-siapa. Menarik sekali.
Napoli berada di puncak klasemen dengan perolehan 9 poin, sementara Paris Saint-Germain berada satu posisi di belakangnya akibat baru mengoleksi 8 poin. Sementara Liverpool berada di posisi ketiga dengan kertertinggalan 1 poin dari PSG.
Liverpool akan menghadapi Napoli di Anfield, Rabu (12/12) dini hari WIB. Untuk lolos, pasukan Juergen Klopp ini perlu menang dengan kondisi mencetak minimal satu gol jika gawang mereka tak kebobolan. Jika mereka kebobolan, maka mereka perlu setidaknya menang dengan kondisi unggul minimal dua gol.
ADVERTISEMENT
Faktor kandang, plus performa Liverpool yang membaik sejak kalah 1-2 dari PSG pada akhir November silam membuat kans Liverpool untuk menang atas Napoli cukup besar. Walau begitu, Napoli tak boleh dipandang remeh karena berhasil mengakhiri tiga laga yang telah dijalani dengan kemenangan.
Sementara, Napoli punya dua skenario untuk lolos. Jika menang atau imbang ketika menghadapi Liverpool, tim berjuluk Partonepei itu akan ditemani PSG melangkah ke babak 16 besar. Namun, jika Napoli kalah, mereka masih punya kans lolos bersama Liverpool.
Para pemain Crvena merayakan kemenangan. (Foto: Pedja Milosavljevic / AFP)
Syaratnya, PSG harus kalah dari FK Crvena Zvezda di laga yang dihelat di Stadion Rajko Mitic, yang dijadwalkan akan bermula pada hari dan jam yang sama ketika Liverpool menghadapi PSG. Kemungkinan seperti ini bisa saja terjadi, mengingat kandang Crvena begitu angker.
ADVERTISEMENT
Napoli ditahan imbang 0-0 ketika bermain di kandang Crvena pada September silam. Sementara Liverpool tampil buruk di Rajko Mitic sehingga takluk 0-2 pada awal November silam.
Karena keseruan Grup C ini, kami jadi kepikiran memberikan bonus satu lagu buat Anda. Lagu ini merupakan bonus track dari salah satu album terbaik Kendrick Lamar, ‘good kid, m.A.A.d city’. Lagu ini juga merupakan salah satu pilihan LeBron James ketika diminta membuat sebuah playlist untuk gim NBA 2K14.
Yep, judul lagunya ‘Now or Never’. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merasa sudah dekat dengan tujuannya. Di lagu ini, rima apik dari Kendrick kemudian disempurnakan dengan suara surgawi dari Mary J. Blige. Tepat sekali, bukan?
ADVERTISEMENT
Grup F
Laga Shakhtar Donetsk versus Olympique Lyonnais. (Foto: JEFF PACHOUD / AFP)
Dua tim underdog memiliki kans untuk menemani Manchester City lolos dari Grup F Liga Champions.
Jika City berada di puncak klasemen karena telah memperoleh 10 poin dari lima laga yang telah dijalani, maka Olympique Lyonnais berada satu tingkat di bawahnya dengan 7 poin. Sementara, Shakhtar berada di posisi ketiga dengan perolehan 5 poin.
Lantas, bagaimana cara agar salah satu di antara Shakhtar dan Lyon bisa lolos? Simpel, keduanya akan bertemu dalam pertandingan ke-6 yang rencananya dihelat di Metalist Stadium pada Kamis (13/12/2018) dini hari WIB.
Lyon lolos jika mereka berhasil mendapatkan minimal hasil imbang pada laga ini. Sesuatu yang harusnya tak sulit digapai Nabil Fekir dan kolega karena mereka spesialis imbang musim ini. Mereka telah imbang empat laga dan menangi satu laga di Liga Champions musim ini.
ADVERTISEMENT
Tapi, kalau Lyon kalah, ya, tidak ada pilihan lain. They should go home and take the L.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan