kumparan
15 Sep 2019 9:08 WIB

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan Lama di Dapur

Ilustrasi daging ayam dalam kulkas Foto: dok.shutterstock
Dapur menjadi salah satu tempat untuk menampung beragam jenis makanan. Tak hanya makanan, beragam peralatan masak pun ada di sana.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, kebersihan dapur juga sering disepelekan, padahal area ini sangat rentan terkontaminasi bakteri. Menurut Insider Food, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menjaga kebersihan dapur; seperti peralatan masak, hingga bahan makanan yang mungkin sudah tak terpakai lagi.
Menjaga kebersihan dapur ini sangat penting untuk menciptakan kenyamanan dan kesehatan. Lalu, barang-barang apa saja yang sebaiknya segera dibuang dari dapur agar tetap bersih dan sehat? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.
1. Rempah dan bumbu yang telah lama disimpan
Ilustrasi Rempah-rempah Foto: Shutterstock/Dionisvera
Banyak dari kita menyangka bahwa rempah dan bumbu memiliki daya simpan yang lebih lama. Padahal, kualitas keduanya justru akan menurun seiring berjalannya waktu.
Meski tidak akan membuat kamu langsung sakit atau keracunan (jika dikonsumsi lebih dari masa kedaluwarsa), tetapi kualitas rasa keduanya justru akan menghilang.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, bumbu masakan bisa kehilangan aroma dan rasa setelah disimpan lebih dari satu tahun. Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah rempah atau bumbu tersebut masih layak dikonsumsi adalah dengan mencium baunya. Jika aroma rempah sudah hilang atau justru tercium bau basi, segeralah buang rempah atau bumbu tersebut.
2. Minyak goreng yang telah dipakai berulang-ulang
Gunakan minyak canola untuk menggoreng atau menghangatkan kentang Foto: Shutterstock
Menurut ahli kesehatan, penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Ini karena kadar kolesterol yang ada di dalamnya bisa menyebabkan kanker, serta menyerang sel-sel di dalam organ tubuh.
Selain itu, kadar kolesterol yang ada di dalam minyak goreng juga bisa mengkontaminasi sel darah putih, sehingga memengaruhi kekebalan tubuh.
3. Sisa makanan di dalam kulkas
Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas Foto: Shutterstock
Siapa di antara kamu yang hobi menyimpan sisa makanan di dalam kulkas? Jika iya, coba ingat-ingat kembali dan buang ketika tekstur, warna, atau baunya sudah berubah.
ADVERTISEMENT
Pasalnya menurut Mayo Clinic, pada beberapa kasus makanan yang dimasak lebih dari tiga atau empat hari bisa menyebabkan keracunan makanan.
Nah, agar kulkas kamu tertata rapi dan sisa makanan tetap segar, catat kapan kamu memasukan sisa makanan tersebut ke dalam kulkas.
4. Baking powder yang telah lama
Baking powder Foto: Pixabay
Kualitas baking powder umumnya akan menurun jika terkena paparan atau kelembapan udara. Jika sudah terkena paparan udara berlebih, kualitas baking powder akan menurun dan menyebabkan rasa pada makanan menjadi tidak enak.
Sedangkan jika disimpan dengan benar, baking powder bisa bertahan selama enam bulan hingga satu tahun. Jika lewat dari masa tersebut, sebaiknya buanglah baking powder yang ada di dalam rak dapurmu.
ADVERTISEMENT
5. Saus yang telah disimpan lama
Ilustrasi Botol Saus Foto: Shutterstock/Africa Studio
Saus menjadi salah satu penyedap makanan yang wajib ada di dapur. Sayangnya, banyak dari kita sering menyepelekan cara menyimpan saus yang benar.
Menurut Mayo Clinic, saus yang terbuka lebih dari satu minggu bisa membentuk jamur berbahaya. Ketika dikonsumsi, saus tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan