kumparan
12 Sep 2019 17:29 WIB

5 Rekomendasi Gudeg Enak di Jakarta

Gudeg Pejompongan. Foto: Toshiko/kumparan
Siapa tak tahu gudeg? Makanan khas bercita rasa legit dan lembut ini merupakan salah satu kuliner ikonik Kota Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Tak hanya pelancong lokal, cita rasa legit gudeg juga kerap mengundang rasa penasaran wisatawan luar negeri. Rasa gurih, manis, dan variasi lauknya yang banyak memang cocok disantap setelah puas berkeliling Kota Pelajar.
Tapi kini untuk mencicipi sepiring gudeg nikmat, kita tak harus pergi jauh ke Yogyakarta. Kepopuleran gudeg yang telah melegenda, membuat makanan kesukaan para raja ini mudah dijumpai di luar Jogja, termasuk di Jakarta.
Bahkan banyak tempat makan gudeg di Jakarta yang telah melegenda selama puluhan tahun. Ini dia lima rekomendasi gudeg enak di Jakarta:
1. Gudeg Sagan
Gudeg Sagan Yogyakarta Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Ingin makan gudeg dengan suasana yang tenang dan homey? Tempat makan bernama Gudeg Sagan yang berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan inilah pilihannya.
ADVERTISEMENT
Gudeg Sagan cabang Jakarta ini juga terkenal dengan sajiannya yang legit, gurih, dan berlumur areh yang melimpah. Ayamnya pun menggunakan ayam kampung sehingga rasa dagingnya lebih lembut.
Selain gudeg nangka dan opor ayam, seporsi Gudeg Sagan juga bisa disantap bersama krecek, telur pindang, tempe bacem, dan nasi yang pulen. Jadi, sangat cocok disantap sebagai menu makan siang yang mengenyangkan.
2. Gudeg Bu Tinah
Gudeg Bu Tinah Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Gudeg Bu Tinah jadi salah satu tempat makan yang sangat populer di sekitar Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat. Meski tempatnya kecil dan berada tepat di pinggir jalan, Gudeg Bu Tinah hampir tidak pernah sepi pembeli, lho. Terutama saat waktu sarapan hingga makan siang.
Tak terlalu berbeda dari gudeg lainnya, seporsi Gudeg Bu Tinah terdiri dari opor ayam kampung, bacem tempe dan tahu, pindang telur, kacang tolo, serta krecek. Tapi saat disantap, rasa gurih dan pedas menggigit langsung terasa di lidah.
ADVERTISEMENT
Rasa gudeg yang pedas dari tambahan cabai rawit menjadi ciri khas Gudeg Bu Tinah. Cita rasa gudeg yang berbeda inilah yang membuat warung makan ini terkenal di kalangan pecinta gudeg di Jakarta.
Video
3. Gudeg Pejompongan
Gudeg Pejompongan. Foto: Toshiko/kumparan
Gudeg Pejompongan masuk ke dalam salah satu tempat makan legendaris di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat. Telah berdiri sejak 1964, Gudeg Pejompongan terkenal dengan cita rasa yang autentik seperti di Yogyakarta.
Bahkan semua lauk-pauk gudeg masih dimasak secara tradisional menggunakan arang, lho. Proses memasak secara tradisional inilah yang jadi daya tarik Gudeg Pejompongan sehingga semakin diminati pecinta gudeg.
Ayam opor, krecek, telur pindang, dan tentu saja gudeg nangkanya, punya cita rasa gurih nan manis yang tidak enek di perut. Bumbunya yang meresap hingga ke dalam lauk pun menambah kenikmatan Gudeg Pejompongan. Cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka gudeg bercita rasa berat.
ADVERTISEMENT
4. Gudeg Bu Hani
Gudeg Bu Hani Foto: Dok. Filipus Verdi - The Hungry Doctor
Bergeser sedikit ke pinggiran Jakarta menuju jalan tol bandara Soekarno-Hatta, ada satu tempat makan spesial Gudeg yang patut dikunjungi. Berdasarkan rekomendasi The Hungry Doctor, Gudeg Bu Hani punya cita rasa yang autentik.
Warna gudeg yang gelap dengan aroma sangit bakaran kelapa jadi ciri khas Gudeg Bu Hani. Rasanya pun legit, sehingga cocok disantap dengan nasi yang pulen dan hangat. Selain gudeg nangka, seporsi sajian ini biasanya dilengkapi opor ayam dengan kuah areh gurih, krecek, pindang telur, dan bacem tempe atau tahu. Maknyuss!!
5. Gudeg Adem Ayem
Gudeg Adem Ayem Foto: Dok. Filipus Verdi - The Hungry Doctor
Satu lagi rekomendasi gudeg dari The Hungry Doctor yang patut dicoba, yaitu Gudeg Adem Ayem. Berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Gudeg Adem Ayem menyediakan jenis gudeg khas Solo yang bercita rasa gurih.
ADVERTISEMENT
Gudeg khas Solo di sini punya rasa cenderung lebih ringan dengan tekstur yang basah karena tambahan arehnya. Rasanya lebih nikmat disantap bersama sambal yang pedas-manis.
Selain gudeg solo, tempat makan berkonsep rumahan ini juga menyediakan ayam goreng bertabur kremesan. Sangat cocok disantap bersama gudeg yang lembut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan